Penyebab Pembuluh Darah Pecah, Ketahui Cara Mencegahnya

Selasa, 10 November 2020 05:00 Reporter : Andre Kurniawan
Penyebab Pembuluh Darah Pecah, Ketahui Cara Mencegahnya Ilustrasi Pembuluh Darah. ©iStock

Merdeka.com - Pembuluh darah adalah bagian penting dari sistem sirkulasi di dalam tubuh manusia. Pembuluh darah diibaratkan seperti selang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya. Pembuluh darah bermanfaat sebagai transportasi darah dan juga berkontribusi terhadap pengendalian tekanan darah.

Melansir dari Healthline, ketika pembuluh darah pecah, sejumlah kecil darah akan keluar dari pembuluh ke dalam tubuh. Darah ini mungkin muncul tepat di bawah permukaan kulit. Penyebab pembuluh darah pecah bisa disebabkan oleh berbagai alasan, tetapi penyebab pembuluh darah pecah yang paling umum adalah akibat cedera.

Pendarahan akibat pembuluh darah pecah ini bisa muncul dalam bentuk titik-titik kecil di kulit, yang disebut petechiae atau di bidang datar yang lebih besar yang disebut purpura. Pendarahan di bawah kulit ini sering kali terjadi akibat adanya kejadian kecil, seperti memar.

Selain bisa muncul dalam bentuk titik kecil seukuran tusukan jarum atau juga bisa seperti tambalan sebesar tangan orang dewasa. Pendarahan di kulit juga bisa menjadi tanda dari kondisi medis yang serius. Ada baiknya jika Anda menemui dokter jika terjadi pendarahan pada kulit yang tidak berhubungan dengan cedera.

2 dari 4 halaman

Penyebab Pembuluh Darah Pecah

ilustrasi hipertensi
©CC0 Public Domain

Hipertensi

Penyebab pembuluh darah pecah yang pertama karena hipertensi. Melansir dari situs sehatq.com, hipertensi atau tekanan darah yang tinggi yang terjadi pada dinding pembuluh darah, dapat menyebabkan kondisi dinding pembuluh darah rusak. Hal ini akan membuatnya menjadi kaku dan mengalami penyempitan.

Seiring waktu, tekanan darah tinggi yang terjadi secara terus menerus akan membuat kondisi pembuluh darah menjadi semakin melemah, dan kemudian menonjol, di mana kondisi ini disebut juga dengan aneurisma.

Aneurisma bisa pecah kapan saja dan akan menyebabkan pendarahan dalam yang membahayakan. Orang yang berisiko tinggi mengalami gangguan pada pembuluh darah antara lain adalah perokok, seseorang yang memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit pembuluh darah, tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, serta orang yang kurang olahraga.

Vaskulitis

Penyebab pembuluh darah pecah yang kedua adalah vaskulitis. Vaskulitis merupakan kondisi di mana adanya peradangan yang terjadi di bagian pembuluh darah, sehingga pembuluh darah akan mengalami perubahan. Kondisi perubahan yang terjadi pada pembuluh darah yang mengalami vaskulitis adalah:

• Pelemahan dinding pembuluh darah hingga terjadi pembesaran (aneurisma).
• Penebalan dinding pembuluh darah hingga menyebabkan penyempitan jalan darah.
• Penipisan dinding pembuluh darah hingga akhirnya pembuluh darah menjadi sangat rentan untuk pecah.

Penyebab tepat terjadinya vaskulitis masih belum bisa dipastikan, akan tetapi sistem kekebalan tubuh memiliki peran penting terkait hal ini. Sering kali, vaskulitis disebabkan oleh alergi yang menyebabkan reaksi pada dinding pembuluh darah.

3 dari 4 halaman

Aterosklerosis

ilustrasi darah©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Penyebab pembuluh darah pecah yang ketiga karena aterosklerosis. Aterosklerosis adalah kondisi di mana pembuluh darah arteri mengeras, yang dikarenakan adanya penumpukan plak pada pembuluh darah sehingga jalan darah menyempit bahkan bisa sampai tertutup.

Plak di dalam pembuluh darah ini muncul karena tingginya kandungan kolesterol dan lemak darah dalam tubuh yang akhirnya mengendap. Kondisi ini akan membuat pembuluh darah menjadi rentan.

Plak dalam darah tidak terjadi dalam waktu singkat, melainkan melalui proses yang cukup lama. Seiring bertambahnya usia, pembuluh darah semakin rentan mengalami penyumbatan.

Pendarahan Subkonjungtiva

Penyebab pembuluh darah pecah yang keempat karena pendarahan subkonjungtiva. Melansir dari laman Mayo Clinic, penyebab terjadinya pendarahan subkonjungtiva tidak selalu diketahui. Ada beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab pembuluh darah kecil pecah di mata Anda:

• Batuk
• Bersin yang kuat
• Muntah

Dalam beberapa kasus, pendarahan subkonjungtiva terjadi karena cedera pada mata, seperti saat Anda menggosok mata dengan keras, atau pun trauma setelah terkena benda asing yang akhirnya melukai mata.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Pembuluh Darah Pecah

Cara mudah untuk mencegah pembuluh darah pecah adalah dengan menjaga kesehatan tubuh, serta kesehatan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat adalah pembuluh darah yang bersih, kuat, dan elastis.

Gaya hidup sehat adalah kunci utama untuk mencegah terjadinya pembuluh darah pecah. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut sebagai upaya untuk menjaga kesehatan pembuluh darah Anda:

  • Berhenti merokok. Sudah banyak tulisan yang menjelaskan tentang bahaya rokok untuk kesehatan. Rokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat menjadi sumber berbagai penyakit. Salah satunya adalah menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah. Dengan berhenti merokok, Anda sudah melakukan kemajuan luar biasa dalam memelihara kesehatan tubuh.
  • Konsumsi makanan rendah lemak dan rendah kolesterol yang dapat menyehatkan jantung serta menjaga elastisitas pembuluh darah.
  • Aktif bergerak atau berolahraga, untuk meningkatkan sirkulasi darah serta menambah produksi darah sehat.
  • Jaga berat badan ideal untuk meringankan kinerja organ jantung.

[ank]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jabar
  3. Ragam
  4. Pembuluh Darah
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini