Anies Baswedan sebut pendatang baru di Jakarta wajib divaksin

Kamis, 21 Juni 2018 14:48 Reporter : Merdeka
anies baswedan. ©2018 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mewajibkan setiap pendatang baru di Jakarta untuk melakukan vaksinasi. Hal ini dimaksudkan supaya tidak ada masalah kesehatan di lingkungan sosial baru mereka.

"Pastikan semua imunisasi, (dan) vaksin itu dibereskan. Sehingga kedatangannya kalau pun nanti ada masalah tidak memberikan kontribusi problem ke daerah baru," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Kamis (21/6).

Selain itu, Anies meminta kepada seluruh para pendatang untuk memastikan diri terdaftar dan ikut dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal ini, lanjut dia, adalah sebuah antisipasi bilamana mereka sakit dan harus mendapat penanganan kesehatan.

"Pastikan ikut dalam JKN, sehingga kalau ada masalah kesehatan tidak menjadi masalah karena seringkali datang ke sebuah tempat tanpa ada jaminan kesehatan, (dan) tanpa keikutsertaan di JKN, lalu ketika ada masalah kesehatan mengalami kerepotan," katanya.

Menurut Anies, adalah setiap hak warga negara untuk berkontribusi dan mencari nafkah di Jakarta. Mantan menteri pendidikan ini berpendapat, semua warga negara Indonesia (WNI) berhak menempatkan dimana dirinya untuk hidup dan mencari penghasilan yang terbaik, tak terkecuali di Jakarta asal mengikuti aturan berlaku.

"Kita menganut aturan hukum bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pekerjaan dan hak sama, dimana saja termasuk Jakarta serta kota lain. Ikuti aturan dan itu yang akan kita pegang terus," kata Anies.

Reporter: M Radityo [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini