Wisata Tangkuban Perahu yang Wajib Dikunjungi, Indah dan Instagramable

Minggu, 22 Mei 2022 07:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
Wisata Tangkuban Perahu yang Wajib Dikunjungi, Indah dan Instagramable Tangkuban Perahu. © Expedia.co.uk

Merdeka.com - Liburan bareng keluarga jadi salah satu agenda wajib terlebih bagi kamu yang sehari-harinya disibukkan dengan aktivitas bekerja. Tak perlu jauh-jauh pergi ke Indonesia bagian timur untuk menyaksikan keindahan alam yang dimiliki bangsa ini. Kamu bisa pergi berlibur ke tempat wisata Tangkuban Perahu yang tak jauh dari Jakarta.

Wisata Tangkuban Perahu berada di daerah Lembang, kurang lebih 30 km sebelah utara kota Bandung. Tempat ini menyajikan pesona alam yang begitu mengagumkan. Selain menyaksikan keindahan alam, kamu juga bisa foto-foto cantik bareng teman, keluarga atau orang-orang terdekatmu lainnya untuk mengisi feed Instagram kamu.

Sebelum kamu mengunjungi tempat wisata Tangkuban Perahu, kamu bisa mencari tahu informasinya terlebih dahulu. Berikut merdeka.com rangkum dari berbagai sumber pada Sabtu, (21/05/2022) tempat wisata Tangkuban Perahu yang bisa jadi rekomendasi kamu.

2 dari 3 halaman

Wisata Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung berapi yang berada di wilayah Jawa Barat, tepatnya berada di Lembang, kurang lebih 30 km sebelah utara kota Bandung. Memiliki ketinggian hingga 2.084 meter dari atas permukaan laut.

Menurut sejarah yang beredar di masyarakat, nama Tangkuban Perahu sangat lekat dengan sebuah legenda tanah Sunda yang sangat terkenal yakni Legenda Sangkuriang. Gunung Tangkuban Perahu dari jauh tampak seperti perahu terbalik, konon hal itu disebabkan karena kesaktian Sangkuriang yang gagal menyelesaikan tugasnya dalam membuat perahu untuk menikahi Dayang Sumbi yang tak lain adalah ibunya sendiri.

Saat mengetahui kegagalannya, Sangkuriang begitu marah dan menendang perahu buatanya hingga perahu tersebut telungkup yang dalam bahasa sunda disebut tangkuban. Gunung yang terakhir meletus pada tahun 1910 ini dibuka untuk wisata umum. Di wisata Tangkuban Perahu kamu dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan menyegarkan pikiran.

Kamu juga bisa bermalam di sekitar wisata Tangkuban perahu karena banyak sekali tempat penginapan atau hotel murah yang ada di Lembang. Selain wisata Tangkuban Perahu kamu juga bisa mengunjungi wisata di Bandung lainnya yang tak kalah seru dan menarik untuk dikunjungi.

3 dari 3 halaman

Wisata Lainnya di Bandung

dusun bambu

©Instagram.com/dusun_bambu

1. Dusun Bambu
Tak perlu diragukan lagi, Bandung memang memiliki wisata yang memanjakan mata. Salah satunya Dusun Bambu, Dusun Bambu bisa menjadi wisata Bandung murah yang cocok kamu nikmati bersama keluarga. Jika kamu berkunjung ke Dusun Bambu, sebenarnya kamu tidak perlu kemana-mana lagi, karena Dusun Bambu telah dilengkapi dengan fasilitas dan wahana permainan yang lengkap.

Dusun Bambu juga memberikan penginapan yang unik, kamu bisa menginap dengan suasana berkemah. Selain itu, ada juga tempat untuk kamu belajar bercocok tanam yang dinamakan Paddy Field. Kamu pun bisa mengetahui bagaimana cara menanam padi sambil menikmati hamparan sawah yang hijau.

Selain menawarkan penginapan unik, restoran di tempat ini juga instagramable. Kamu bisa memilih makan di Resto Pohon Lutung Kasarung dengan rumah pohon yang cukup tinggi dan bentuknya seperti sangkar burung. Atau kamu bisa menikmati makanan khas Sunda sambil duduk lesehan sambil menikmati danau di Gazebo Saung Purbasari.

Kawasan wisata ini terletak di Jalan Kolonel Masturi, Situ Lembang, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Cukup dengan Rp 15 ribu saja kamu bisa memasuki wisata alam ini. Kawasan ini tentunya sangat cocok jika kamu nikmati bersama keluarga di akhir pekan atau hari libur lainnya.

2. Gedung Sate

gedung sate
brilio.net

Ikonik wisata Bandung yagn tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Gedung Sate Gedung Sate . Gedung ini menjadi destinasi favorit wisata dalam kota Bandung.
Taman di sekeliling Gedung Sate adalah lokasi favorit yang instagramable untuk wisatawan berfoto ria. Di sini juga kamu bisa menyaksikan kemegahan Gedung Sate lengkap dengan hiruk pikuk kota Bandung.

3. Jalan Dago

Jalan Dago merupakan salah satu wisata Bandung yang wajib kamu kunjungi juga, jalan ini terkenal sangat populer. Dago menjadi tujuan wisatawan untuk belanja dan nongkrong.
Di sini terdapat beragam produk distro yang dijual dengan harga terjangkau. Terdapat pula beberapa outlet produk-produk branded dan wisata kuliner yang siap memanjakan wisatawan.

4. Museum Asia Afrika

Selain Jalan Dago, kamu juga bisa berkunjung ke Museum Konferensi Asia Afrika yang merupakan bagian dari Gedung Merdeka. Secara keseluruhan Gedung Merdeka memiliki dua bangunan utama, yang pertama disebut Gedung Merdeka sebagai tempat sidang utama, sedangkan yang berada di samping Gedung Merdeka adalah Museum Konferensi Asia Afrika.
Museum Konferensi Asia Afrika ini berlokasi di Jalan Asia Afrika No. 65. Kota Bandung.

Museum Konferensi Asia Afrika merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada 18 sampai dengan 24 April 1955.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini