8 Makanan Betawi yang Wajib Dicoba, Enak dan Legendaris

Selasa, 10 November 2020 13:01 Reporter : Novi Fuji Astuti
8 Makanan Betawi yang Wajib Dicoba, Enak dan Legendaris Ilustrasi asinan sayur Betawi. ©Shutterstock

Merdeka.com - Betawi merupakan suku yang mendiami Kota Jakarta. Sejarah mencatat bahwa Suku Betawi merupakan hasil akulturasi dari beberapa suku di Indonesia bahkan beberapa bangsa di dunia.

Salah satu yang menarik dari Betawi bukan saja budayanya melainkan juga kulinernya yang memiliki ciri khas tersendiri. Di tengah maraknya makanan kekinian, ternyata makanan Betawi tidak pernah ditinggalkan oleh peminatnya.

Jika kamu sedang berkunjung ke Jakarta dan bosen dengan makanan modern, maka tak ada salahnya untuk mencoba makanan tradisional yang enak dan legendaris. Tak hanya memanjakan lidah, berburu kuliner Betawi juga dapat menambah wawasan kita perihal sejarah kuliner Indonesia.

Tidak perlu khawatir kesulitan mencari makanan Betawi, makanan ini dijual di seluruh penjuru negeri. Berikut ini informasi mengenai referensi 8 makanan Betawi yang wajib dicoba, enak dan legendaris telah dirangkum merdeka.com melalui brilio.

2 dari 9 halaman

1. Pecak Lele

pecak lele
cookpad.com

Makanan Betawi yang pertama adalah pecak lele. Olahan ikan lele memang akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia.

Namun olahan lele khas Betawi ini memiliki citarasa yang unik. Jika pada umumnya ikan lele hanya digoreng dan disajikan dengan sambal maka pecak lele ini disajikan dengan bumbu saus kacang dan air asam Jawa serta santan yang disiramkan di atas lele goreng.

3 dari 9 halaman

2. Soto Tangkar

soto tangkar
cookpad.com

Makanan Betawi berikutnya adalah soto tangkar. Bagi kamu pecinta soto harus mencoba jenis soto tangkar khas Betawi.

Sebab, soto ini berbeda dengan soto lainnya yang biasanya hanya menggunakan daging ayam atau daging sapi. Soto tangkar menggunakan iga sapi.

Rasa yang gurih dengan campuran rempah-rempah membuat soto ini banyak dicari. Namun kenyataannya kini soto ini cukup sulit untuk ditemui.

4 dari 9 halaman

3. Semur Jengkol

ilustrasi semur jengkol
©Shutterstock

Semur jengkol merupakan makanan khas Betawi yang hingga kini masih eksis di tengah masyarakat Jakarta. Meskipun jengkol memiliki ciri khas bau yang menyengat dan tidak semua orang suka. Namun berbeda dengan semur jengkol yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah-rempah yang khas menjadikan jengkol yang awalnya terasa pahit menjadi lezat dan mantap di lidah.

Semur jengkol ini bisa kamu jadikan sebagai lauk dengan nasi putih hangat. Saking terkenalnya, semur jengkol bisa kamu temui di berbagai rumah makan di seluruh Indonesia.

5 dari 9 halaman

4. Soto Betawi

cara membuat soto betawi
Instagram/ ©2020 Merdeka.com

Makanan ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan menu soto. Soto Betawi merupakan makanan khas Betawi yang terkenal lezat dan populer.

Soto ini biasanya menggunakan daging jeroan seperti hati, paru, babat, maupun organ sapi lainnya. Sedangkan kuah sotonya sendiri terbuat dari campuran susu dan santan yang tentu membuat rasanya jadi begitu khas dan lezat. Soto ini sangat cocok ditambahkan emping dan nasi yang masih hangat.

6 dari 9 halaman

5. Asinan Betawi

ilustrasi asinan sayur betawi
©Shutterstock

Selain soto Betawi, makanan Betawi berikutnya yang harus kamu coba adalah asinan Betawi. Selain enak, asinan Betawi juga sangat mudah ditemui banyak sekali penjual gerobak asinan di sepanjang jalan Jakarta.

Asinan Betawi sendiri adalah campuran berbagai sayuran yang diasinkan dan diawetkan seperti kubis, kecambah, tahu, sawi, selada ditambah dengan bumbu kacang yang sudah dicampur cuka dan cabai.

Terakhir ditaburi kacang goreng dan bisa disantap dengan kerupuk kuning berbentuk seperti mi yang melingkar, biasanya kerupuk ini diremuk dan ditaburkan di atas asinan. Meskipun namanya asinan, jangan sampai salah mengira karena makanan ini sama sekali tidak terasa asin melainkan segar dan cocok untuk dimakan ketika siang hari.

7 dari 9 halaman

6. Gado-Gado Betawi

ilustrasi gado gado
©Creative Commons/Takeaway

Gado-gado merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Betawi. Makanan ini bisa kamu temui tidak hanya di Jakarta, pasalnya saking lezatnya makanan ini sudah tersebar di berbagai kota lainnya di Indonesia.

Makanan yang berupa sayur-sayuran yang sudah direbus, kentang, lontong atau ketupat, dan telur rebus ditambah dengan bumbu kacang yang sudah dihaluskan. Lebih lezatnya lagi kamu bisa menaburi di atasnya dengan bawang goreng, emping goreng sebagai kerupuk.

8 dari 9 halaman

7. Ketoprak

001 tantri setyorini
© Wikimedia Commons/Midori

Makanan yang satu ini hampir mirip dengan pecel. Bahan dasar ketoprak adalah tahu, mentimun, kecambah, bihun. Kamu juga bisa menambahkannya dengan telur goreng dan ketupat sesuai selera.

Semua bahan tersebut dilengkapi oleh saos kacang yang sudah dihaluskan dan kecap manis. Jangan lupa kamu bisa menggunakan emping atau kerupuk sebagai tambahan kriuk-kriuknya.

9 dari 9 halaman

8. Nasi Uduk

7 cara membuat nasi uduk gurih sederhana dan praktis
©2020 Merdeka.com

Makanan Betawi selanjutnya adalah nasi uduk yang bukan hanya terkenal di Jakarta melainkan juga seluruh Indonesia. Nasi uduk memiliki rasa gurih.

Bahan dasarnya sama dengan nasi lainnya yakni beras yang dikukus dan diaron dengan tambahan santan dari kelapa parut. Bumbu lainnya seperti jahe, pala, kayu manis, merica, dan daun serai.

Nasi uduk lezat disajikan dengan tahu, tempe, telur, kering, ayam goreng, timun, abon, sambal, dan ditambah emping sebagai kerupuknya. Nasi uduk enak dimakan di pagi hari dan malam hari. Kamu bisa menemukan nasi ini dengan mudah ketika malam hari di lesehan-lesehan pecel lele pinggir jalan.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini