Anies Harap Anak Muda Kembangkan Bedug

Rabu, 29 Mei 2019 18:52 Reporter : Merdeka
Anies Harap Anak Muda Kembangkan Bedug Anies cek Lokasi Demo depan Bawaslu. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap tradisi bedug bukan hanya dilestarikan. Melainkan juga bisa dikembangkan menjadi sebuah inovasi.

"Alhamdulillah pada hari ini kita menyaksikan puncak festival bedug. Tradisi bedug ini kalau bisa bukan hanya dilestarikan tetapi juga dikembangkan biar sesuai dengan perkembangan zaman. Anak-anak muda khususnya kembali menabu bedug dan diharapkan muncul kreativitas-kreativitas baru," kata Anies saat memberikan sambutan dalam acara Festival Bedug, Silang Monas Sisi Timur, Jakarta Pusat, Rabu (29/5).

Anies menuturkan bahwa anak muda merupakan ujung tombak dalam melestarikan budaya di Indonesia. Ia berharap supaya anak muda bisa menciptakan terobosan-terobosan baru.

"Anak-anak muda supaya menjadi ujung tombak dalam budaya kita. Terasa sekali (Festival Bedug) tahun ini jauh lebih meriah dibandingkan tahun yang lalu. Saya harap nantinya festival bedug ini akan terus-menerus dilakukan di tingkat kecamatan dan juga kota," tutur Anies.

Gubernur Jakarta itu mengungkapkan, bedug merupakan alat komunikasi bagi masyarakat Betawi di masa lalu. Selain digunakan sebagai penanda datangnya waktu salat, bedug juga digunakan untuk membangunkan sahur. Oleh karenanya diharapkan inovasi terhadap bedug akan terus dilakukan.

"Yang disebut tradisi hari ini dulunya adalah inovasi," kata Anies.

Reporter: Yopi M
Sumber: Liputan6.com [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Anies Baswedan
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini