7 Manfaat Jus Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan, Penting Diketahui

Selasa, 19 Oktober 2021 15:17 Reporter : Novi Fuji Astuti
7 Manfaat Jus Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan, Penting Diketahui Ilustrasi kulit manggis. ©2017 pinterest.com

Merdeka.com - Peningkatan pemakaian tanaman obat sejalan dengan berkembangnya industri jamu dan obat tradisional, farmasi, kosmetik, makanan dan minuman. Selain mudah dan murah, tanaman obat memiliki efek samping yang jauh lebih rendah jika dibandingkan obat-obatan kimia, hal ini tak lain karena kandungan alami yang dimilikinya.

Salah satu tanaman obat yang saat ini sedang banyak dikembangkan adalah manggis. Manggis memiliki banyak khasiat, berbagai penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis yang mengandung senyawa xanthone memiliki aktivitas antialergi, antiinflamasi, antioksidan, antikanker, antimikroorganisme, antiaterosklerosis, dan bahkan anti-HIV.

Rajin mengonsumsi kulit manggis salah satunya dengan cara di jadikan jus bisa membawa dampak baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Berikut 7 manfaat jus kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Selasa, (19/10/2021).

2 dari 3 halaman

Manfaat Jus Kulit Manggis untuk Kesehatan

1. Mengontrol Gula Darah
Manfaat jus kulit manggis yang pertama dapat mengontrol gula darah. Hal ini tak lain karena kulit manggis memiliki kalori yang sangat sedikit sehingga sangat aman bagi penderita diabetes. Kulit manggis juga mengandung serat yang membantu menjaga gula darah dalam tingkat normal, dengan mengikat gula berlebihan di usus dan mencegahnya diserap ke dalam darah.

Namun, perlu diingat bahwa cara terbaik untuk mengendalikan diabetes adalah menjaga hidup sehat, seperti makan makanan sehat dan aktivitas fisik teratur.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat jus kulit manggis berikutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya kulit manggis terkenal mengandung vitamin C yang memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C mengaktifkan sistem kekebalan tubuh kapan saja tubuh bertemu dengan agen infeksi, sehingga seseorang tidak akan mudah sakit.

Kulit manggis juga baik untuk dikonsumsi oleh orang sakit. Hal ini karena salah satu manfaat kulit manggis untuk kesehatan adalah mempercepat proses penyembuhan. Kulit manggis juga memiliki sifat anti-mikroba yang sangat efektif terhadap Staphylococcus aureus. Ini membuat kulit manggis bagus untuk dikonsumsi oleh orang-orang dengan kekebalan rendah, seperti pasien tuberkulosis dan HIV/AIDS.

3. Membuang Racun dalam Tubuh
Manfaat jus kulit manggis selanjutnya dapat membuang racun dalam tubuh. Antioksidan dalam kulit manggis dapat mengikat dengan racun dan senyawa kimia yang masuk ke dalam tubuh dari polusi udara, rokok, makanan yang terkontaminasi dan radiasi. Zat berbahaya ini nantinya akan dihilangkan dari tubuh dengan air seni.

Jika zat-zat itu masuk ke usus, antioksidan di kulit manggis akan melindungi lapisan lendir usus sehingga lapisan lendir tidak akan bersentuhan langsung dengan racun. Proses ini juga bisa mencegah pembentukan kanker usus besar.

4. Menyehatkan Tulang dan Mata
Manfaat jus kulit manggis juga dapat menjaga kepadatan tulang, karena kandungan kalsiumnya. Kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Jika jus kulit manggis dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja, itu dapat mendukung pertumbuhan tulang yang optimal, membuat anak-anak tumbuh lebih tinggi dengan tulang yang kuat.

Selain itu, kulit manggis juga mengandung vitamin A, yang sangat baik untuk kesehatan penglihatan. Vitamin A dapat melindungi retina dan mempertajam penglihatan, dan mencegah xerophtalmia atau kurangnya penglihatan dalam cahaya redup atau gelap.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jus Kulit Manggis untuk Kecantikan

5. Mencerahkan Kulit
Manfaat jus kulit manggis juga baik untuk menjaga kecantikan kulit kamu, salah satunya dapat mencerahkan kulit. Pasalnya kulit manggis mengandung Vitamin C yang terkenal dapat mencerahkan kulit kusam dan berminyak. Vitamin C juga mempromosikan pembentukan kolagen, yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

6. Mencegah Penuaan Dini
Manfaat jus kulit manggis untuk kecantikan berikutnya dapat mencegah penuaan dini. Antioksidan tinggi pada kulit manggis sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Antioksidan menghilangkan sel-sel mati dan mendorong proses regenerasi sel-sel baru.

7. Mengatasi Jerawat
Jus kulit manggis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi jerawat dan jerawat yang meradang, dan mencegah pembentukan jerawat baru. Kulit manggis memiliki agen anti-mikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini