Cara Jualan Pulsa bagi Pemula, Berikut Tipsnya

Kamis, 30 Juni 2022 12:15 Reporter : Andre Kurniawan
Cara Jualan Pulsa bagi Pemula, Berikut Tipsnya Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/Robert Kneschke

Merdeka.com - Ponsel saat ini sudah bukan lagi barang mewah yang hanya bisa dimiliki orang-orang tertentu. Alat komunikasi ini sudah menjadi hal yang umum di tengah masyarakat. Para produsen smartphone juga banyak merilis produk-produk dengan harga yang cukup terjangkau.

Dengan banyaknya pengguna ponsel, segala macam yang berkaitan dengan fungsi perangkat ini juga mengalami peningkatan permintaan. Salah satunya adalah pulsa. Pulsa sangat penting dalam fungsi ponsel karena berguna untuk memberikan akses telepon, pesan singkat, hingga paket data untuk berselancar di internet.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membuka bisnis sendiri, berjualan pulsa bisa menjadi salah satu yang pilihan bagus. Bisnis ini juga tidak terlalu sulit dilakukan. Bahkan tidak perlu membuka toko atau kios. Cukup dengan smartphone dan uang untuk deposit pulsa.

Namun tetap saja, membuka bisnis baru tidak selalu mudah. Apalagi dengan banyaknya pesaing yang lebih dulu berjualan pulsa. Jika tertarik membuka bisnis jualan pulsa, berikut kami sampaikan cara jualan pulsa beserta tipsnya dalam berjualan.

2 dari 4 halaman

Pilih Server

Cara jualan pulsa yang pertama adalah menentukan server Anda. Dikutip dari situs 99.co, server di sini adalah penyedia deposit saldo dan yang akan mengisi pulsa ke nomor pelanggan Anda.

Anda bisa memilih server yang menawarkan harga murah dan terpercaya. Namun, Anda juga harus waspada, karena server yang menawarkan harga terlalu rendah bisa saja merupakan penipuan.

bikin jepretan lebaran makin estetik rekomendasi smartphone ini jadi pilihan menarik
ilustrasi ©2022 OPPO

Daftarkan Diri ke Server Pulsa

Cara jualan pulsa kedua adalah dengan mendaftarkan diri ke server pulsa. Setelah Anda menemukan server yang sesuai dan terpercaya, Anda bisa mendaftarkan diri ke server dengan melengkapi keperluan dokumen.

Deposit Pulsa

Cara jualan pulsa ketiga yaitu deposit pulsa. Setelah terdaftar di server yang Anda pilih, Anda bisa langsung melakukan deposit pulsa dengan mengeluarkan uang yang telah disepakati dengan pihak server.

Misalnya, Anda ingin memiliki saldo pulsa sebesar Rp500.000 untuk dijual ke konsumen, maka Anda harus memberikan deposit sebesar Rp500.000 juga. Namun, Anda tidak harus melakukan deposit setiap hari. Cukup lakukan deposit saat ada konsumen yang membeli.

3 dari 4 halaman

Tentukan Harga Jual

Cara jualan pulsa yang keempat yakni dengan menentukan harga jual pulsa. Penentuan harga adalah salah satu cara kita bersaing dengan pemilik bisnis yang serupa. Anda harus mencari tahu terlebih dahulu harga pulsa di daerah.

Kemudian tentukan harga jual yang lebih tinggi dari harga yang Anda beli dari server. Tapi, jangan patok harga terlalu tinggi agar konsumen tidak terlalu berat membeli pulsa di tempat.

Lakukan Promosi

Cara jualan pulsa kelima adalah dengan promosi. Setiap bisnis akan membutuhkan langkah yang satu ini untuk meningkatkan peluang kesuksesan bisnis mereka. Apalagi dengan banyaknya orang yang berjualan pulsa, memperkenalkan bisnis akan sangat membantu Anda dalam memulai jualan pulsa.

Anda bisa mulai promosi pada orang-orang terdekat seperti keluarga dan rekan kerja, atau bisa juga melalui media sosial. Semakin banyak orang tahu, maka semakin besar pula peluang jualan pulsa laku.

Konsisten

Cara jualan pulsa terakhir yaitu dengan konsisten dalam melakukannya. Bisnis yang dikerjakan setengah-setengah akan sulit untuk berkembang atau bahkan bertahan. Kerjakan bisnis Anda secara konsisten, meski di awal tidak terlalu banyak yang membeli.

Anda juga bisa menambah jualan Anda dengan menyediakan pembelian token listrik, voucher game, paket data, dan lain sebagainya. Cara ini juga akan membantu Anda untuk mendapatkan konsumen baru.

4 dari 4 halaman

Tips Jualan Pulsa

Patok Harga Standar

Untuk menarik konsumen, Anda bisa mematok harga yang tidak terlalu tinggi. Jangan beri harga jual pulsa Anda lebih tinggi dari harga pulsa di tempat lain. Harga yang terlalu tinggi, atau dengan selisih yang sedikit lebih tinggi, sudah cukup untuk membuat konsumen berpindah ke tempat lain yang lebih murah.

Survei harga adalah hal penting untuk mengetahui kisaran harga pulsa di sekitar Anda. Dengan demikian, Anda bisa terus mengikuti pasar dan konsumen tidak akan keberatan melakukan transaksi di tempat.

Jangan Mau di-Bon

Orang-orang yang berutang atau bon adalah musuh bagi pelaku bisnis. Begitu juga saat Anda berjualan pulsa. Mungkin akan ada beberapa orang yang meminta keringanan dengan membayarnya di lain hari. Hal ini yang bisa membuat usaha Anda tidak berkembang atau bahkan berhenti.

Banyaknya pembeli yang berutang akan membuat Anda tidak bisa memutar modal. Saat deposit habis, Anda tidak bisa lagi melakukan pengisian deposit karena sebagian modal yang belum kembali.

Beri Pelayanan Terbaik

Di setiap usaha, pelayanan adalah salah satu faktor yang akan dinilai oleh konsumen selain harga. Apalagi dengan banyaknya pesaing dalam berjualan pulsa.

Memberi pelayanan yang baik akan menjadi nilai tambah Anda di mata para konsumen. Hal ini sudah menjadi keunggulan bisnis dari beberapa pesaing. Terlebih ketika Anda menjual dengan harga yang sama, Anda membutuhkan sesuatu yang membuat konsumen meninggalkan kesan positif saat bertransaksi dengan Anda.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini