9 Manfaat Teh Chamomile untuk Tubuh, Tingkatkan Kesehatan Pencernaan hingga Kulit

Senin, 23 Mei 2022 20:15 Reporter : Andre Kurniawan
9 Manfaat Teh Chamomile untuk Tubuh, Tingkatkan Kesehatan Pencernaan hingga Kulit Ilustrasi teh chamomile. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Chamomile adalah ramuan yang berasal dari bunga seperti bunga aster dari keluarga tanaman Asteraceae. Teh herbal ini telah dikonsumsi selama berabad-abad sebagai obat alami untuk beberapa kondisi kesehatan.

Dalam membuat teh chamomile, bunga yang digunakan akan dikeringkan dan kemudian dimasukkan ke dalam air panas. Banyak orang menikmati teh chamomile sebagai alternatif bebas kafein untuk menggantikan teh hitam atau hijau, terlebih rasanya yang ringan dan juga manis.

Untuk manfaat kesehatannya, teh chamomile memiliki kandungan antioksidan yang dinilai dapat berperan untuk menurunkan risiko beberapa penyakit, salah satunya penyakit jantung dan kanker. Selain itu, chamomile juga memiliki sifat yang dapat membantu tidur seseorang dan juga pencernaan.

Berikut ini, kami akan menyampaikan apa saja manfaat teh chamomile untuk tubuh, yang kami rangkum dari beberapa sumber.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat teh chamomile yang pertama adalah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Dilansir dari Healthline, terdapat bukti terbatas yang menunjukkan chamomile kemungkinan efektif untuk meningkatkan pencernaan yang lebih baik dengan mengurangi risiko masalah pencernaan tertentu.

ilustrasi pencernaan
shutterstock.com

Studi pada tikus menemukan chamomile membantu dalam mencegah sakit maag, karena dapat mengurangi keasaman di lambung dan menghambat pertumbuhan bakteri yang berkontribusi terhadap perkembangan maag.

Meski perlu lebih banyak penelitian pada manusia, namun ada banyak klaim anekdot bahwa minum teh chamomile dapat menenangkan perut. Bahkan secara tradisional, teh ini digunakan untuk mengobati beberapa penyakit pencernaan.

Melindungi dari Kanker

Manfaat teh chamomile yang kedua adalah untuk melindungi diri dari kanker. Antioksidan yang ditemukan dalam teh chamomile telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari jenis kanker tertentu.

Chamomile mengandung antioksidan apigenin, yang dalam penelitian tabung reaksi, senyawa ini telah terbukti mampu melawan sel kanker, terutama pada payudara, saluran pencernaan, kulit, prostat, dan rahim.

Selain itu, satu penelitian terhadap 537 orang mengamati bahwa mereka yang minum teh chamomile 2-6 kali per minggu secara signifikan, lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker tiroid daripada mereka yang tidak minum teh chamomile.

Bantu Kontrol Gula Darah

Manfaat teh chamomile yang ketiga yaitu untuk bantu kontrol gula darah. Sifat anti-inflamasi di dalam teh ini dapat mencegah kerusakan sel-sel pankreas, yang terjadi ketika kadar gula darah meningkat secara kronis. Pankreas sendiri menghasilkan insulin, yang bertanggung jawab menghilangkan gula dari darah.

Dalam sebuah penelitian terhadap 64 penderita diabetes, mereka yang mengonsumsi teh chamomile setiap hari dengan makanan selama delapan minggu memiliki kadar gula darah yang jauh lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi air biasa.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa teh chamomile dapat menurunkan kadar gula darah dengan jumlah yang cukup besar, dan juga dinilai bermanfaat untuk mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

3 dari 4 halaman

Mencegah Osteoporosis

005 destriyana

©2015 Merdeka.com/shutterstock/Monika Wisniewska

Manfaat teh chamomile yang keempat yakni untuk mencegah osteoporosis. Osteoporosis adalah hilangnya kepadatan tulang secara progresif. Dikutip Medical News Today, hilangnya kepadatan ini meningkatkan risiko patah tulang dan postur yang bungkuk. Meski siapa pun dapat mengalami osteoporosis, kondisi ini paling sering terjadi pada wanita pascamenopause. Kecenderungan ini mungkin disebabkan oleh efek estrogen.

Sebuah studi tahun 2004 menemukan bahwa teh chamomile memiliki efek anti-estrogenik. Teh ini juga membantu meningkatkan kepadatan tulang, namun penulis penelitian mengingatkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan manfaat nyata ini.

Mengurangi Peradangan

Manfaat teh chamomile yang kelima untuk mengurangi peradangan. Peradangan adalah reaksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Teh chamomile mengandung senyawa kimia yang dapat mengurangi peradangan. Dan peradangan jangka panjang dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, seperti wasir, nyeri gastrointestinal, radang sendi, gangguan autoimun, dan bahkan depresi.

Tingkatkan Kualitas Tidur

Teh chamomile mengandung apigenin, antioksidan yang mengikat reseptor tertentu di otak yang dapat menyebabkan kantuk dan mengurangi insomnia, atau ketidakmampuan kronis untuk tidur.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 270 mg ekstrak chamomile dua kali sehari selama 28 hari memiliki 1/3 lebih sedikit waktu bangun di malam hari dan tertidur 15 menit lebih cepat daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Temuan ini menjanjikan, meski penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan sejauh mana efek teh chamomile pada tidur.

4 dari 4 halaman

Tingkatkan Kesehatan Jantung

ilustrasi jantung

cardiomyopathy.org

Teh chamomile kaya akan flavon, yang telah dipelajari karena potensinya dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Keduanya merupakan penanda penting dari risiko penyakit jantung.

Satu penelitian terhadap 64 pasien diabetes menemukan bahwa mereka yang minum teh chamomile dengan makanan mengalami kondisi yang membaik secara signifikan dalam kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL "jahat", dibandingkan dengan mereka yang minum air.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi peran teh chamomile dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Dukung Kesehatan Kulit

Teh chamomile juga dapat digunakan secara topikal untuk mengobati kondisi kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Sering digunakan saat mandi untuk mengobati kulit gatal dan bersisik, teh chamomile juga dapat dioleskan langsung ke kulit untuk manfaat kulit yang sehat.

Teh chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat meredakan iritasi kulit seperti eksim dan rosacea. Polifenol dan fitokimia alami dalam teh chamomile dapat mempercepat proses penyembuhan bekas luka dan meminimalkan kerutan dan jerawat. Polifenol juga bekerja untuk menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Bantu Redakan Stres

Manfaat teh chamomile terakhir adalah untuk bantu redakan stres. Salah satu umum untuk mengonsumsi teh adalah karena bahan-bahannya yang dapat membantu merelaksasi tubuh. Teh chamomile dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan karena sifatnya yang hangat dan menenangkan. Untuk hasil terbaik, minum satu sampai dua cangkir teh chamomile setiap hari atau ketika stres.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh Holistic Nursing Practice Journal, penulis Stephanie Ross merinci efek chamomile dalam menenangkan pikiran. Dia menyatakan bahwa teh chamomile meningkatkan serotonin dan melatonin dalam tubuh, dua hormon yang bekerja untuk mengurangi perasaan stres. Dengan meningkatkan hormon-hormon ini, Anda dapat lebih mudah rileks dan menghilangkan stres.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini