12 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal dan Bercita Rasa Otentik

Jumat, 28 Agustus 2020 17:15 Reporter : Novi Fuji Astuti
12 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal dan Bercita Rasa Otentik 10 Makanan Khas Bali yang Wajib Kamu Coba. bukalapak.com

Merdeka.com - Kekayaan rempah-rempah yang dimiliki Indonesia secara tidak langsung membuat Indonesia juga terkenal sebagai negara yang kaya akan kuliner dengan ragam cita rasa. Bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya tersendiri. Bukan hanya enak setiap makanan khas Indonesia juga memiliki filosofinya tersendiri, semacam mewakili masyarakat yang membuatnya.

Makanan khas masyarakat Jawa yang cenderung manis akan sangat berbeda dengan makanan khas masyarakat Sumatera yang lebih pedas. Sangat mudah menemukan makanan dari setiap daerah di Indonesia meskipun kamu tak berkunjung ke daerah asalnya sekalipun. Saking populernya beberapa makanan khas Indonesia juga terkenal hingga manca negara.

Barang kali beberapa di antaranya sudah kamu coba atau bahkan menjadi makanan favoritmu juga. Ingin tau makanan khas Indonesia yang terkenal dan bercita rasa otentik berikut ini:

2 dari 5 halaman

Makanan Khas Indonesia di Pulau Jawa dan Bali

ilustrasi gudeg

©iStock


1. Serabi
Makanan khas Indonesia bagian Pulau Jawa dan Bali yang pertama adalah serabi yang merupakan makanan khas Jawa Barat yang memiliki rasa manis. Terbuat dari tepung beras yang di panggang. Kini serabi juga sudah dilengkapi dengan berbagai topping yang lezat menggoda.

2. Gudeg
Makanan khas Indonesia bagian Pulau Jawa Bali berikutnya adalah gudeg. Makanan ini berasal dari Yogyakarta. Gudeg merupakan sayur dari nangka muda yang dimasak dengan santan dengan proses yang lama. Gudeg biasa disajikan dengan nasi panas, kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur dan juga sambal krecek yang nikmat tiada dua.

3. Ayam Betutu
Ayam Betutu merupakan makanan khas Indonesia dari Bali. Betutu merupakan lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam.

3 dari 5 halaman

Makanan Khas Indonesia Bagian Barat

atikoh memasak rendang©jatengprov.go.id


4. Bika Ambon
Makanan khas Indonesia bagian barat yang pertama adalah bika ambon. Walaupun namanya Bika Ambon, namun makanan ini bukan berasal dari Ambon. Kue ini berasal dari Sumatera Utara dan biasanya banyak dijual di Kota Medan sebagai oleh-oleh. Kue berwarna kuning ini memiliki tekstur yang lembut dan manis.

5. Rendang
Makanan khas Indonesia bagian barat berikutnya adalah Rendang yang tepatnya berasal dari Sumatera Barat ini pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia.

Makanan dari daging sapi yang dimasak dengan santan kelapa serta bumbu rempah selama berjam-jam ini memang begitu terkenal. Rasanya yang gurih dan juga nikmat, sukses membuat makanan khas daerah Sumatera Barat ini begitu disukai banyak orang.

6. Gulai Belacan
Ada pula gulai belacan merupakan makanan khas Indonesia dari Riau. Belacan merupakan nama lain dari terasi yang begitu dikenal oleh orang Sumatera. Makanan khas daerah Riau ini dibuat dari bahan dasar berupa kuah yang telah dicampur dengan terasi. Selain itu terdapat pula daging, udang atau ikan.

4 dari 5 halaman

Makanan Khas Indonesia Bagian Kalimantan

ilustrasi soto ayam©Wikimedia Commons/Takeaway


7. Soto Banjar
Makanan khas Indonesia bagian Kalimantan yang pertama adalah soto banjar yang merupakan makanan khas daerah Kalimantan Selatan. Soto Banjar terbuat dari daging ayam yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah, biasanya ditambahkan perkedel dan kentang rebus.

8. Juhu Singkah
Makanan khas Indonesia bagian Kalimantan berikutnya adalah juhu singkah merupakan makanan khas masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah. Makanan ini memiliki bahan dasar umbut rotan yang dicampur dengan ikan betook.

9. Ayam Cincane
Sedangkan di Kalimantan Timur khususnya Samarinda, ada makanan yang sangat khas, yaitu Ayam Cincane. Ya, makanan ini berbahan dasar ayam yang diberi bumbu berwarna merah yang menggoda selera.

5 dari 5 halaman

Makanan Khas Indonesia Bagian Timur

cara membuat papedaCookpad ©2020 Merdeka.com


10. Kue Sagu
Makanan khas Indonesia bagian timur yang pertama adalah Kue sagu atau Bagea adalah makanan khas dari Papua Tengah. Terbuat dari tepung sagu, yang memiliki tekstur cukup keras saat digigit namun jika sudah di dalam mulut kue ini akan melunak.

11. Papeda

Berikutnya, papeda merupakan makanan khas Indonesia dari Papua yang terbuat dari sagu. Papeda harus dimasak selama beberapa menit sampai tekstur makanan berubah menjadi bubur. Bubur putih dengan tekstur lengket seperti itu terasa hambar. Sebagai pelengkap, makanan khas daerah Papua ini diberi ikan kuah pedas dan sayur-sayuran.

12. Ayam Taliwang
Sedangkan, ayam taliwang merupakan makanan khas daerah Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar daging ayam. Daging ayam tersebut dibakar dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah dan garam. Disajikan bersama bumbu tambahan, dan menu tambahan seperti plecing kangkung.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini