5 Bacaan Sholawat yang Perlu Diamalkan, Berikut Dalilnya

Rabu, 20 Januari 2021 14:20 Reporter : Novi Fuji Astuti
5 Bacaan Sholawat yang Perlu Diamalkan, Berikut Dalilnya ilustrasi ulama. ©istimewa

Merdeka.com - Sholawat menurut ahli bahasa adalah doa, sedangkan menurut istilah adalah sholawat Allah kepada Rasulullah, berupa rahmat dan kemuliaan (rahmat ta'dhim). Sholawat dari malaikat kepada Nabi. Berupa permohonan rahmat dan kemuliaan kepada Allah.

Untuk Nabi Muhammad, sementara sholawat dari selain Nabi berupa permohonan rahmat dan ampunan. Sholawat orang-orang beriman (manusia dan jin) adalah permohonan rahmat dan kemuliaan kepada Allah untuk Nabi, seperti Allahumma salli'ala sayyidina Muhammad.

Dengan begitu sholawat berarti pujian atau kemuliaan kepada Nabi Muhammad SAW, yang seperti halnya doa atau dzikir kepada Allah SWT. Sholawat, jika datangnya dari Allah kepada-Nya, bermakna rahmat dan keridhaan. Jika dari para malaikat, berarti permohonan ampun. Dan bila dari umatnya, bermakna sanjungan dan pengharapan, agar rahmat dan keridhaan Tuhan dikekalkan.

Bacaan sholawat tentunya harus dijadikans ebagai amalan harian. Dengan mengucapkan sholawat setiap harinya sesering mungkin, maka seseorang akan mendapatkan berbagai manfaat dan keutamaan bagi hidupnya di dunia maupun di akhirat kelak. Ada banyak macam-macam bacaan sholawat. Berikut ini iformasi lengkap mengenai 5 bacaan sholawat yang perlu diamalkan, lengkap dengan dalilnya telah dirangkum melalui Liputan6.com:

Baca Selanjutnya: 1 Shalawat Nariyah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini