7 Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami, Jauhi Gangguan Otak Sejak Dini

Sabtu, 30 Mei 2020 07:00 Reporter : Andre Kurniawan
7 Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami, Jauhi Gangguan Otak Sejak Dini Ilustrasi demensia. ©2015 Merdeka.com/ www.iran-daily.com

Merdeka.com - Setiap orang pasti pernah mengalami saat-saat dirinya lupa akan suatu hal. Kondisi tersebut dinilai wajar karena memang setiap orang pasti memiliki banyak pikiran lain sehingga tidak bisa mengingat semua hal yang ada di sekitarnya.

Meskipun hal tersebut dianggap normal, namun jika kondisi lupa ini berlangsung secara terus menerus tentu akan berpengaruh pada kehidupan orang tersebut. Melemahnya ingatan seseorang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Faktor usia, genetika, dan gaya hidup yang tidak sehat bisa menjadi pemicu menurunnya daya ingat seseorang.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memulai dari gaya hidup yang Anda jalani. Ubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, memiliki kegiatan yang mendukung kesehatan tubuh, dan berolahraga.

Berikut ini, dilansir dari Healthline, beberapa cara meningkatkan daya ingat secara alami yang bisa Anda coba di rumah.

1 dari 7 halaman

Mengurangi Konsumsi Gula

018 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Cara meningkatkan daya ingat yang pertama adalah dengan mengonsumsi sedikit gula. Makan terlalu banyak gula sudah sering dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan dan penyakit kronis, termasuk juga penurunan kognitif.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 4.000 orang menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan minuman manis seperti soda, memiliki total volume otak yang lebih rendah dan ingatan yang rata-rata lebih buruk dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi lebih sedikit gula.

Mengurangi asupan gula tidak hanya membantu daya ingat Anda tetapi juga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

2 dari 7 halaman

Suplemen Minyak Ikan

ilustrasi suplemen minyak ikan

Shutterstock/R_Szatkowski

Cara meningkatkan daya ingat yang kedua yaitu dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan. Minyak ikan sendiri dikenal kaya akan asam lemak omega-3, asam eikosapentaenoat (EPA), dan asam docosahexaenoic (DHA).

Lemak ini penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan dan telah terbukti menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, menghilangkan stres dan kecemasan, dan memperlambat penurunan mental.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen ikan dan minyak ikan dapat meningkatkan daya ingat, terutama pada orang tua.

Baik DHA dan EPA, sangat penting untuk kesehatan dan fungsi otak, serta membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang telah dikaitkan dengan penurunan kognitif.

3 dari 7 halaman

Meditasi

tiap pagi

©shutterstock

Cara meningkatkan daya ingat yang ketiga adalah dengan meditasi. Latihan meditasi secara positif dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Latihan ini akan membuat Anda menjadi tenang, mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan bahkan dapat meningkatkan daya ingat.

Teknik meditasi dan relaksasi telah terbukti meningkatkan daya ingat jangka pendek pada orang-orang dari segala usia, mulai dari usia 20-an hingga manula.

Satu studi menunjukkan bahwa mahasiswa Taiwan yang terlibat dalam praktik meditasi seperti mindfulness memiliki memori kerja spasial yang jauh lebih baik daripada siswa yang tidak berlatih meditasi.

4 dari 7 halaman

Tidur yang Cukup

mangap

©www.wisegeek.org

Cara meningkatkan daya ingat yang keempat adalah dengan tidur yang cukup. Tubuh yang kurang tidur dihubungkan dengan ingatan yang buruk untuk beberapa waktu. Tidur memainkan peran penting dalam konsolidasi memori, yaitu suatu proses di mana ingatan jangka pendek diperkuat dan diubah menjadi ingatan yang tahan lama.

Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda kurang tidur, bisa memberikan dampak negatif pada memori Anda. Sebagai contoh, dalam satu studi yang melihat efek tidur pada 40 anak antara usia 10 dan 14 tahun.

Satu kelompok anak dilatih dengan tes memori pada malam hari, kemudian diuji keesokan paginya setelah tidur malam. Kelompok lain dilatih dan diuji pada hari yang sama, tanpa tidur antara jeda pelatihan dan pengujian.

Dan hasilnya, kelompok yang tidur antara pelatihan dan pengujian memiliki hasil 20% lebih baik pada tes memori.

5 dari 7 halaman

Melatih Otak

Cara meningkatkan daya ingat yang kelima yaitu dengan melatih otak. Melatih keterampilan kognitif Anda dengan memainkan permainan otak adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan daya ingat Anda.

Teka-teki silang, permainan kata, tetris dan bahkan aplikasi seluler yang dibuat untuk pelatihan memori adalah cara terbaik untuk memperkuat ingatan Anda.

Dalam satu studi terhadap 4.715 orang menunjukkan bahwa ketika mereka melakukan program pelatihan otak online selama 15 menit dalam setidaknya lima hari seminggu, memori jangka pendek, memori kerja, konsentrasi, dan penyelesaian masalah mereka meningkat secara signifikan.

Permainan pelatihan otak juga telah terbukti membantu mengurangi risiko demensia pada orang dewasa yang lebih tua.


6 dari 7 halaman

Asupan Vitamin D

Cara meningkatkan daya ingat yang selanjutnya adalah dengan mendapatkan asupan vitamin D. Vitamin D adalah nutrisi penting yang memainkan banyak peran vital dalam tubuh. Kadar vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penurunan fungsi kognitif.

Sebuah studi yang diikuti 318 orang dewasa yang lebih tua selama lima tahun menemukan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin D yang kurang dari 20 nanogram per ml, akan kehilangan ingatan dan kemampuan kognitif lainnya lebih cepat daripada mereka yang memiliki kadar vitamin D normal.

7 dari 7 halaman

Berolahraga

lari

©VideoBlocks

Cara meningkatkan daya ingat yang berikutnya yaitu dengan olahraga. Olahraga penting untuk kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan. Penelitian juga telah membuktikan bahwa aktivitas ini bermanfaat bagi otak dan dapat membantu meningkatkan daya ingat pada orang dari segala usia, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sebagai contoh, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 144 orang yang berusia 19 hingga 93 tahun, menunjukkan bahwa satu kali latihan dengan porsi sedang selama 15 menit dengan menggunakan sepeda statis menghasilkan peningkatan kinerja kognitif, termasuk daya ingat, di semua usia.

Olahraga teratur di usia paruh baya juga dikaitkan dengan penurunan risiko terkena demensia di kemudian hari. [ank]

Baca juga:
Cara Melatih Otak Kanan untuk Mempertajam Ingatan Secara Optimal
Konsumsi Makanan Tinggi Lemak Bisa Buat Seseorang Jadi 'Lemot'

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini