Sejarah 11 April 1970: Peluncuran Apollo 13 Menuju Bulan

Minggu, 11 April 2021 05:50 Reporter : Andre Kurniawan
Sejarah 11 April 1970: Peluncuran Apollo 13 Menuju Bulan Apollo 13. glasgowtimes.co.uk

Merdeka.com - Angkasa luar merupakan tempat penuh misteri yang menggoda para ahli untuk melakukan penelitian di sana. Berbagai misi ruang angkasa pun diluncurkan demi menjawab rasa keingintahuan manusia.

Namun, meski angkasa luar adalah tempat menakjubkan dengan jutaan misteri, penjelajahan di sana bukannya tanpa risiko. Rasa haus akan pengetahuan terhadap ruang hampa tersebut, memiliki bahaya yang bahkan dapat mengancam jiwa. Salah satunya seperti yang terjadi pada misi Apollo 13, yang merupakan misi pendaratan bulan ketiga yang disiapkan oleh NASA.

Apollo 13 merupakan misi yang berhasil diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida pada 11 April 1970. Pesawat ruang angkasa ini membawa tiga astronot, yaitu James A. Lovell, John L. Swigert, dan Fred W. Haise. Tujuan pesawat ruang angkasa ini adalah dataran tinggi bulan Fra Mauro, tempat para astronot menjelajahi Imbrium Basin dan melakukan eksperimen geologi.

Sayangnya, misi ruang angkasa kali ini gagal, karena para astronot tidak pernah berhasil mencapai permukaan bulan. Hal ini disebabkan adanya ledakan pada tangki oksigen sehingga memaksa para awak untuk mengubah misinya untuk pergi ke bulan, menjadi penyelamatan diri untuk kembali ke bumi dengan selamat.

Baca Selanjutnya: Astronot Apollo 13...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini