Niat Puasa Ayyamul Bidh, Berikut Arti dan Keutamaannya

Jumat, 12 Agustus 2022 15:19 Reporter : Novi Fuji Astuti
Niat Puasa Ayyamul Bidh, Berikut Arti dan Keutamaannya Ilustrasi masjid. ©2019 Merdeka.com/Pexels

Merdeka.com - Islam merupakan agama samawi terakhir yang diwahyukan Allah SWT kepada utusan-Nya, Muhammad SAW untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia di dunia. Agama Islam bersifat universal dan menjadi rahmatan li a l-‘alamm atau rahmat bagi seluruh alam.

Islam tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya dan kedudukan manusia di hadapan Tuhan, tetapi juga memberikan tuntunan bagaimana manusia berhubungan dengan sesamanya, dan bagaimana kedudukan manusia di tengah alam semesta ini.

Ibadah puasa menjadi salah satu cara bagi seorang muslim untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT. Seperti yang sudah banyak diketahui, puasa adalah salah satu ibadah umat Islam yang memiliki arti menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa, yang berupa memperturutkan syahwat, perut, dan farji (kemaluan), sejak terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat khusus.

Ibadah puasa ada yang hukumnya wajib, ada pula yang hukumnya sunnah. Puasa yang dianjurkan tetapi bila tidak dilaksanakan tidak berdosa. Salah satu ibadah puasa sunnah adalah puasa ayyamul.

Lebih jauh berikut ini informasi mengenai niat puasa ayyamul bidh, lengkap dengan arti dan keutamaannya telah dirangkum merdeka.com melalui NU Online dan berbagai sumber lainnya pada Jumat, (12/08/2022).

2 dari 3 halaman

Niat Puasa Ayyamul Bidh


Puasa ayyamul bidh merupakan puasa sunah yang dijalankan setiap bulan pada tahun hijriah pada tanggal 13,14, dan 15. Puas ini juga kerap disebut puasa hari putih karena pada malam-malam tersebut bersinar bulan purnama dengan sinar rembulannya yang putih.
Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padanya, “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13,14, dan 15 dari bulan Hijriyyah)" [HR. Tirmidzi dan An Nasai].

Adapun berikut ini merupakan bacaan niat puasa Ayyamul Bidh beserta artinya yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaytu shauma ayyâmil bîdl lillâhi ta’âlâ

Artinya, “Saya niat puasa Ayyamul Bidl (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Selain niat di dalam hati, disunahkan juga mengucapkannya dengan lisan. Niat puasa Ayyamul Bidh dapat dilakukan sejak malam hari hingga siangnya sebelum masuk waktu zawal (saat matahari tergelincir ke barat), dengan syarat belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar atau sejak masuk waktu subuh.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh


Setelah mengetahui apa itu puasa Ayyamul Bidh dan bagaimana bacaan niatnya, berikutnya kamu perlu tahu mengenai keutamaan apa sayang yang akan kamu dapatkan bila mengerjakan puasa Ayyamul Bidh dengan penuh keikhlasan.

Seperti ibadah puasa lainnya, saat kamu menjalankan ibadah puasa Ayyamul Bidh pahalamu juga akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah dari pada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim).

Selain itu, menjalankan ibadah puasa sunnah Ayyamul Bidh seperti berpuasa selama setahun. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari yang memiliki arti sebagi berikut:

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari).

[nof]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Puasa
  3. Ragam
  4. Jabar
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini