Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

40 Kata-kata Pasrah kepada Allah, Perkuat Iman dengan Ikhlas dan Tawakal

40 Kata-kata Pasrah kepada Allah, Perkuat Iman dengan Ikhlas dan Tawakal ilustrasi sholat. islam-today.ru

Merdeka.com - Untuk mencapai sebuah kesuksesan, usaha dan doa merupakan dua hal yang wajib dilakukan seorang muslim. Namun, semua itu akan semakin lengkap dengan tawakal, atau berpasrah diri kepada Allah SWT.

Pasrah kepada Allah bukan berarti kita melepaskan semuanya tanpa adanya usaha badan untuk mencapainya. Sikap berserah diri kepada Allah juga harus disertai dengan usaha.

Ibnu Rojab mengatakan bahwa menjalankan tawakal bukan berarti seseorang harus meninggalkan sebab atau sunnatullah yang telah ditetapkan dan ditakdirkan. Karena Allah juga memerintahkan kita untuk melakukan usaha sekaligus juga untuk bertawakal. Oleh karena itu, usaha dengan anggota badan untuk meraih sebab termasuk ketaatan kepada Allah, sedangkan tawakal dengan hati merupakan keimanan kepada-Nya.

Bertawakal atau berpasrah diri kepada Allah harus disertai dengan hati yang ikhlas. Tanamkan dalam diri bahwa setiap rencana yang Allah takdirkan adalah yang terbaik untuk hidup kita. Oleh karena itu, sikap pasrah kepada Allah juga dapat memperkuat iman seseorang.

Untuk mendapatkan motivasi dalam bertawakal, kata-kata pasrah kepada Allah bisa menjadi pengingat yang baik untuk kita. Kata-kata pasrah kepada Allah juga dapat menjadi nasehat yang baik untuk selalu mengingatkan kita pada Allah SWT.

Bagi Anda yang sedang berusaha untuk mencapai sesuatu dan bertawakal, berikut adalah kata-kata pasrah kepada Allah yang kami kumpulkan dari brilio.net, yang bisa menjadi sumber motivasi agar selalu ingat untuk menyandarkan hati kepada Yang Maha Kuasa.

Kata-kata Pasrah kepada Allah

"Untuk sabar bukanlah hal yang mudah, tapi kita harus pasrah atas segala ketentuan, juga sebagai bentuk pembelajaran."

"Terkadang kita akan diuji atas perencanaan yang kita buat. diuji ikhlas, sabar dan kuatnya mental."

"Tawakal adalah merelakan sepenuhnya segala sesuatu yang kamu cintai, namun dengan keyakinan bahwa Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik."

"Jika kita dekat dengan Allah, jika kita memiliki ikatan kuat dengan Dia, jika kita yakin kepada-Nya, maka kita punya segalanya."

"Ketika Allah mendorongmu ke ujung, Percaya sepenuhnya kepadanya karena hanya dua hal yang bisa terjadi. Entah Dia akan menangkapmu atau Dia akan membuatmu belajar terbang."

"Tidak ada kata kata yang lebih indah selain kata ikhlas dan sabar."

"Serahkan semuanya kepada Allah agar kamu bisa melihat kuasa Allah dalam segala hal."

"Tawakal adalah memiliki keyakinan penuh bahwa Allah akan menjagamu, bahkan di saat segala sesuatu terlihat tidak mungkin."

"Bersabarlah, untuk apa yang dituliskan untukmu. Semuanya ditulis oleh penulis terhebat."

"Hati menjadi tidak tenang apabila kita meletakkan pengharapan terhadap sesuatu lebih daripada tawakal kepada Allah Yang Maha Memberi Segala."

Kata-kata Pasrah kepada Allah untuk Motivasi

ilustrasi berdoa

freepik.com

"Pasrah bukan berarti diam. Pasrah bukan berarti tidak berusaha. Pasrah itu merendahkan hati."

"Karena hati yang terlukai hanya akan terobati, oleh ikhlas hati dan berserah pada ilahi."

"Bersabarlah ketika suatu hal yang sangat kamu sayangi hilang, dan percayalah Allah sedang menyiapkan sesuatu hal lebih indah dari sebelumnya."

"Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah, karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

"Ketika kita memperbaiki hubungan kita dengan Allah, Dia memperbaiki segala sesuatu yang lain untuk kita."

"Pasrah itu seolah mendengar Tuhan berkata 'Istirahatlah, biar Aku yang selesaikan akhirnya'."

"Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatu tidak berjalan seperti yang kamu inginkan. Allah telah merencanakan sesuatu yang lebih baik untukmu."

"Tawakal itu adalah saat kita yakin bahwa hanya Allah tempat kita meminta pertolongan."

"Tidak ada akhir yang menyedihkan bagi mereka yang yakin kepada Allah."

"Tidak ada yang bisa membawakanmu kebahagiaan sejati selain Allah."

Kata-kata Pasrah kepada Allah berdasar Dalil

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." - (QS. Al-Baqarah: 286)

"Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." - (QS. Al Insyirah: 5)

"Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat kebaikan. - (Q.S Huud: 115)

"Dan barangsiapa yang berTawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya." – (Q.S At-Talaq: 3)

"Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." - (QS. Ali Imran: 139)

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS Al Baqarah: 216)

"Jika Allah menolongmu, maka tak ada orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkanmu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolongmu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal." (QS Ali Imran: 160)

"Sungguh, seandainya kalian bertawakal kepada Allah sebenar-benar tawakal, niscaya kalian akan diberi rizki (yang berkah)." - HR.Tirmidzi

"Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan." - HR. Tirmidzi

"Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." - HR. Ahmad

Kata-kata Pasrah kepada Allah dari Para Tokoh

ilustrasi sholat

qamarislamkhan.com

"Kesabaran itu ada dua macam, sabar atas segala sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." - Ali bin Abi Thalib

"Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib

"Tawakal yaitu percaya penuh bahwa rencana Allah adalah rencana yang terbaik." – Yasmin Mogahed

"Allah dapat menggantikan segala sesuatu akan tetapi segala sesuatu tidak dapat menggantikan Allah." - Habib Umar bin Hafidz

"Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi

"Sebuah musibah akan menjadi kenikmatan jika kita berhasil menyikapinya dengan sukur, sabar dan tawakal serta mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian." - Abdullah Gymnastiar

"Orang yang paling ikhlas adalah dia yang paling mencintai Allah dan paling percaya kepada-Nya." – Ibn Al-Qayyim

"Suatu saat kau akan dapati sesuatu yang kau pinta dari Allah sejak lama, mungkin sejak masa kecilmu yang bahkan kau sudah lupakan itu, tapi Allah tak akan melupakannya." - Habib Umar bin Hafidz

"Umur, jodoh, rezeki itu rahasia Tuhan. Yang bisa kita lakukan hanya berusaha semampu kita dan pasrah dengan Tuhan." - Acariba

"Hidup itu harus pasrah, agar hidup terasa ringan." - Cak Lontong

Keutamaan Pasrah kepada Allah

Dalam Islam, pasrah kepada Allah merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam menjalani kehidupan yang benar. Keutamaan pasrah kepada Allah dapat ditemukan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, memberikan manfaat dan kebahagiaan kepada individu yang menerapkan sikap ini.

1. Mendapatkan Ketenangan Pikiran

Pasrah kepada Allah membantu kita untuk mengatasi kecemasan, ketakutan, dan tekanan pikiran yang mungkin kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menyadari bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak-Nya, kita dapat melepaskan beban pikiran dan merasa tenang dalam menghadapi situasi sulit.

2. Meraih Kepuasan Batin

Pasrah kepada Allah membantu kita untuk meraih kepuasan batin yang dalam. Dalam pasrah kepada-Nya, kita meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah yang terbaik bagi kita, meskipun tidak selalu sesuai dengan yang kita inginkan. Dengan menerima dan menghargai kehendak-Nya, kita akan merasakan kedamaian dan kepuasan yang tak tergantikan.

3. Memperoleh Perlindungan Allah

Allah telah menjanjikan kepada mereka yang pasrah kepada-Nya perlindungan dan bimbingan-Nya. Saat kita menyerahkan hidup dan keputusan kepada Allah, Dia akan melindungi kita dari segala bentuk malapetaka dan bahaya. Hal ini dapat memberikan rasa aman dan kepercayaan penuh pada-Nya.

4. Memperoleh Keberkahan dan Kemudahan Hidup

Allah berjanji memberikan keberkahan pada mereka yang pasrah kepada-Nya. Dengan meyakini bahwa Allah adalah pemilik segala kekayaan dan rezeki, kita tidak perlu merasa cemas tentang kebutuhan materi dan kehidupan sehari-hari. Allah akan memberikan kemudahan dalam segala hal yang kita hadapi, sekalipun dalam situasi yang sulit sekalipun.

5. Meningkatkan Kualitas Iman dan Ketakwaan

Pasrah kepada Allah merupakan bentuk kepatuhan dan ketaatan kepada-Nya. Dengan berpegang pada perintah-perintah-Nya, kita dapat mengasah iman dan meningkatkan ketakwaan kita kepada-Nya. Itu juga membantu kita untuk tumbuh dalam kesadaran bahwa hidup ini sementara dan bahwa akhirat adalah tujuan sejati kita.

(mdk/ank)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Menjawab Jazakallah Khairan Katsiran yang Benar Beserta Artinya
Cara Menjawab Jazakallah Khairan Katsiran yang Benar Beserta Artinya

Mengucapkan terima kasih lewat jazakallah khairan katsiran merupakan anjuran dari Rasulullah SAW. Namun apa pengertian dan caranya?

Baca Selengkapnya
60 Kata-kata Motivasi yang Ada di Alquran Sesuai Firman Allah SWT, Bisa jadi Penyemangat Hidup
60 Kata-kata Motivasi yang Ada di Alquran Sesuai Firman Allah SWT, Bisa jadi Penyemangat Hidup

Kata-kata motivasi yang ada di Alquran dapat menjadi pedoman hidup bagi umat Islam.

Baca Selengkapnya
Doa Akhir Tahun 2023 dalam Islam, Lengkap beserta Arti dan Keutamaannya
Doa Akhir Tahun 2023 dalam Islam, Lengkap beserta Arti dan Keutamaannya

Doa akhir tahun 2023 dalam Islam ini berisi tentang harapan di masa mendatang agar lebih baik dan penuh berkah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Allahummarhamna Bil Quran dan Artinya, Menyentuh Hati
Doa Allahummarhamna Bil Quran dan Artinya, Menyentuh Hati

Doa khatam Al Quran memiliki makna bijak yang mendalam.

Baca Selengkapnya
Cara Mengamalkan Qulillahumma Malikal Mulki dan Keutamaannya
Cara Mengamalkan Qulillahumma Malikal Mulki dan Keutamaannya

Doa ini kerap dibaca sebagai sarana membebaskan diri dari kesulitan hidup.

Baca Selengkapnya
Doa Sholat Istikharah, Lengkap dengan Niat dan Keistimewaannya
Doa Sholat Istikharah, Lengkap dengan Niat dan Keistimewaannya

Sholat istikharah begitu penting untuk kaum muslim, sebab diharapkan akan menghindarkan manusia dari perbuatan syirik dengan cara meminta petunjuk pada Allah.

Baca Selengkapnya
Doa Meluluhkan Hati Seseorang dengan Menyebut Namanya, Lengkap dengan Arti
Doa Meluluhkan Hati Seseorang dengan Menyebut Namanya, Lengkap dengan Arti

Doa untuk meluluhkan hati seseorang adalah bacaan permohonan pada Allah SWT yang diperlukan muslim saat memiliki permasalahan dengan orang lain.

Baca Selengkapnya
Doa Penyejuk Hati dan Pikiran, Buat Segala Urusan Menjadi Mudah karena Allah SWT
Doa Penyejuk Hati dan Pikiran, Buat Segala Urusan Menjadi Mudah karena Allah SWT

Doa penyejuk hati dipercaya membuat kita lebih tenang dalam menjalani hidup dengan seluruh kegiatan yang ada.

Baca Selengkapnya
Baca Doa Sahur, Dalil, dan Hikmah di Dalamnya
Baca Doa Sahur, Dalil, dan Hikmah di Dalamnya

Sama seperti ibadah lainnya, baca doa sahur, atau niat puasa ini juga penting dilakukan sebelum kita hendak berpuasa.

Baca Selengkapnya