Terbuat dari Kulit Ceker Ayam, Intip Keunikan Sepatu Buatan Warga Bandung Ini

Senin, 3 Oktober 2022 13:31 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Terbuat dari Kulit Ceker Ayam, Intip Keunikan Sepatu Buatan Warga Bandung Ini Sepatu berbahan ceker ayam dari Bandung. ©2022 Laman Pemkot Bandung/Merdeka.com

Merdeka.com - Seorang warga Kota Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini menciptakan sepatu unik berbahan kulit ceker ayam. Inovasi ini dikembangkan oleh Nurman Farieka Ramdhany melalui brandnya yang bernama Hirka Official.

Tak hanya sepatu pantofel, Nurman diketahui juga mengembangkan sneaker ala anak muda juga sepatu custom yang juga menggunakan bahan ceker ayam. Dari inovasinya itu, lahir ragam alas kaki bermotif unik dan tetap trendy.

Ide sepatu yang terbuat dari kulit ceker ayam ini berasal dari Ayah yang berawal dari riset.” Kata Nurman, mengutip laman Pemkot Kota Bandung, Senin (3/10)

2 dari 4 halaman

Berdiri Tahun 2018

sepatu berbahan ceker ayam dari bandung

©2022 Laman Pemkot Bandung/Merdeka.com

Brand ini sendiri sebelumnya didirikan Nurman sejak 2018 lalu. Untuk lokasi gerainya berada di Jalan Mohammad Toha, Gang Subur, Nomor 20, RT.03/RW.05, Cigereleng, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

Selain memproduksi sepatu dari kulit ceker ayam, Hirka juga memproduksi dari kulit kambing dan sapi.

Sepatu-sepatunya kemudian ia juga ke berbagai platform, terutama media sosial untuk menjangkau konsumen dengan lebih luas.

3 dari 4 halaman

Sebulan Produksi hingga 150 Pasang Sepatu

sepatu berbahan ceker ayam dari bandung
©2022 Laman Pemkot Bandung/Merdeka.com

Terkait proses pembuatannya, sepatu berbahan ceker ayam ini memiliki tingkat kesulitan sesuai dengan model yang dikerjakan.

Proses yang memakan waktu cukup lama, yakni saat tahap pengeringan kulit ceker ayam yang memakan waktu hingga 10 hari. Sebelumnya sepatu akan memasuki 3 proses, seperti upper, penyusunan, dan lasting.

Tiga tahap proses tadi membutuhkan waktu kurang lebih selama 1 hari. Dari situ, dapat menghasilkan satu buah pasang sepatu.

Salah satu staf Hirka official, Jaja menyebutkan jika dalam sebulan tempat bekerjanya itu bisa memproduksi hingga 150 pasang sepatu.

4 dari 4 halaman

Harganya Mulai Rp500 ribu sampai Rp2 Juta

Hirka Official sendiri menjual produk sepatunya dengan harga yang bervariasi. Untuk jenis sepatu sneaker kulit ceker ayam, harganya berkisar Rp500.000. Sedangkan untuk pantofel kulit ceker ayam harganya sekitar Rp2 juta.

Untuk produk custom, Hirka mematok harga sesuai model, ukuran hingga bahan yang diminta konsumen.

Hingga saat ini, sepatu-sepatu unik berbahan ceker ayam itu telah terjual baik di dalam maupun luar negeri termasuk ke pasar Jepang dan Malaysia.

 “Target pasar kami sebetulnya dari mulai anak muda hingga dewasa. Karena sepatu yg kami hadirkan dapat mencakup dua target pasar tersebut,” ujarnya.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini