Manfaat Pernapasan Diafragma bagi Tubuh, Tingkatkan Fungsi Jantung dan Cegah Stres

Selasa, 27 September 2022 15:23 Reporter : Andre Kurniawan
Manfaat Pernapasan Diafragma bagi Tubuh, Tingkatkan Fungsi Jantung dan Cegah Stres Ilustrasi bernapas. ©2012 Shutterstock/Robert Kneschke

Merdeka.com - Pernapasan diafragma adalah jenis latihan pernapasan dalam yang membantu Anda memperkuat diafragma, yang merupakan struktur otot berbentuk kubah besar yang terletak di bawah paru-paru dan di atas perut.

Keuntungan dari pernapasan diafragma ini antara lain adalah untuk meningkatkan kekuatan diafragma, mengurangi kebutuhan oksigen, dan untuk memudahkan bernapas dengan sedikit usaha dan energi.

Saat melakukan pernapasan diafragma, perut Anda akan berkontraksi dan menjadi rata saat menghirup udara dan rileks ke posisi normalnya saat mengembuskan napas. Ketika kita bisa melakukannya, latihan pernapasan diafragma akan memberikan manfaat bagi tubuh.

Berikut ini kami akan sampaikan apa saja manfaat pernapasan diafragma bagi tubuh yang dikutip medicinenet.com.

2 dari 4 halaman

Manfaat Pernapasan Diafragma

Mengurangi tekanan darah: Manfaat pernapasan diafragma yang pertama untuk mengurangi tekanan darah. Pernapasan lambat diketahui dapat mengurangi aktivitas simpatis, meningkatkan vasodilatasi, dan menurunkan tekanan darah.

Meningkatkan fungsi jantung: Manfaat pernapasan diafragma yang kedua untuk meningkatkan fungsi jantung. Pernapasan diafragma akan meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot pernapasan. Pada gilirannya, ini akan meningkatkan efisiensi respirasi dan toleransi latihan. Peningkatan toleransi latihan berarti pengurangan ketegangan pada jantung. Ini sangat bermanfaat bagi pasien dengan gagal jantung kongestif.

Meningkatkan fungsi pernapasan: Manfaat pernapasan diafragma yang ketiga untuk tingkatkan fungsi pernapasan. Pasien dengan gangguan paru obstruktif kronik (PPOK) dan asma biasanya memiliki otot pernapasan yang lemah. Ini dapat menyebabkan episode pernapasan pendek yang cepat, dan dapat mengancam jiwa. Pernapasan diafragma meningkatkan kekuatan diafragma, yang mengurangi gangguan pernapasan dan secara bertahap dapat meningkatkan kapasitas latihan.

3 dari 4 halaman

Mengatur suasana hati: Manfaat pernapasan diafragma keempat untuk mengatur suasana hati. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berlatih pernapasan diafragma akan membantu mengurangi depresi, kecemasan, dan stres.

Meredakan rasa sakit: Manfaat pernapasan diafragma kelima yaitu untuk meredakan rasa sakit. Sebuah studi terkontrol acak telah menyarankan bahwa pernapasan lambat dapat mengubah persepsi rangsangan yang menyakitkan dan emosi yang tidak menyenangkan, sehingga membantu mengendurkan otot. Oleh karena itu, bernapas dalam dapat membantu mengurangi intensitas nyeri.

Meningkatkan tidur: Berdasarkan penilaian data, American Academy of Sleep Medicine mengeluarkan pedoman untuk manajemen perilaku dan psikologis insomnia. Disarankan bahwa relaksasi efektif sebagai terapi mandiri untuk insomnia, meskipun tidak secara khusus menyebutkan efek pernapasan dalam. Namun, beberapa orang percaya bahwa Anda bisa mendapatkan efek relaksasi dengan teknik pernapasan dalam, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas tidur.

4 dari 4 halaman

Cara Melakukan Pernapasan Diafragma

Untuk mendapatkan manfaat pernapasan ini secara maksimal, disarankan untuk mempertahankan rutinitas dan melakukan latihan pernapasan pada waktu yang sama setiap hari secara teratur. Setelah Anda menguasai teknik pernapasan tersebut, Anda mungkin dapat melakukannya di mana pun Anda berada selama beberapa menit untuk menghilangkan stres dan kecemasan.

Berikut adalah prosedur langkah demi langkah untuk melakukan pernapasan diafragma:

  • Cari tempat yang tenang dan nyaman untuk duduk atau berbaring.
  • Punggung Anda harus selalu lurus dengan kaki di lantai.
  • Tutup mata Anda, letakkan satu tangan di bawah tulang rusuk dan tangan lainnya di dada, dan bernapaslah dengan normal.
  • Ambil napas dalam-dalam, perlahan, melalui hidung.
  • Berkonsentrasi pada perut Anda saat mengembang di bawah tangan Anda.
  • Tahan napas selama yang Anda bisa dan embuskan perlahan melalui mulut.
  • Perhatikan bagaimana tangan di perut Anda bergerak seiring dengan napas Anda.
  • Ulangi proses ini sampai Anda membentuk ritme yang menenangkan.
  • Saat Anda menarik napas, bayangkan bagaimana oksigen mengalir melalui tubuh Anda.
  • Saat Anda mengeluarkan napas, bayangkan Anda melepaskan stres dan kecemasan dari tubuh Anda.
  • Ulangi sampai Anda merasa rileks dan tidak terlalu cemas. Tingkatkan durasi latihan secara bertahap.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini