Mengenal Batik Garutan, Punya Motif Unik yang Terinspirasi dari Alam

Selasa, 28 Juli 2020 09:19 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Mengenal Batik Garutan, Punya Motif Unik yang Terinspirasi dari Alam Ilustrasi Batik. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/pzAxe

Merdeka.com - Kain batik di Indonesia selalu identik dengan kebudayaan turun-temurun yang ada di masyarakat. Biasanya mereka menggunakan batik dalam acara-acara tertentu yang memiliki makna khusus, seperti acara tradisi, pernikahan hingga keagamaan.

Di masa sekarang kain batik telah menjelma menjadi pakaian yang kembali tren di kalangan anak muda. Batik pun dianggap memiliki filosofi yang mendalam. Salah satu motif batik yang memiliki makna unik adalah motif batik Garutan.

Garutan sendiri merupakan nama kain batik yang terkenal di Provinsi Jawa Barat, khususnya Kabupaten Garut. Yang menarik dari jenis motif penuh warna tersebut terdapatnya makna alam yang tersirat di dalam setiap guratnya.

Sejak dahulu masyarakat Sunda dengan alam memang mempunyai keterikatan tersendiri. Bahkan dalam setiap ritual kebudayaannya, masyarakat di Jawa Barat tersebut selalu menambah unsur alam.

Baca Selanjutnya: Karakteristik Batik Garutan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini