Ada Pemilik Alphard Hingga Porche Daftar Program DP 0 Rupiah

Rabu, 24 Juli 2019 15:19 Reporter : Merdeka
Ada Pemilik Alphard Hingga Porche Daftar Program DP 0 Rupiah Pendaftaran rumah DP 0 Rupiah. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Dinas Perumahan DKI Jakarta, Dzikran Kurniawan menyatakan, dari 1.790 pemohon kredit rumah DP0, terdapat dua kategori prioritas. Prioritas pertama sebanyak 899 orang dan prioritas kedua 891 orang.

Prioritas pertama adalah sudah berkeluarga yang belum memiliki rumah, tidak memiliki utang, kalaupun ada masih di bawah Rp100 juta.

"Juga tidak memiliki kendaraan roda empat, atau tidak sedang mencicil kendaraan roda empat. Itu beberapa hal yang kita pertimbangkan sebagai prioritas pertama," kata Dzikran di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/7).

Untuk prioritas kedua adalah apabila pemohon tersebut memiliki utang.

Sementara itu, bagi pemohon yang tidak lolos menurutnya disebabkan beberapa faktor. Salah satunya karena memiliki kendaraan mewah. Padahal DP 0 ditujukan bagi warga berpenghasilan rendah.

"Ada pendaftar juga yang memiliki kendaraan seperti Alphard, kemudian teridentifikasi memiliki kendaraan Porche warna merah, kemudian Porche Boxster kemudian ada juga yang memiliki motor Harley Davidson jadi itu faktanya," ucapnya.

Selain itu, terkait potensi adanya kredit macet pada pembayaran DP 0, Dzikran menyebut penyelesaiannya mengikuti mekanisme kredit macet di perbankan. "Tapi unit itu bisa dialihkan ke masyarakat berpenghasilan rendah lainnya," katanya.

Reporter: Delvira Hutabarat [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini