Mitos Kembang Kantil di Tengah Masyarakat, Wajib Tahu

Rabu, 29 Juni 2022 15:35 Reporter : Novi Fuji Astuti
Mitos Kembang Kantil di Tengah Masyarakat, Wajib Tahu ilustrasi bunga kantil. fimela.com

Merdeka.com - Kembang kantil jadi salah satu jenis bunga yang memiliki mitos kurang menyenangkan di tengah masyarakat. Kembang kantil kerap disangkut pautkan dengan hal-hal mistis yang ada di tengah masyarakat. Dampaknya, aroma kembang kantil yang sangat wangi justru dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan.

Kembang kantil juga kerap dianggap sebagai kembang yang amat sangat disukai makhluk halus salah satunya kuntilanak yang sangat familiar dengan masyarakat Indonesia. Tentu hal tersebut ada yang percaya juga ada yang tidak.

Namun, jika kamu belum mengetahui betul mitos kembang kantil di tengah masyarakat, maka berikut ini informasi lengkapnya telah dirangkum merdeka.com melalui pinterest dan berbagai sumber lainnya.

2 dari 3 halaman

Mitos Kembang Kantil

Jika istilah mitos masih terasa asing bagimu dan kamu tidak betul-betul mengerti maknanya maka kamu perlu memahami makna mitos itu sendiri. Mitos merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa Yunani muthos yang secara harfiah bermakna sebagai cerita atau sesuatu yang dikatakan orang, dan dalam arti yang lebih luas bisa bermakna sebagai suatu pernyataan, di samping itu mitos juga dipadankan dengan kata mythology dalam bahasa Inggris yang memiliki arti sebagai suatu studi atas mitos atau isi mitos.

Mitologi atau mitos merupakan kumpulan cerita tradisional yang biasanya diceritakan dari generasi ke generasi di suatu bangsa atau rumpun bangsa, serta mensistematiskan menjadi sebuah struktur yang menceritakan semua mitos dalam semua versi berkaitan dengan kebudayaan yang melingkupinya serta berbagai tanggapan masyarakat tentang mitos tersebut.

Salah satu mitos juga datang dari kembang kantil. Berikut ini merupakan mitos kembang kantil yaitu:

1. Tolak Bala Terhadap Santet
Mitos kembang kantil di tengah masyarakat yang pertama adalah kerap dijadikan sebagai penolak bala terhadap santet. Santet sendiri dipercayai masyarakat sebagai energi negatif yang dikirimkan secara gaib untuk menyakiti atau mencelakakan korbannya. Tentu saja hal tersebut dapat merugikan korban.

Dalam hal ini, agar terhindar dari kiriman santet tersebut orang-orang mempercayai bunga kantil sebagai penolak balanya. Tentu saja, hal ini tak berlaku untuk semua orang karena bunga kantil hanya dapat dimanfaatkan oleh orang-orang pintar saja yang diyakini dapat menggunakan kembang kantil untuk menolak bala.

2. Alat untuk Memanggil Makhluk Gaib
Mitos kembang kantil di tengah masyarakat selanjutnya adalah sebagai alat untuk memanggil makhluk gaib. Percaya atau tidak, di zaman serba modern seperti ini ternyata masih banyak orang yang melakukan ritual pemanggilan makhluk gaib. Bunga kantil sering dijadikan sebagai salah satu sesajen yang dipakai untuk memanggil makhluk tak kasat mata.

Aroma wangi yang menyengat dari bunga kantil yang khas dan semerbak ini konon sangat disukai oleh makhluk halus. Tak hanya untuk menjalani ritual tertentu saja, bunga kantil juga sering dipakai untuk memanggil roh gaib pada acara kesenian daerah, seperti kuda kepang atau jaran kepang.

3. Penangkal Sawan
Sawan merupakan fenomena aneh yang biasanya terjadi pada bayi dan anak kecil. Mereka akan terus menangis dan suhu tubuhnya naik jika terkena sawan. Konon kondisi ini sering dikait-kaitkan dengan kehadiran makhluk gaib yang menempel di tubuh si anak, setelah mendatangi suatu tempat seperti kuburan atau rumah orang yang meninggal.

Untuk menghilangkan sawan tersebut biasanya orang menggunakan kembang kantil. Itu sebabnya, bunga warna putih yang memiliki aroma wangi menyengat ini sering ditanam di sekeliling pemakaman dan ditaburkan di pusara orang yang meninggal, agar makhluk gaib tak ikut dengan tim pengantar jenazah.

3 dari 3 halaman

Manfaat Bunga Kantil untuk Kesehatan

Meskipun kembang kantil sangat populer akan mitos-mitosnya yang berkembang di tengah masyarakat. Namun, tak banyak yang tahu ternyata kembang kantil memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini informasi lengkap mengenai manfaat bunga kantil untuk kesehatan tubuh yaitu:

1. Menurunkan Berat Badan
Manfaat kembang kantil untuk kesehatan yang pertama adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Berdasarkan sebuah penelitian, diketahui bahwa ekstrak kembang kantil yang digabungkan dengan phellodendron mampu membantu seseorang mengontrol berat badannya. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih mendalam tentu manfaat kembang kantil tersebut.

2. Meredakan Kecemasan
Manfaat kembang kantil untuk kesehatan berikutnya adalah dapat meredakan kecemasan. Penting diwaspadai bahwa kecemasan berlebihan tanpa adanya penyebab jelas dapat menjadi tanda seseorang mengalami gangguan kecemasan.

Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan produk yang memiliki kandungan ekstrak bunga kantil serta phellodendron dipercaya mampu membantu mengurangi perasaan negatif akibat perasaan cemas. Meski demikian, penggunaan produk tersebut tak dapat digunakan untuk meredakan kecemasan dalam jangka panjang.

3. Atasi Peradangan Pada Gusi
Tak hanya dapat meredakan kecemasan, manfaat kembang kantil untuk kesehatan juga dapat membantu mengatasi peradangan yang terjadi pada gusi. Kembang kantil diketahui berkhasiat dalam membunuh bakteri yang ada di mulut.

Menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak kembang kantil dipercaya bisa membantu mengurangi pendarahan atau juga pembengkakan. Selain itu, kembang kantil juga dipercaya mampu mengatasi plak, mencegah gigi berlubang, mengatasi radang gusi, hingga mengurangi pembengkakan gusi.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini