Kisah Tiga Tokoh Indonesia, Dulu Miskin Tak Punya Apa-apa Sekarang Kaya Raya

Selasa, 17 Maret 2020 13:55 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Kisah Tiga Tokoh Indonesia, Dulu Miskin Tak Punya Apa-apa Sekarang Kaya Raya Dahlan Iskan. ©2013 Merdeka.com/M. Luthfi Rahman

Merdeka.com - Banyak yang mengatakan bahwa nasib hidup orang bisa berubah. Kalimat tersebut ternyata benar terjadi. Beberapa tokoh berpengaruh di Indonesia ini merupakan tokoh yang berangkat dari kesederhanaan. Sebelum sukses, mereka pernah merasakan hidup susah.

Meski terlahir dari keluarga biasa jika kita terus berusaha dan bekerja keras, tentu akan menghasilkan sesuatu yang bernilai. Jika melihat kesuksesan saat ini, tak akan ada yang menyangka kisah hidup mereka dulu. Siapakah tokoh-tokoh ini?

1 dari 3 halaman

Dahlan Iskan

ditahan kejati jawa timur

2016 Merdeka.com/Masfiatur Rochma

Kisah hidup Dahlan Iskan cukup mengharukan. Ketika masih kecil, dia benar-benar hidup susah. Percaya atau tidak, mantan Menteri BUMN itu hanya memiliki baju satu stel yaitu kaos dan celana serta satu sarung. Bahkan, saat sekolah Dahlan tidak mempunyai sepatu.

Namun nasib berkata lain, tahun 1976 Dahlan mulai berkarier. Dari situlah dewi fortuna menghampirinya. Dia diangkat sebagai kepala biro Tempo Jawa Timur. Seiring berjalannya waktu, karier Dahlan terus merangkak.

Hingga akhirnya, Dahlan menjadi bos di beberapa media besar di Indonesia. Selain itu, Dahlan juga pernah mengisi jabatan kursi di pemerintahan Indonesia sebagai Menteri BUMN.

2 dari 3 halaman

Ciputra (Tjie Tjin Hoa)

ir ciputra pengusaha properti

2019 Merdeka.com

Di Indonesia banyak bermunculan pengusaha properti yang sukses meniti karier dari nol. Salah satunya yang cukup dikenal oleh masyarakat adalah Ciputra. Ia memiliki banyak usaha di bidang properti, seperti mal, apartemen dan lain-lain.

Namun siapa sangka, Ciputra dulunya hidup sangat sederhana. Di usia 12 tahun, Ciputra sudah ditinggal meninggal oleh ayahnya. Sejak saat itu demi menyambung hidup, dia turut membantu sang ibu berjualan kue secara keliling di pasar.

Diceritakan, Ciputra menjalani hidup dengan penuh kekurangan. Sejak itu, Ciputra bertekad untuk mengubah nasib. Lantas berkeinginan merantau dan bersekolah di Pulau Jawa. Setelah itu Ciputra mengadu peruntungan ke Jakarta.

Hingga akhirnya dengan proses yang panjang dan penuh kerja keras, Ciputra berhasil menjadi pengusaha properti yang sukses. Dia juga menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Chairul Tanjung

chairul tanjung dan istri

Instagram/@anita_chairultanjung

Mungkin banyak yang belum tahu kalau Chairul Tanjung (CT) pernah merasakan pahitnya kehidupan. Di mana saat itu ayahnya bangkrut, sehingga CT dan keluarga harus tinggal di sebuah kontrakan.

Mengetahui ekonomi keluarga sulit, bos media yang punya julukan 'si anak singkong' itu mulai memutar otak untuk membantu keluarga. Akhirnya dia mencoba peruntungan dengan membuka segala macam usaha.

Meski awalnya mengalami jatuh bangun, namun dengan ketekunan dan kerja keras dia mencapai kesuksesan. Sampai saat ini CT merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kepemilikan beberapa saham di industri media Indonesia.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini