Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kenapa Kucing Makan Tikus? Ini Alasan dan Bahayanya

Kenapa Kucing Makan Tikus? Ini Alasan dan Bahayanya Ilustrasi Kucing. rsb.org.uk

Merdeka.com - Banyak dari kita telah melihatnya di film dan kartun, di mana kucing mengejar tikus untuk dijadikan sebagai makanan. Namun itu hanya di dalam film dan kartun bukan? Atau memang kucing makan tikus?

Bagi Anda yang tinggal di tempat yang jarang ada tikus, atau Anda memiliki kucing namun dia hanya bermain dan bermalas-malasan di dalam rumah, mungkin pernyataan kucing makan tikus ini mulai Anda pertanyakan.

Yang harus Anda tahu adalah ya, kucing makan tikus. Kucing memang benar-benar bisa memakan hewan pengerat ini. Karena pada kenyataannya, kucing adalah pemburu, dan tikus merupakan salah satu dari daftar menu makanan kucing, terutama di alam liar.

Tapi, apakah Anda harus senang melihat kucing membasmi hama di sekitar rumah Anda, atau Anda harus khawatir karena kucing makan tikus? Dalam artikel berikut ini, kami akan sampaikan penjelasan tentang kucing makan tikus yang mungkin perlu Anda tahu.

Bagaimana Kucing Berburu?

Kegiatan berburu sudah ada dalam gen kucing, terutama pada mangsa yang kecil. Anda mungkin pernah melihatnya, meski yang diburunya bukan tikus atau bahkan bukan binatang yang sebenarnya, dan hanya mainan.

Mengutip dari petkeen.com, kucing menghabiskan banyak waktu untuk mengejar, mengintai, menerkam, dan mengunyah mainan. Kucing menggunakan dua metode saat berburu, yaitu aktif dan yang lainnya melibatkan kesabaran dan keheningan.

Kucing memang bisa menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menunggu, tidak bergerak, untuk waktu yang lama di luar habitat atau di tempat persembunyian mangsanya.

Tapi mereka juga mampu menggunakan semburan energi yang cepat untuk mengejar mangsanya. Pengejaran kucing ini dimulai dengan menguntit (atau berbaring menunggu) dan diakhiri dengan berlari dan menerkam, hingga menangkap.

Mengapa Kucing Makan Tikus?

ilustrasi kucing

ucl.ac.uk

Jika Anda bertanya-tanya kenapa kucing makan tikus, jawabannya cukup sederhana. Karena tindakan itu hanya tentang dorongan dan kelangsungan hidup.

Kucing paling aktif saat senja dan fajar, dan saat itulah mereka akan menghabiskan waktunya berburu. Meskipun Anda memberi makan kucing secara teratur, namun hal itu tidak menghentikan naluri berburu mereka, meskipun mereka mungkin tidak langsung membunuh dan memakan mangsanya, tergantung pada seberapa lapar mereka.

University of Georgia melakukan penelitian menggunakan kamera kecil yang dipasang di kalung 60 kucing peliharaan. Kamera-kamera ini menemukan bahwa kucing menghabiskan banyak waktu untuk berburu dan membunuh mamalia kecil dan kadal, tetapi mereka hanya memakan apa yang mereka bunuh sekitar 30%. Sekitar 20%, mereka akan membawanya pulang (dan mungkin meninggalkannya pada pemiliknya).

Berburu dan memakan tikus benar-benar sudah terprogram dalam biologi, DNA, dan keturunan kucing. Bagi kucing, berburu juga bisa menjadi sumber hiburan.

Apakah Aman Kucing Makan Tikus

Melihat bahwa tikus adalah mangsa alami dari kucing, Anda mungkin berasumsi bahwa hewan pengerat ini aman untuk dimakan oleh kucing. Namun, jawaban singkatnya adalah tidak.

Hewan pengerat sering kali terinfeksi cacing gelang, dan memakan tikus dapat menularkan infeksi ke kucing Anda. Ada juga kemungkinan bahwa jika kucing Anda memakan lebih dari satu tikus yang telah terinfeksi oleh racun atau umpan hewan pengerat, mereka dapat memunculkan reaksi yang merugikan seperti pendarahan internal atau masalah serius lainnya.

Tikus juga sering membawa parasit bernama Toksoplasma gondii yang menyebabkan toksoplasmosis pada manusia. Toksoplasmosis mungkin tidak menimbulkan gejala pada manusia jika mereka memiliki sistem kekebalan yang sehat, karena toksoplasmosis berhasil melawan potensi penyakit yang disebabkan oleh parasit. Tetapi bagi wanita hamil dan orang lain dengan sistem kekebalan yang lemah, toksoplasmosis bisa sangat berbahaya.

Tapi jika Anda curiga atau yakin bahwa kucing Anda telah memakan tikus, awasi terus si kucing selama 24-48 jam. Perhatikan tanda-tanda gangguan pencernaan seperti diare, muntah, atau kembung. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, hubungi dokter hewan 24/7.

Mengapa Kucing Membawa Tikus sebagai Hadiah untuk Pemiliknya?

Salah satu alasan kenapa kucing membawa mangsanya ke dalam rumah adalah untuk menyimpannya di tempat yang aman. Tetapi dalam kasus lain, jika kucing betina sering melakukan ini, bisa jadi dia bertindak berdasarkan naluri untuk memberi anak-anaknya, termasuk Anda. Kucing Anda tahu bahwa tidak mungkin Anda bisa menangkap tikus sendirian.

Jadi, seburuk apa pun itu bagi kita, pemberian tikus adalah isyarat yang menyanjung dan penuh kasih atas nama kucing karena pada dasarnya mereka memberi tahu bahwa Anda adalah bagian dari keluarga mereka yang berharga.

Pemberian dari kucing juga menjadi alasan bagus mengapa Anda tidak boleh menghukum kucing saat mereka membawakan Anda hadiah. Mengejar, menangkap, dan membawakan Anda seekor tikus adalah naluri alami seekor kucing, dan itu bukanlah sesuatu yang harus mendapatkan hukuman. (mdk/ank)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Penyebab Abses Kucing dan Cara Mengatasinya, Jangan Diabaikan
Penyebab Abses Kucing dan Cara Mengatasinya, Jangan Diabaikan

Kucing biasanya menderita abses setelah berkelahi. Mulut dan cakar kucing secara alami mengandung banyak bakteri yang mudah berpindah ke luka.

Baca Selengkapnya
Makanan Kucing Umur 2 Bulan, Ketahui Aturan Pemberian Makannya
Makanan Kucing Umur 2 Bulan, Ketahui Aturan Pemberian Makannya

Memberikan makan kucing harus memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
7 Makanan Penggemuk Kucing Buatan Sendiri, Penuh Manfaat dan Kaya Nutrisi
7 Makanan Penggemuk Kucing Buatan Sendiri, Penuh Manfaat dan Kaya Nutrisi

Merdeka.com merangkum informasi tentang makanan penggemuk kucing buatan sendiri yang penuh manfaat dan kaya nutrisi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Penyebab Kutu Telinga Kucing, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya dengan Ampuh
Penyebab Kutu Telinga Kucing, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya dengan Ampuh

Kutu telinga pada kucing merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi pada hewan peliharaan.

Baca Selengkapnya
Kucing Muntah Makanan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
Kucing Muntah Makanan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kucing muntah makanan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Oleh karena itu, penting untuk tahu penyebab dan cara mencegahnya.

Baca Selengkapnya
6 Tips Menggemukkan Badan Kucing dengan Efektif, Lakukan Hal Ini
6 Tips Menggemukkan Badan Kucing dengan Efektif, Lakukan Hal Ini

Pencinta kucing pasti ingin peliharaannya itu tampak gemuk dan sehat. Namun jangan sampai salah cara ya!

Baca Selengkapnya
Ternyata Kucing dan Anjing Bisa Jerawatan, Begini Cara Mengatasinya
Ternyata Kucing dan Anjing Bisa Jerawatan, Begini Cara Mengatasinya

Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing rupanya juga bisa jerawatan. Yuk, simak fakta lengkap dan cara mengatasinya!

Baca Selengkapnya
12 Cara Melebatkan Bulu Kucing dengan Alami, Lakukan Hal Ini
12 Cara Melebatkan Bulu Kucing dengan Alami, Lakukan Hal Ini

Langkah alami ini juga merupakan cara memperlakukan kucing secara baik dan benar.

Baca Selengkapnya
7 Fakta Kucing yang Jarang Diketahui, Mendengkur hingga Mampu Merasakan Emosi Manusia
7 Fakta Kucing yang Jarang Diketahui, Mendengkur hingga Mampu Merasakan Emosi Manusia

Kucing adalah hewan menggemaskan yang memiliki banyak kemampuan.

Baca Selengkapnya