7 Wisata Alam Jakarta yang Memesona, Cocok Jadi Rekomendasi Liburan

Rabu, 6 Juli 2022 16:30 Reporter : Andre Kurniawan
7 Wisata Alam Jakarta yang Memesona, Cocok Jadi Rekomendasi Liburan Taman Menteng. ©2020 Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Wisata alam Jakarta bisa jadi tempat untuk liburan. Ya, menikmati pemandangan indah sambil menjelajahi alam yang terbuka bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mengisi waktu libur. Menikmati asrinya pepohonan atau berkunjung ke wisata air juga dapat membantu menenangkan pikiran setelah hari-hari yang sibuk.

Bagi Anda orang Jakarta, atau yang ingin berkunjung ke kota ini, Anda juga bisa menikmati wisata alam Jakarta, ibu kota Indonesia. Meski kota metropolitan ini terkenal dengan kesibukan dan kemacetannya, Jakarta juga menyimpan wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Dilansir dari gotravelly.com, berikut kami sampaikan beberapa tempat wisata alam Jakarta yang cocok jadi rekomendasi untuk mengisi waktu libur.

2 dari 4 halaman

Kepulauan Seribu

wisata kepulauan seribu

steemkr.com

Wisata alam Jakarta yang pertama adalah Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Di tempat wisata ini, Anda akan disuguhkan panorama indah dari susunan pulau-pulau dan birunya laut. Tempat ini adalah tujuan terbaik untuk menikmati wisata alam Jakarta.

Ada beberapa pulau tak berpenghuni yang menyajikan pemandangan indah, seperti Pulau Bidadari, Pulau Putri, Putri Tidung, dan Pulau Pramuka. Selain pulau, daya tarik lain dari tempat wisata ini adalah panorama bawah lautnya yang luar biasa cantik. Tak heran jika banyak orang menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan diving terbaik.

Taman Suropati

suasana sepi taman menteng

©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani

Wisata alam Jakarta yang kedua yaitu Taman Suropati. Taman Suropati ini berada di Kawasan elite Menteng dan menawarkan suasana asri yang menyejukkan. Pepohonan yang berbaris rapi di taman ini menciptakan pemandangan indah dan juga udara yang segar. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari kesibukan.

Taman ini sering dijadikan sebagai tempat bersantai, berfoto, dan berburu kuliner di sepanjang jalan oleh masyarakat. Beberapa spot foto tersedia di tempat wisata alam Jakarta ini, termasuk patung para anggota PBB. Di malam hari, tempat ini juga menyajikan musik dari seniman yang datang untuk menghibur.

3 dari 4 halaman

Hutan Kota Srengseng

Wisata alam Jakarta yang ketiga yakni Hutan Kota Srengseng. Jakarta sering digambarkan sebagai kota yang memiliki banyak gedung-gedung megah dan kemacetan jalannya. Tapi di sisi lain, Jakarta juga menyimpan area hijau berupa hutan di bagian Jakarta Barat.

Di tempat ini, ada sekitar 4.000 pohon dengan berbagai macam varietas. Fasilitasnya pun juga cukup lengkap. Ada arena bermain anak, pujasera, jogging track, area memancing, hingga fasilitas umum seperti toilet umum, mushola, dan tempat parkir.

Taman Menteng

taman menteng
©2020 Liputan6.com/Immanuel Antonius

Wisata alam Jakarta yang keempat adalah Taman Menteng. Jika Anda ingin mengajak keluarga untuk menikmati alam di Jakarta, Taman Menteng bisa menjadi tujuan yang bagus. Di taman ini, Anda akan disuguhkan dengan pepohonan yang menyejukkan dan arena permainan yang akan memanjakan anak Anda. Belum lagi adanya jogging track dan air mancur di tempat ini.

Selain sebagai tempat rekreasi, taman ini juga dapat digunakan sebagai arena olahraga. Di bagian utara taman ada dua buah lapangan futsal dan satu lapangan basket. Hampir setiap sore tempat ini selalu ramai dengan pertandingan di arena olahraga ini. Ada juga area untuk skareboarding, sepeda BMX, hingga parkour.

4 dari 4 halaman

Taman Cattleya

Wisata alam Jakarta yang kelima yaitu Taman Cattleya. Taman yang berada di daerah Slipi, yang merupakan kawasan padat penduduk. Tepatnya tak jauh dari Mall Taman Anggrek Jakarta Barat. Sama seperti taman yang ada di Jakarta, taman ini juga menawarkan suasana santai dan kesejukan sekaligus pemadangan asri dengan adanya pepohonan yang rindang.

Tak hanya itu, taman ini juga dilengkapi dengan arena olahraga dan danau yang terletak di tengahnya. Jadi, jika Anda merasa jenuh dengan kesibukan harian, Anda bisa coba menenangkan diri dengan mengunjungi taman ini.

Allianz Ecopark

Wisata alam Jakarta yang berikutnya yakni Allianz Ecopark. Taman ini berada di wilayah Ancol, dan terbentang seluas sekitar 34 hektar. Tempat ini memang ditujukan sebagai tempat terbuka hijau dan ramah lingkungan bagi para pengunjung oleh pengelola Ancol.

Ada beberapa zona yang bisa Anda kunjungi untuk mencoba berbagai kegiatan seru, seperti bermain sepeda, jogging, kano, outbound, belajar rumah energi atau rumah lebah, berwisata kuliner, hingga belajar memanah.

Setu Babakan

suasana setu babakan dibuka untuk umum
©2021 Merdeka.com/Arie Basuki

Wisata alam Jakarta yang terakhir yaitu Setu Babakan. Setu Babakan merupakan wisata air berupa danau indah yang berada di Jagakarsa, Jakarta Selatan, atau tepatnya di kampung Betawi. Berkunjung ke tempat ini, Anda tak hanya disambut dengan keindahan danau yang khas, tapi juga bisa berkeliling menyusuri dengan perahu angsa.

Anda juga bisa mengenal budaya asli Betawi atau pun mencicipi kuliner khas Betawi. Jadi, di tempat wisata alam Jakarta ini, Anda bisa berwisata alam sambil belajar budaya setempat yang unik dan menarik.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini