Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat, Lengkap dengan Niat dan Bacaan Doa

Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat, Lengkap dengan Niat dan Bacaan Doa ilustrasi sholat dhuha. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Umat Islam cukup akrab dengan amalan sunnah sholat dhuha. Ini adalah salah satu sholat sunnah yang istimewa. Sholat dhuha merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Penyebabnya, terdapat beberapa keutamaan dalam sholat ini. Banyak sekali dalil dalam Hadis yang menunjukkan keutamaan dari sholat dhuha. Salah satunya merupakan sarana untuk memohon ampunan dosa.

Hadis riwayat At Tirmidzi dan Ibnu Majah menyebutkan bahwa, "Siapa yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan."

Baca juga: Tata Cara Sholat Dhuha 2 Rakaat Lengkap Bacaan Niat Dan Waktu yang Tepat Menjalankannya

Tata cara sholat dhuha 4 rakaat wajib dipahami agar mendapatkan keutamaannya. Dalam hal ini tata cara sholat dhuha 4 rakaat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sholat dhuha 2 rakaat. Berikut tata cara sholat dhuha 4 rakaat lengkap dengan niat, dan bacaan doa yang telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber pada Minggu, (12/4).

Waktu Mengerjakan Sholat Dhuha

Selain itu, perlu kamu kenali tentang waktu mengerjakan sholat dhuha selain mempelajari tentang tata cara sholat dhuha 4 rakaat. Waktu sholat dhuha sendiri terbagi menjadi dua bagian:

Awal Waktu Sholat DhuhaUntuk awal waktu sholat dhuha ini dimulai 20 menit setelah Matahari terbit. Ini sesuai dengan keterangan hadis yang diriwayatkan oleh Amr bin Abasah.Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

Kerjakanlah sholat subuh kemudian tinggalkanlah sholat hingga matahari terbit, sampai matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah Matahari). (HR. Muslim)

Akhir Waktu Sholat DhuhaAkhir waktu sholat dhuha ini adalah 15 menit sebelum masuk waktu sholat zhuhur. Namun waktu terbaik atau utama mengerjakan sholat dhuha adalah di waktu yang akhir atau seperempat siang, yaitu dalam keadaan yang semakin panas. Itu sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Zaid bin Arqam.

Zaid bin Arqam melihat orang-orang mengerjakan sholat dhuha (di awal pagi). Dia berkata, Tidakkah mereka mengetahui bahwa sholat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, Sholat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan. (HR. Muslim)

Niat Sholat Dhuha

Mengucapkan niat sholat dhuha sebelum takbirotul ihram hukumnya sunnah menurut madzhab Syafii dan Hambali. Fungsi dari mengucap niat sholat dhuha sendiri adalah untuk mengingatkan hati sehingga lebih mantap dan khusyu dalam menjalankan sholatnya. Membaca niat ini termasuk dalam tata cara sholat dhuha 4 rakaat.

Selain itu, niat sholat dhuha cukup dilafalkan di dalam hati saja. Karena mengucap niat sholat dhuha adalah khilaful aula (menyalahi keutamaan) dan bid'ah (tidak dicontohkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam).

Terlepas dari perbedaan tersebut, bacaan niat sholat dhuha pada umumnya adalah

Usholli sunnatadh dhuhaa rokataini mustaqbilal qiblati adaaan lillaahi taaalaa

Artinya: Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Taala.

Niat sholat dhuha 4 rakaat nantinya akan mengikuti tata cara sholat dhuha 4 rakaat, yaitu dikerjakan dua rakaat salam.

Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat

1. Niat sholat dhuha2. Takbirotul Ihram3. Membaca Doa Iftitah (Sunnah)4. Membaca surat Al-Fatihah5. Membaca surat Ad-Dhuha6. Rukuk dengan tuma'ninah7. I'tidal dengan tumaninah8. Sujud dengan tumaninah9. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah10. Sujud kedua dengan tumaninah11. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua12. Membaca surat Al-Fatihah13. Membaca surat As-Syams14. Rukuk dengan tuma'ninah15. I'tidal dengan tuma'ninah16. Sujud dengan tuma'ninah17. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah18. Sujud kedua dengan tuma'ninah19. Tasyahud Akhir dengan tuma'ninah20. Salam21. Membaca doa sholat dhuha

Doa Sholat Dhuha

Tata cara sholat dhuha 4 rakaat yang terakhir adalah membaca doa sholat dhuha. Sebenarnya tidak ada doa khusus atau hadis yang sahih dari Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam mengenai bacaan doa setelah selesai sholat dhuha. Namun, ada satu doa sholat dhuha yang biasanya dipanjatkan yaitu:

"Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal 'ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu'siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba'idan fa qoribhu, bihaqqidhuhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita 'ibaadakash shoolihiin."

Artinya:"Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih."

Selain doa di atas, kamu juga bisa memanjatkan doa yang lainnya. Jadi, doa untuk sholat dhuha tak terbatas seperti yang di atas saja.

(mdk/nof)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap Beserta Bacaan Doa & Dalilnya, Umat Islam Harus Tahu
Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap Beserta Bacaan Doa & Dalilnya, Umat Islam Harus Tahu

Berikut tata cara sholat dhuha lengkap beserta bacaan doa setelah sholat dan dalilnya yang perlu diketahui.

Baca Selengkapnya
Waktu Sholat Dhuha Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya
Waktu Sholat Dhuha Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya

Sholat dhuha adalah ibadah sunah yang sangat dianjurkan. Namun, sebelum mengerjakannya, ketahui kapan waktu pelaksanaannya, tata cara, dan doa setelahnya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Sholat Dhuha, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya
Bacaan Sholat Dhuha, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan oleh umat Muslim di waktu pagi setelah terbitnya matahari namun sebelum waktu zuhur.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ini Waktu Terbaik Melaksanakan Sholat Dhuha, Beserta Niat dan Doa Setelah Sholat Dhuha
Ini Waktu Terbaik Melaksanakan Sholat Dhuha, Beserta Niat dan Doa Setelah Sholat Dhuha

Sholat dhuha sebaiknya dilakukan pada seperempat hari, sekitar pukul 9 pagi. Namun, penting untuk diingat bahwa sholat dhuha sebaiknya dilakukan secara individu

Baca Selengkapnya
Doa Sholat Dhuha dan Artinya, Ketahui Pula Tata Cara Pelaksanaannya
Doa Sholat Dhuha dan Artinya, Ketahui Pula Tata Cara Pelaksanaannya

Membaca doa usai sholat dhuha akan menambah kesempurnaan amal ibadah yang satu ini.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap dengan Manfaat Keutamaannya
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap dengan Manfaat Keutamaannya

Sholat Dhuha termasuk sholat sunah yang banyak memberikan manfaat kebaikan.

Baca Selengkapnya
Doa setelah Sholat Tahajud Lengkap, Ketahui Pula Keutamaannya
Doa setelah Sholat Tahajud Lengkap, Ketahui Pula Keutamaannya

Doa setelah sholat tahajud dilafalkan untuk melengkapi ibadah sunnah yang satu ini.

Baca Selengkapnya
Doa Dhuha beserta Artinya dan Keutamaannya, Amalkan Rutin
Doa Dhuha beserta Artinya dan Keutamaannya, Amalkan Rutin

Doa dhuha berisi permohonan kepada Allah untuk memberikan rezeki yang halal, baik, dan berkah. Doa ini juga mengandung pujian kepada Allah.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Sholat Tahajud,  Lengkap Beserta Tata Cara dan Keutamaannya
Bacaan Doa Sholat Tahajud, Lengkap Beserta Tata Cara dan Keutamaannya

Doa sholat tahajud bisa dibaca dan diamalkan setelah menunaikan ibadah sunnah ini.

Baca Selengkapnya