Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Analisis SWOT adalah Teknik Perencanaan Strategis dalam Organisasi, Ini Penjelasannya

Analisis SWOT adalah Teknik Perencanaan Strategis dalam Organisasi, Ini Penjelasannya Analisis SWOT. frontiermarketingllc.com

Merdeka.com - Jika Anda ingin menilai bagaimana posisi organisasi Anda saat ini, sekaligus ingin memutuskan strategi baru, ada baiknya Anda menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) terlebih dulu.

Dengan SWOT, Anda akan mencari tahu apa yang dapat bekerja dengan baik, dan apa yang tidak begitu baik untuk organisasi Anda. Tanyakan pada diri sendiri ke mana ingin pergi, bagaimana cara agar bisa sampai, dan apa yang mungkin akan menghalangi. Itulah kenapa Anda membutuhkan analisis SWOT, teknik perencanaan yang sederhana namun berdampak besar.

Analisis SWOT adalah kerangka kerja yang digunakan untuk mengevaluasi posisi kompetitif perusahaan atau organisasi, dan untuk mengembangkan perencanaan strategis. Analisis SWOT adalah cara untuk menilai faktor internal dan eksternal, serta potensi saat ini dan masa depan.

Analisis SWOT adalah cara yang sangat berguna untuk membantu perkembangan perusahaan atau organisasi. Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang apa itu analisis SWOT dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa itu Analisis SWOT?

SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats, sehingga Analisis SWOT adalah teknik yang berguna untuk menilai keempat aspek penting dalam bisnis.

Dilansir dari investopedia.com, analisis SWOT adalah metode yang dirancang untuk memfasilitasi pandangan yang realistis, berdasarkan fakta, data pada kekuatan dan kelemahan organisasi, inisiatif, atau dalam industrinya.

Organisasi perlu menjaga agar analisis tetap akurat dengan menghindari keyakinan yang terbentuk sebelumnya atau area abu-abu dan sebagai gantinya berfokus pada konteks yang nyata. Perusahaan harus menggunakan SWOT sebagai panduan.

Anda dapat menggunakan Analisis SWOT untuk memaksimalkan apa yang dimiliki, untuk mendapatkan keuntungan terbaik organisasi. Cara ini juga dapat mengurangi kemungkinan kegagalan dengan memahami kekurangan, dan menghilangkan bahaya yang akan membuat Anda tidak sadar.

Lebih baik lagi, Anda dapat menyusun strategi yang membedakan Anda dari para pesaing, sehingga dapat unggul di pasar.

Gambaran Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah teknik untuk menilai kinerja, persaingan, risiko, dan potensi bisnis, serta bagian dari bisnis seperti lini produk atau divisi, industri, atau entitas lain.

ilustrasi menulis

©Shutterstock/YURALAITS ALBERT

Dengan menggunakan data internal dan eksternal, teknik ini dapat memandu bisnis menuju strategi yang memiliki peluang untuk berhasil, dan menghindari strategi yang pernah, atau mungkin, kurang berhasil. Analis SWOT independen, investor, atau pesaing juga dapat memandu mereka tentang apakah suatu perusahaan, lini produk, atau industri terlihat kuat atau lemah beserta alasannya.

Analis menyajikan analisis SWOT dalam bentuk persegi yang tersegmentasi menjadi empat bagian, dan masing-masing bagian diisi dengan elemen SWOT, yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Pengaturan visual ini memberikan gambaran singkat tentang posisi perusahaan. Meskipun semua poin yang ditulis di bawah judul tertentu tidak sama pentingnya, mereka semua mewakili keseimbangan kunci dari peluang dan ancaman, keuntungan dan kerugian, dan sebagainya.

Kekuatan (Strengths)

Kekuatan menggambarkan keunggulan organisasi dan apa yang membedakannya dari competitor, misalnya merek yang kuat, basis pelanggan yang loyal, neraca yang kuat, teknologi yang unik, dan sebagainya.

Kelemahan (Weaknesses)

Kelemahan biasanya berisi poin yang dapat menghentikan organisasi untuk mencapai tingkat kinerja optimalnya. Bagian ini adalah area di mana bisnis perlu ditingkatkan agar perusahaan tetap kompetitif, contohnya seperti merek yang lemah, omset yang lebih tinggi dari rata-rata, tingkat utang yang tinggi, rantai pasokan yang tidak memadai, atau kekurangan modal.

Peluang (Opportunities)

Peluang mengacu pada faktor eksternal yang menguntungkan, yang dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi organisasi. Misalnya, jika suatu negara memotong tarif, produsen mobil dapat mengekspor mobilnya ke pasar baru, meningkatkan penjualan dan pangsa pasar.

Ancaman (Threats)

Ancaman mengacu pada faktor-faktor yang berpotensi merugikan perusahaan atau organisasi. Misalnya, kekeringan merupakan ancaman bagi perusahaan penghasil gandum, karena dapat merusak atau mengurangi hasil panen. Ancaman umum lainnya termasuk hal-hal seperti kenaikan biaya bahan, meningkatnya persaingan, pasokan tenaga kerja yang ketat, dan seterusnya.

Cara Menggunakan Analisis SWOT

Internal

Apa yang terjadi di dalam perusahaan berfungsi sebagai sumber informasi yang bagus untuk kategori kekuatan dan kelemahan analisis SWOT. Contoh faktor internal termasuk sumber daya keuangan dan manusia, aset berwujud dan tidak berwujud (nama merek), dan efisiensi operasional.

Pertanyaan potensial untuk membuat daftar faktor internal dalam analisis SWOT adalah:

  • (Kekuatan) Bagian mana yang berkinerja dengan baik?
  • (Kekuatan) Apa aset terkuat kita?
  • (Kelemahan) Bagaimana penilaian negatif terhadap kita?
  • (Kelemahan) Apa lini produk yang berkinerja paling rendah?
  • Eksternal

    Apa yang terjadi di luar perusahaan sama pentingnya dengan keberhasilan faktor internal perusahaan. Pengaruh eksternal, seperti kebijakan moneter, perubahan pasar, dan akses ke pemasok, adalah kategori yang dapat ditarik untuk membuat daftar di bagian peluang dan kelemahan analisis SWOT.

    Pertanyaan potensial untuk membuat faktor eksternal dalam analisis SWOT adalah:

  • (Peluang) Tren apa yang sedang muncul di pasar?
  • (Peluang) Demografi apa yang belum kita targetkan?
  • (Ancaman) Berapa banyak pesaing yang ada, dan berapa pangsa pasar mereka?
  • (Ancaman) Apakah ada peraturan baru yang berpotensi membahayakan operasi atau produk kita?
  • (mdk/ank)
    Geser ke atas Berita Selanjutnya

    Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
    lihat isinya

    Buka FYP
    SWOT adalah Strenght, Weakness, Opportunity, Threats, Ini Penjelasan dan Tujuan Analisisnya
    SWOT adalah Strenght, Weakness, Opportunity, Threats, Ini Penjelasan dan Tujuan Analisisnya

    SWOT merupakan analisis penting untuk setiap perencanaan.

    Baca Selengkapnya
    Strategi Jitu Ini Bisa Bantu Kamu untuk Tetap Fokus Ketika Belajar, Penasaran?
    Strategi Jitu Ini Bisa Bantu Kamu untuk Tetap Fokus Ketika Belajar, Penasaran?

    Ada beberapa strategi jitu yang dapat membantu kamu untuk tetap fokus ketika belajar. Contek dulu, yuk.

    Baca Selengkapnya
    Strategi Pemerintah Pindahkan ASN ke IKN
    Strategi Pemerintah Pindahkan ASN ke IKN

    Anas mengatakan terdapat sejumlah persyaratan kompetensi ASN yang akan dipindahkan ke IKN.

    Baca Selengkapnya
    Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
    video untuk kamu.
    SWIPE UP
    Untuk melanjutkan membaca.
    Strategi BUMN Semen Jadikan Keberlanjutan Jadi Acuan Bisnis dan Operasional
    Strategi BUMN Semen Jadikan Keberlanjutan Jadi Acuan Bisnis dan Operasional

    Perusahaan terus menciptakan inovasi sosial guna mendorong terwujudnya kemajuan desa dengan membentuk masyarakat yang berdaya dan mandiri.

    Baca Selengkapnya
    Survei: 58 Persen Perusahaan Indonesia Manfaatkan Teknologi Manajemen Rantai Pasok, Apa Untungnya?
    Survei: 58 Persen Perusahaan Indonesia Manfaatkan Teknologi Manajemen Rantai Pasok, Apa Untungnya?

    Tren digitalisasi manajemen rantai pasok akan terus bertumbuh karena transformasi digital telah menjadi bagian dari perencanaan strategi jangka panjang.

    Baca Selengkapnya
    Strategi Holding BUMN Jasa Survei Hadapi Gejolak Ekonomi Dunia
    Strategi Holding BUMN Jasa Survei Hadapi Gejolak Ekonomi Dunia

    Sikap adaptif dalam menghadapi persaingan bisnis dengan berinovasi dan antusias dalam menggerakkan atau menghadapi perubahan.

    Baca Selengkapnya
    Membongkar Strategi Pabrik Anak Usaha SIG Bisa Capai Nihil Kecelakaan Kerja Sepanjang 2023
    Membongkar Strategi Pabrik Anak Usaha SIG Bisa Capai Nihil Kecelakaan Kerja Sepanjang 2023

    Selain prinsip keselamatan operasional pertambangan, Vita menyatakan bahwa terdapat 14 kriteria lainnya terkait aspek pertambangan.

    Baca Selengkapnya
    10 Contoh Kalimat Fakta dan Opini, Perhatikan Perbedaannya
    10 Contoh Kalimat Fakta dan Opini, Perhatikan Perbedaannya

    10 contoh kalimat fakta dan opini akan memperjelas perbedaan keduanya.

    Baca Selengkapnya
    Contoh Teks Tanggapan Lengkap Beserta Strukturnya yang Perlu Diketahui
    Contoh Teks Tanggapan Lengkap Beserta Strukturnya yang Perlu Diketahui

    Kumpulan contoh teks tanggapan dan penjelasan lengkapnya.

    Baca Selengkapnya