Anies Heran Bekasi dan Depok Mau Gabung Jakarta

Kamis, 22 Agustus 2019 19:30 Reporter : Merdeka
Anies Heran Bekasi dan Depok Mau Gabung Jakarta Anies Baswedan Makan di Warteg. ©2019 Merdeka.com/ instagram Anies Baswedan

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan heran adanya keinginan Depok dan Bekasi bergabung dengan DKI Jakarta. Dia menduga keinginan bergabung itu lantaran kedua kota itu ingin maju bersama Jakarta.

"Baiknya bagaimana ya? Kenapa pada ingin gabung? Kita maju bersama ya kita?" katanya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebut meski berbeda provinsi, saat ini secara perekonomian kawasan Depok dan Bekasi sudah terintegrasi dengan Jakarta.

"Bahkan kami juga di Jakarta ketika menentukan upah sektoral, itu melihat kesamaan antar wilayah untuk membuat sektor-sektor itu memiliki upaya yang sama," ujarnya.

Dia menjelaskan, hal yang membedakan Jakarta, Bekasi maupun Depok hanyalah letak administratif. Sementara dalam hal lain relatif sama.

"Saya selalu sampaikan kita ini adalah sama-sama penyelenggara negara, hanya dalam administrasi pemerintahan dibagi dengan nama berbeda. Satu namanya provinsi Banten, satu di DKI, dan provinsi Jawa Barat," ungkapnya.

Oleh karena itu, Anies menambahkan, daerah mitra Jakarta itu seharusnya tidak merasakan perbedaan, namun justru merasakan pembangunan yang sama dan merata.

"Karena itu bagi kami di Jakarta ketika mendukung program pembangunan di Tangerang dan Bekasi, itu adalah bagian dari kita menunaikan kewajiban sama-sama sebagai penyelenggara negara," katanya.

Ia menegaskan, keputusan bergabungnya Bekasi dan Depok ke Jakarta adalah hak dari pemerintah pusat.

"Apabila pemerintah pusat memutuskan ada perubahan dalam pembagian tata pemerintahan, kami akan taat. Apabila pemerintah pusat merasa ini tetap seperti sekarang, kami juga taat," jelasnya.

"Bagi kami tidak perlu beropini, karena itu keputusannya bukan wewenang DKI, itu wewenangnya pusat. Tapi kalau sebagai proses, silakan saja. Saya tidak bisa menganjurkan, saya juga tidak bisa melarang," tutup Anies.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini