Bacaan Doa Khatam Al Quran beserta Artinya, Ketahui Penjelasannya

Rabu, 6 Oktober 2021 18:05 Reporter : Andre Kurniawan
Bacaan Doa Khatam Al Quran beserta Artinya, Ketahui Penjelasannya ilustrasi membaca alquran. muslimmatters.org

Merdeka.com - Al Quran adalah kitab bagi umat Islam. Membacanya akan memberikan kita pahala yang luar biasa. Rasulullah SAW menjelaskan dalam hadisnya bahwa satu huruf dari Al Quran berarti satu kebaikan, yang akan dibalas dengan sepuluh pahala.

"Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh yang semisal. Aku tidak katakan alif laam miim itu satu huruf. Namun alif itu satu huruf, laam itu satu huruf, dan miim itu satu huruf." (HR. Tirmidzi).

Al Quran juga bukan sekadar kitab yang berisi tentang berbagai urusan dengan Allah SWT. Bagi kaum muslimin, Al Quran juga menjadi pedoman hidup mereka dalam menjalani kehidupan di dunia. Oleh karena itu, membaca, memahami, dan mengamalkan apa yang ada di dalam Al Quran bisa memberikan banyak manfaat bagi kita, di dunia mau pun di akhirat.

Selain itu, kita juga dianjurkan untuk mengkhatamkan Al Quran. Khatam sendiri artinya adalah tamat atau selesai. Mengkhatamkan Al Quran berarti kita menyelesaikan atau menamatkan kitab Al Quran.

Setelah berhasil menyelesaikan kitab Al Quran, banyak orang akan melanjutkan dengan bacaan doa khatam Al Quran. Meski ini bukanlah doa yang wajib dibaca, tidak ada salahnya untuk mengetahui doa khatam Al Quran ini karena kandungan maknanya yang baik.

Berikut adalah bacaan doa khatam Al Quran yang kami lansir dari Liputan6.com.

Baca Selanjutnya: Doa Khatam Al Quran...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini