Apa Itu Blogger? Berikut Penjelasan dan Alasan Anda Harus Memulainya

Kamis, 4 November 2021 14:10 Reporter : Andre Kurniawan
Apa Itu Blogger? Berikut Penjelasan dan Alasan Anda Harus Memulainya Ilustrasi bekerja. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Apa itu blogger? Bagi beberapa orang istilah blogger mungkin terdengar asing. Istilah blogger berkaitan erat dengan blog, platform media sosial. Lantas, apa itu blogger? Mereka yang menjalankan blog itu lah yang disebut sebagai blogger.

Media sosial menjadi salah satu platform yang kini banyak dikunjungi ketika orang tersambung dengan jaringan internet, termasuk blog. Jadi, apa itu blogger? Menjawab pertanyaan apa itu blogger, mungkin Anda sudah tahu dari penjelasan sebelumnya, yaitu orang yang menjalankan sebuah blog.

Mereka ini adalah individu yang suka berbagi bagian dari kehidupannya dengan menulis sebuah tulisan yang kemudian diposting dalam blog mereka. Postingan blog mereka bisa memuat berbagai topik mulai dari seni, desain, olahraga, politik, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Blogger bersifat mobile dan tidak perlu berada di satu tempat. Selama ada jaringan internet dan perangkat, mereka bisa berkreasi menuangkan pikiran mereka. Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut tentang apa itu blogger.

Berikut ini, kami akan menjelaskan lebih dalam lagi untuk menjawab apa itu blogger dan alasan Anda harus memulai membuatnya, yang dikutip dari firstsiteguide.com dan thoughtco.com.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Blogger?

Apa itu blogger? Menjawab apa itu blogger, blogger adalah seseorang yang menjalankan dan mengontrol sebuah blog. Dia berbagi pendapat dan pengetahuannya tentang berbagai topik untuk audiens target.

Blog sendiri adalah jurnal online atau situs web informasi yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik, dengan postingan terbaru yang muncul pertama, di bagian atas. Ini adalah platform di mana seseorang dapat berbagi pandangan mereka tentang sesuatu.

Apa yang dilakukan oleh seorang blogger?

Awalnya blog dikenal sebagai "weblog". Mereka digunakan agar orang bisa menulis tentang kegiatan mereka sehari-hari. Aktivitas sehari-hari atau pikiran mereka menjadi konten untuk situs mini yang mereka miliki, di mana mereka akan merekam pendapat, cerita, foto, dan video. Beberapa situs mini ini juga bisa mendapatkan pengikut, dan akhirnya lahir hobi blogging bagi sebagian orang.

ilustrasi bekerja di rumah
©Unsplash.com/brucemars

Menjadi seorang blogger mirip dengan menjadi seniman lepas, apakah Anda menjadi seorang penulis, fotografer, atau kurator informasi, sebuah blog dapat memberikan audiens tertentu pandangan dari dekat tentang subjek tertentu.

"Kesenian" itu bisa apa saja mulai dari tulisan, resep, foto, video, e-book, tautan ke informasi lain, atau hampir semua hal yang Anda pikirkan. Itulah yang menakjubkan dari seorang blogger. Tak banyak kategorisasi, dan ini memberi blogger eksplorasi kreatif yang luas dan luar biasa.

3 dari 5 halaman

Perbedaan Blog dan Situs Web

Setelah Anda tahu apa itu blogger, Anda mungkin juga bertanya-tanya, apa perbedaan blog dengan situs web? Ini karena banyak bisnis menggunakan keduanya, biasanya dengan menambahkan bagian blog ke situs web perusahaan. Namun, ada dua fitur blog yang membedakannya dari situs web tradisional.

Pertama, blog sering diperbarui. Baik itu blog ibu di mana seorang wanita berbagi pengalamannya dalam mengasuh anak, blog makanan yang berbagi resep baru, atau bisnis yang menyediakan pembaruan untuk layanannya, blog memiliki konten baru yang ditambahkan setiap beberapa kali seminggu. Situs web mungkin juga memiliki informasi baru, tetapi sebagian besar, mereka menawarkan informasi statis yang jarang berubah.

Kedua, blog memungkinkan keterlibatan pembaca. Blog dan akun media sosial sering berjalan beriringan karena keduanya memiliki tujuan yang sama untuk menghubungkan audiens dan pembuat konten. Beberapa situs web juga ada yang menggabungkan fitur yang memungkinkan percakapan, tetapi secara umum, blog memungkinkan lebih banyak percakapan dan interaksi daripada situs web tradisional.

4 dari 5 halaman

Kenapa Membuat Blog

Mengekspresikan Pikiran dan Pendapat

Jika Anda mengetahui atau hobi dalam sesuatu, bagikan dengan orang lain. Anda dapat membuat blog tentang sejarah, agama, sains, atau apa pun yang Anda ketahui dan ingin katakan. Kemungkinan besar, seseorang ingin mendengarnya, dan Anda dapat memperluas wawasan Anda dengan berinteraksi dengan pembaca dan blogger lain yang memiliki minat yang sama.

Terhubung Dengan Orang seperti Anda

Blogging menyatukan orang-orang yang memiliki pikiran sama. Memulai sebuah blog dapat membantu Anda menemukan orang-orang yang memiliki pendapat dan pemikiran yang sama.

Itu akan menjadi perasaan yang luar biasa, ketika Anda memiliki ide yang tidak jelas, kemudian orang lain tiba-tiba berbagi pengalaman atau pola pikir yang sama. Jangan takut untuk menunjukkan kepada dunia siapa Anda melalui blog.

Membuat Perbedaan

Banyak blog yang berbasis isu, yang berarti blogger berusaha memberikan informasi untuk mempengaruhi pemikiran orang ke arah tertentu. Sebagian besar blog politik dan blog tentang masalah sosial ditulis oleh blogger yang mencoba membuat perbedaan dengan cara mereka sendiri. Konten Anda tidak harus bersifat politis; Anda dapat mempromosikan amal tertentu atau tujuan yang dipedulikan semua orang.

Membantu Orang seperti Anda

Membaca blog dapat membantu orang-orang yang mungkin mengalami atau memiliki situasi serupa yang dialami blogger. Banyak blog tentang pengasuhan anak, kesehatan, dan dukungan teknis ditulis untuk tujuan ini.

Anda tidak hanya dapat membantu orang lain melalui kata-kata, tetapi Anda juga dapat menyediakan forum yang memungkinkan pengunjung berkomentar dan berinteraksi satu sama lain.

5 dari 5 halaman

Menambah Pengetahuan

Kunci untuk memiliki blog yang sukses adalah mempertahankan frekuensi posting yang konsisten. Terus-menerus membuat konten segar dan menyerap informasi baru adalah cara yang bagus untuk tetap mengikuti perkembangan di bidang atau topik tertentu.

Tentu saja, Anda tidak harus mempublikasikan semua yang Anda tulis, tetapi berbagi konten secara online agar dapat dilihat orang lain memungkinkan Anda mendapatkan umpan balik dan saran untuk penelitian lebih lanjut.

Bersenang-senang dan Kreatif

overheat© Howtogeek/wikihow/digitaltrends

Kebanyakan blog hanya dimulai untuk iseng atau bersenang-senang. Jika Anda menyukai sesuatu atau terobsesi dengan sesuatu, blogging bisa menjadi cara yang bermanfaat untuk berbagi minta Anda dengan orang lain. Jika Anda seorang desainer grafis atau penulis kreatif, Anda dapat menggunakan blog untuk memamerkan cerita atau karya Anda.

Menghasilkan Uang

Ada banyak orang yang menghasilkan banyak uang dengan menjadi blogger. Dengan kesabaran dan latihan, Anda dapat menghasilkan uang melalui iklan di blog Anda. Ada juga beberapa cara menghasilkan uang dari blog tanpa iklan.

Penting untuk dicatat bahwa kebanyakan blogger tidak menghasilkan uang, tetapi ada potensi untuk menghasilkan pendapatan dari blog Anda dengan kerja keras dan komitmen.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini