Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

URL adalah Alamat Sumber di Internet, Ketahui Bagian dan Perbedaanya dengan Domain

URL adalah Alamat Sumber di Internet, Ketahui Bagian dan Perbedaanya dengan Domain ilustrasi web developer. © paper-leaf.com

Merdeka.com - URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. URL adalah pengidentifikasi unik yang digunakan untuk menemukan sumber daya di Internet. Anda mungkin lebih mengenal URL adalah alamat web.

Ya, URL tidak lebih dari alamat sumber daya di internet yang diberikan di web. Secara teori, setiap URL yang valid menunjuk ke sumber daya tertentu. Sumber daya tersebut dapat berupa halaman HTML, dokumen CSS, gambar, dan lain sebagainya.

Pengguna akhir menggunakan URL dengan mengetikkannya langsung ke bilah alamat browser atau dengan mengklik hyperlink yang ditemukan di halaman web, daftar bookmark, email, atau dari aplikasi lain.

Dalam praktiknya, ada beberapa pengecualian, yang paling umum dari URL adalah ketika menunjuk ke sumber daya yang sudah tidak ada lagi atau yang telah dipindahkan. Karena sumber daya yang diwakili oleh URL dan URL itu sendiri ditangani oleh server Web. Hal ini terserah kepada pemilik server web untuk mengelola sumber daya itu dan URL yang terkait.

Apa itu URL dan bagian-bagiannya perlu kita ketahui, mengingat kita sering menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang URL beserta bagian-bagiannya, yang kami rangkum dari laman techtarget.com.

Struktur URL

Isi dari URL adalah nama protokol yang diperlukan untuk mengakses sumber daya, serta nama sumber daya. Bagian pertama dari URL mengidentifikasi protokol apa yang digunakan sebagai media akses utama. Bagian kedua mengidentifikasi alamat IP atau nama domain (atau mungkin subdomain) tempat sumber daya berada.

Protokol URL adalah HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (HTTP Secure) untuk sumber daya web, mail to untuk alamat email, FTP untuk file pada server File Transfer Protocol (FTP). Sedangkan telnet untuk sesi saat mengakses komputer jarak jauh.

Sebagian besar protokol URL adalah titik dua dan dua garis miring; "mail to" hanya diikuti oleh titik dua. Secara opsional, setelah domain, URL juga dapat menentukan:

  • jalur ke halaman atau file tertentu dalam domain;
  • port jaringan yang digunakan untuk membuat koneksi;
  • titik referensi tertentu dalam file, seperti jangkar bernama dalam file HTML; dan
  • kueri atau parameter penelusuran yang digunakan, yang biasanya ditemukan di URL dalam bentuk hasil penelusuran.
  • Perbedaan URL dengan Domain dan lainnya

    Apakah URL sama dengan nama domain? Meski kedua istilah tersebut seringkali digunakan secara bergantian, namun URL dan nama domain bukanlah hal yang sama. Di mana nama domain adalah bagian dari URL itu sendiri.

    Dilansir dari Pandi.id, domain adalah nama yang muncul setelah  “www.” pada alamat web. Domain juga muncul setelah  “@” pada alamat email. Contoh domain adalah, google.com.

    Sedangkan URL adalah alamat web lengkap yang mengarahkan ke salah satu halaman dalam situs tersebut. URL berisi nama domain dan komponen lain untuk menemukan halaman atau konten tertentu. Contoh URL adalah http://www.google.com.  

    Nama domain adalah bentuk URL yang lebih sederhana. Biasanya domain juga merujuk pada nama bisnis atau dagang. Seperti Google, nama domain Google adalah google.com, sedangkan nama URLnya http://www.google.com.

    URL dan URI

    URL adalah jenis Uniform Resource Identifier (URI) yang paling umum. URI adalah string karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi sumber daya melalui jaringan. URL adalah bagian penting untuk menavigasi internet.

    HTTP dan HTTPs

    Dalam URL kita mengenal adanya HTTP. Selain itu ada juga HTTPS. Lalu, apa perbedaan dari keduanya?

    Baik HTTP dan HTTPS digunakan untuk mengambil data dari server web guna melihat konten di browser. Yang membuat HTTPS berbeda dari HTTP adalah HTTPS menggunakan sertifikat Secure Sockets Layer (SSL) untuk mengenkripsi koneksi antara pengguna akhir dan server.

    HTTPS ini sangat penting untuk melindungi informasi sensitif, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, dan data identitas, dari akses yang tidak sah. HTTPS menggunakan nomor port TCP/IP 443 secara default, sedangkan HTTP menggunakan port 80.

    Bagian dari URL

    URL juga memiliki bagian-bagian yang mungkin tidak Anda sadari. Dengan menggunakan URL berupa https://wwww.abcd1234.com/search/query?q=URL sebagai contoh, kami akan menjelaskan komponen dari URL ini. Komponen URL adalah sebagai berikut:

  • Protokol atau skema. Digunakan untuk mengakses sumber daya di internet. Protokol dapat berbentuk http, https, ftps, mailto dan file. Sumber daya dicapai melalui nama sistem nama domain (DNS). Dalam contoh ini, protokolnya adalah https.
  • Nama host atau nama domain. Referensi unik yang mewakili halaman web. Dalam contoh ini adalah wwww.abcd1234.com.
  • Port name. Bagian ini biasanya tidak terlihat di URL, tetapi tetap diperlukan. Selalu diikuti titik dua, port 80 adalah port default untuk server web, tetapi ada opsi lain. Misalnya, :port80.
  • Path. Path mengacu pada file atau lokasi di server web. Dalam contoh ini, search/queri.
  • Query. Ditemukan di URL halaman dinamis. Kueri terdiri dari tanda tanya, diikuti oleh parameter. Untuk contoh ini adalah tanda ?.
  • Parameter. Potongan informasi dalam string kueri URL. Beberapa parameter dapat dipisahkan dengan ampersand (&). Dalam contoh ini adalah q=URL.
  • Fragment. Ini adalah referensi halaman internal, yang merujuk ke bagian dalam halaman web. Bagian ini biasanya muncul di akhir URL dan dimulai dengan hashtag (#). Meskipun tidak ada pada contoh di atas, contohnya bisa seperti #history di URL https://en.wikipedia.org/wiki/Internet#History.
  • (mdk/ank)
    ATAU
    Geser ke atas Berita Selanjutnya

    Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
    lihat isinya

    Buka FYP
    Contoh Teks Tanggapan Lengkap Beserta Strukturnya yang Perlu Diketahui

    Contoh Teks Tanggapan Lengkap Beserta Strukturnya yang Perlu Diketahui

    Kumpulan contoh teks tanggapan dan penjelasan lengkapnya.

    Baca Selengkapnya
    Pengertian Sumber Daya Alam dan Contohnya yang Perlu Anda Ketahui

    Pengertian Sumber Daya Alam dan Contohnya yang Perlu Anda Ketahui

    Merdeka.com merangkum informasi tentang pengertian sumber daya alam dan contohnya yang perlu Anda ketahui

    Baca Selengkapnya
    Jenis Kata Depan dan Contohnya, Lengkap Beserta Penjelasannya

    Jenis Kata Depan dan Contohnya, Lengkap Beserta Penjelasannya

    Kata depan dapat memberikan informasi mengenai lokasi, arah, waktu, posisi, atau hubungan lainnya. Ini jenis kata depan dan contohnya dalam kalimat.

    Baca Selengkapnya
    Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
    video untuk kamu.
    SWIPE UP
    Untuk melanjutkan membaca.
    Jenis Ular Hitam dan Penjelasannya, Ada yang Memiliki Racun Mematikan

    Jenis Ular Hitam dan Penjelasannya, Ada yang Memiliki Racun Mematikan

    Ada banyak jenis ular hitam yang tersebar di berbagai lingkungan. Namun, tidak semua ular hitam ini berbahaya dan berbisa.

    Baca Selengkapnya
    15 Pasar Jalanan Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Berdiri Ribuan Tahun Lalu

    15 Pasar Jalanan Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Berdiri Ribuan Tahun Lalu

    Banyak sekali pasar jalanan di seluruh penjuru dunia yang sudah berdiri sejak ribuan tahun lalu. Yuk, simak pasar jalanan apa saja yang paling tua di dunia!

    Baca Selengkapnya
    30 Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa dan Artinya yang Penuh Doa dan Harapan Baik

    30 Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa dan Artinya yang Penuh Doa dan Harapan Baik

    Merdeka.com merangkum informasi tentang 30 ucapan selamat ulang tahun bahasa Jawa yang penuh doa dan harapan.

    Baca Selengkapnya
    Ingin Mengembangkan Bisnis Online? Yuk, Kenali 5 Jenis Iklan Digital Favorit!

    Ingin Mengembangkan Bisnis Online? Yuk, Kenali 5 Jenis Iklan Digital Favorit!

    Yuk, ketahui beberapa jenis iklan yang bisa dilakukan melalui platform digital.

    Baca Selengkapnya
    Daftar Negara di Dunia yang Punya Internet Cepat Tahun 2024

    Daftar Negara di Dunia yang Punya Internet Cepat Tahun 2024

    Berikut adalah daftar negara dengan internet cepat versi We Are Social 2024.

    Baca Selengkapnya
    Contoh Kata Keterangan, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya

    Contoh Kata Keterangan, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya

    Kata keterangan adalah jenis kata yang memberikan informasi tambahan atau detail mengenai kata lain dalam kalimat, kecuali kata benda

    Baca Selengkapnya