Mengunjungi Ecofarm Kampung Baru di Tangerang, Ajak Pengunjung Selfie di "Eropa"

Rabu, 25 Mei 2022 11:53 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Mengunjungi Ecofarm Kampung Baru di Tangerang, Ajak Pengunjung Selfie di "Eropa" Ecofarm Kota Tangerang. ©2022 YouTube Kota Tangerang/Merdeka.com

Merdeka.com - Ecofarm Kampung Baru di Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Banten, menjadi lokasi yang mengasyikkan untuk melepas penat bersama keluarga. Di sini pengunjung akan ditemani berbagai tumbuhan produktif hingga diajak berselfie ria sampai ke negeri "Eropa".

Di lahan seluas 8 hektare ini, pengunjung juga bisa merasakan bagaimana menanam dan memanen sayuran bersama warga saat sedang musimnya. Seperti terpantau di kanal YouTube Resmi Protokol Komunikasi Pimpinan Kota Tangerang, yang dilansir Rabu (25/5), sejumlah sayuran seperti kangkung, pokcoy, sawi hingga jagung akan menemani perjalanan pengunjung di lokasi tersebut.

Kesan pertama saat menginjakkan kaki di bekas lahan tidur ini tentunya sejuk, asri, dan nyaman dengan nuansa yang kekinian. Seru bukan? Berikut ulasannya.

2 dari 4 halaman

Serasa Menjelajah di Negeri Eropa

ecofarm kota tangerang

©2022 YouTube Kota Tangerang/Merdeka.com

Ketika berkeliling di lokasi, suasananya tak hanya dihiasi tanaman hias dan tumbuhan produktif semata. Tetapi pengunjung bisa menjadikannya sebagai alternatif wisata keluarga, dengan nuansa negeri Eropa yang cukup kental.

Terlihat terdapat dua ikon dunia yang disuguhkan di lokasi yakni menara Eiffel layaknya di Paris, juga kincir angin yang identik dengan negeri Belanda. Kedua titik ini selalu jadi tempat favorit yang dikunjungi.

Sangat disarankan untuk mengabadikan momen selfie bersama orang tercinta di sini, karena lanskap di Ecofarm tersebut begitu menawarkan sensasi berlibur di Eropa tanpa harus ke luar negeri.

3 dari 4 halaman

Bekas Lahan Tidur

Dahulu, kawasan tersebut bisa dibilang sebagai lahan tidur yang hanya digunakan ala kadarnya oleh masyarakat setempat. Namun adanya wabah pandemi Covid-19 2 tahun lalu, membuat lokasi tersebut diubah menjadi tempat yang bermanfaat bagi ketahanan pangan.

Menurut Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, kawasan Ecofarm di sini turut membantu kebutuhan dari warga di masa-masa sulit wabah Covid-19 dan dimanfaatkan bagi yang membutuhkan.

"Ini hasil dari banyaknya Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kota Tangerang, dan ini berangkat dari lahan tidur yang sekarang bisa termanfaatkan jadi Ecofarm. Jadi ini bagian dari pemberdayaan masyarakat untuk ketahanan pangan," tutur Arief.

4 dari 4 halaman

Potensi Jadi Wisata Edukasi

ecofarm kota tangerang

©2022 Laman resmi Kota Tangerang/Merdeka.com

Beberapa spot lain yang bisa disinggahi di lokasi adalah kebun bunga, kebun semai, kebun sayur, sawah mini hingga peternakan ayam.

"Untuk tempo panen di sini macam-macam, seperti jagung itu tiga bulan, kacang lalu singkong itu bisa enam sampai setahun. Dan hasilnya di sini bisa langsung dipakai warga untuk ketahanan pangan. Selesai panen, warga kembali menanamnya" kata Gandi, Ketua RW 05, Kampung Baru.

Arief turut mendorong kepada masyarakat di Koang Jaya, agar bisa terus menjaga dan memanfaatkan kawasan tersebut sehingga mimpi untuk menjadi wisata edukasi dalam bidang agrowisata di masa mendatang bisa terwujud.

Baca juga:
Wisata Batang Populer dan Menarik, Bisa Jadi Destinasi Liburan Asik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini