7 Khasiat Daun Kenikir bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imunitas dan Kuatkan Tulang

Selasa, 23 Februari 2021 18:13 Reporter : Andre Kurniawan
7 Khasiat Daun Kenikir bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imunitas dan Kuatkan Tulang Daun kenikir. ©Wikimedia Commons

Merdeka.com - Bagi masyarakat Indonesia, daun kenikir bukanlah hal yang asing. Daun ini sering diolah sebagai lalapan, campuran untuk menu pecel, atau bisa juga ditumis. Namun, selain digunakan untuk menemani makan kita, daun kenikir juga dikenal sebagai tanaman obat karena khasiatnya yang baik bagi kesehatan.

Khasiat daun kenikir untuk kesehatan ini tidak lepas dari segudang kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Daun yang memiliki nama latin Cosmos caudatus ini memiliki kandungan berupa karbohidrat, protein, hingga zat besi, yang pastinya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jadi jangan heran apabila tanaman yang berasal dari Amerika Latin ini cukup digemari oleh sebagian masyarakat.

Daun kenikir sendiri merupakan tumbuhan tropis. Tumbuhan kenikir juga kerap dijadikan sebagai penghias pagar karena adanya bunga-bunga yang indah. Daun kenikir mudah ditanam di kawasan dataran rendah hingga pegunungan sampai ketinggian 1.200 mdpl.

Daun kenikir memang memiliki khasiat yang baik untuk menunjang kesehatan. Tapi, perlu diingat juga untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena daun ini juga dapat menimbulkan efek samping yang bisa merugikan tubuh.

Dikutip dari liputan6.com, berikut adalah beberapa khasiat daun kenikir untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Baca Selanjutnya: Kaya Antioksidan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini