Makanan Teraneh di Dunia dari Bahan yang Tak Terduga, Berani Coba?

Senin, 3 Januari 2022 14:01 Reporter : Andre Kurniawan
Makanan Teraneh di Dunia dari Bahan yang Tak Terduga, Berani Coba? makanan ekstrem. ©REUTERS/Michael Kooren

Merdeka.com - Travelling bukan hanya tentang bepergian ke tempat-tempat wisata yang indah, tapi juga mengenali budaya dan mencicipi kuliner khas yang ada di suatu daerah. Karena mungkin saja, makanan khas tersebut tidak dapat kita temui di tempat lain.

Sayangnya, tidak semua makanan di dunia ini dapat memanjakan lidah Anda. Anda mungkin akan menemukan makanan penduduk setempat yang tidak sesuai dengan selera Anda. Baik karena bahan yang digunakan, rasa yang aneh, hingga pengolahannya yang unik.

Tapi ini bukanlah makanan asal-asalan yang mereka buat. Karena apa yang dianggap aneh atau berbahaya bagi Anda atau orang luar lainnya, bisa dianggap sebagai bahan makanan lezat dan berharga di daerah atau negara tertentu.

Dalam artikel kali ini, kami akan menyajikan makanan teraneh di dunia yang menggunakan bahan-bahan tak terduga yang akan membuat Anda geleng-geleng kepala. Anda mungkin melihat makanan teraneh di dunia ini sebagai makanan ekstrem. Tapi bagi orang-orang setempat, ini hanyalah makanan sehari-hari.

2 dari 5 halaman

Kiviak (Greenland)

Makanan teraneh di dunia yang pertama adalah Kiviak. Makanan yang berasal dari Greenland ini berbahan dasar burung Auk kecil. Mungkin bahan dasarnya tidak terdengar aneh sampai Anda mengetahui bagaimana proses selanjutnya.

makanan teraneh di dunia
travelfoodatlas.com

Dilansir dari travelfoodatlas.com, burung Auk kecil yang dibunuh akan dimasukkan ke dalam anjing laut mati. Kemudian anjing laut yang sudah diisi burung Auk ini akan disimpan di ruangan kedap udara, dilumuri minyak untuk mengusir lalat dan belatung, lalu difermentasi selama tiga bulan.

Daging burung yang berbau tajam ini konon rasanya agak seperti keju atau akar manis yang sangat matang. Hidangan ini sering dimakan selama musim dingin, ketika makanan sulit untuk didapat, terutama pada acara-acara khusus seperti Natal atau ulang tahun.

Casu Marzu (Italia)

makanan ekstrem
©2013 Merdeka.com/boldsky.com

Makanan teraneh di dunia yang kedua yaitu Casu Marzu. Jika Anda penggemar berat keju, cobalah hidangan asal Italia ini. Casu Marzu adalah keju Pecorino sederhana yang telah membusuk dan ditempati oleh belatung. Ya, Anda akan makan keju ini bersama dengan belatung-belatungnya.

Makanan ini berbahaya untuk dimakan dan bisa berakibat fatal, oleh karena itu sebagian besar negara melarang makanan ini. Meski begitu, banyak juga orang yang mencari makanan lezat ini untuk mencoba mencicipinya.

Hákarl (Islandia)

Makanan teraneh di dunia yang ketiga adalah Hákarl. Sajian makanan ini berbahan dasar daging hiu fermentasi yang terkenal karena baunya yang sangat menyengat. Proses fermentasi bisa memakan waktu sampai 9 minggu.

Saat fermentasi selesai, dagingnya akan menjadi empuk dan berbau seperti amonia. Daging diambil kembali dan digantung sampai kering di gubuk kayu pengeringan. Waktu pengeringan akan berlangsung antara 2 dan 4 bulan.

3 dari 5 halaman

Hormiga Culona (Kolombia)

Makanan teraneh di dunia yang keempat adalah Hormiga Culona. Bahan dasar dari sajian ini adalah semut besar. Ya, serangga ini adalah makanan lezat yang populer di Kolombia, di mana mereka dipanggang atau digoreng, lalu dimakan seperti kacang.

Ada banyak manfaat kesehatan dari Hormiga Culona, seperti sumber protein dan bahkan dianggap sebagai afrodisiak. Sebagian besar melaporkan bahwa makanan aneh ini memiliki rasa smokey dan cukup renyah.

Buchada de bode (Brasil)

makanan teraneh di duniatravelfoodatlas.com

Makanan teraneh di dunia yang kelima disebut Buchada de bode. Usus kambing adalah bahan dasar dari masakan ini. Namun, yang membuatnya aneh adalah tampilannya yang benar-benar menjijikkan. Buchada de bode pada dasarnya adalah usus anak kambing yang dimasak dan disajikan di dalam perut.

Tapi, meski kita melihatnya sebagai hal yang aneh dan menjijikkan, memasak usus di perut bukan hal yang unik di Brasil. Haggis di Skotlandia juga mirip dengan resep buchada de bode ini karena menggunakan perut sebagai metode untuk menyimpan dan memasak bahan.

Surströmming (Swedia)

Surströmming adalah ikan herring tradisional Swedia yang difermentasi dan disimpan dalam kaleng. Surströmming dikenal dengan reputasinya sebagai makanan paling bau di dunia. Saking baunya, ikan fermentasi ini sampai dilarang untuk dibawa ke pesawat karena baunya yang menyengat.

makanan teraneh di duniasunnysidecircus.com

Orang Swedia biasanya makan Surströmming dengan roti pipih tipis dan roti gandum dan dikatakan makanan ini memiliki rasa yang sangat asam, tajam, pedas dengan rasa asin.

Tapi, banyak orang mengatakan bahwa rasanya sebenarnya tidak begitu kuat atau menonjol setelah Anda bisa mengatasi kejutan dari baunya. Orang Swedia terkadang memasangkannya dengan susu atau bir. Intinya Anda akan membutuhkan minuman setelah memakannya.

4 dari 5 halaman

Century Egg (Cina)

Century egg (atau telur seratus tahun) adalah telur bebek, ayam, atau puyuh asal China yang diawetkan. Penampilannya menjadi hitam dengan warna kuning hijau tua setelah diproses selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan di tanah liat, abu, campuran kapur bersama dengan garam.

makanan teraneh di duniamasterclass.com

Meskipun telur abad membuat kesan pertama yang aneh pada orang yang belum mengetahuinya, hidangan ini telah dinikmati oleh jutaan orang.

Putih telurnya menjadi jeli transparan berwarna coklat tua dengan rasa asin, sedangkan kuning telur menjadi hijau tua atau abu-abu. Konsistensi telurnya cukup halus dan lembut dengan rasa yang lezat; menggabungkannya dengan tuna, akan meninggalkan rasa lembut di mulut.

Telur ini memiliki bau dan rasa yang sangat kuat karena adanya amonia dan hidrogen sulfida.

Sup Kelelawar Buah (Palau)

Sup kelelawar buah adalah hidangan yang dikonsumsi di pulau Pasifik Palau yang pernah menjadi makanan pokok masyarakat setempat. Makanan ini juga bertindak sebagai sumber protein yang hebat dan hidangan yang sangat berguna untuk dimasak.

Sesuai namanya, bahan dasar makanan ini adalah kelelawar buah yang suka memakan buah, bukan serangga. Untuk rasanya, beberapa orang menemukan perpaduan rasa yang luar biasa lezat, sementara yang lain berakhir dengan kecewa.

Hidung Rusa (Kanada)

Hidung rusa besar adalah makanan lezat dari Kanada dan Alaska di mana hidung rusa dimasak dalam bawang putih, garam, rempah-rempah acar dan cuka dan kemudian didinginkan dalam kaldu untuk membentuk zat seperti jeli.

5 dari 5 halaman

Testis Banteng Criadilla (Argentina)

Sekilas, ini terlihat seperti sepotong daging yang lezat. Namun ketika Anda tahu apa yang sebenarnya Anda lihat, Anda mungkin akan berpaling ke makanan lain. Meski terlihat seperti makanan aneh, sajian testis banteng adalah hal biasa di beberapa negara.

Di Argentina, Spanyol, dan Meksiko testis digoreng dan disajikan dengan salsa. Criadilla adalah salah satu resep Latino untuk testis banteng yang hasilnya tidak terlalu buruk setelah dimasak.

Makan testis hewan mungkin terdengar tidak terlalu menggugah selera, tetapi ini adalah makanan ringan yang sangat umum di negara-negara di mana adu banteng begitu populer.

Muktuk (Greenland & Kanada)

makanan teraneh di duniaalchetron.com

Muktuk adalah masakan khas Inuit yang terdiri dari kulit dan lemak paus bowhead, paus narwhal atau beluga, yang dipotong-potong. Hidangan ini sering disajikan mentah tetapi juga bisa diasinkan dan digoreng sebelum disantap dengan kecap.

Ada yang bilang rasanya seperti telur goreng. Yang lain merasakan kemiripan dengan kelapa segar. Deskripsi rasa yang sangat berbeda satu sama lain membuat hidangan ini dinilai memiliki rasa unik, dan tidak ada titik referensi khusus. Rasa “aneh” dan tekstur renyah yang lembut seperti kombo yang menarik rasa penasaran orang.

Fesikh

Makanan teraneh di dunia adalah Fesikh. Fesikh adalah ikan Mesir yang memiliki potensi mematikan dan sangat bau. Hidangan ini terkenal karena bahannya yang mematikan jika tidak disiapkan dengan benar, serta baunya yang sangat menyengat.

Ikan diawetkan dalam garam selama dua minggu atau lebih, itulah yang menyebabkan bau khasnya keluar. Ikan kemudian digoreng dan disajikan dengan roti dan salad. Kebanyakan sebenarnya menganggap Fesikh cukup enak jika Anda bisa mengatasi baunya.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini