Yuk, Kenalan dengan Jenis Sushi yang Populer di Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 04:00 Reporter : Tantri Setyorini
Yuk, Kenalan dengan Jenis Sushi yang Populer di Indonesia Ilustrasi sushi. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Sushi, jenis makanan Jepang yang bisa ditemui dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia. Olahan seafood yang satu ini memang tergolong makanan Asia paling populer di seluruh dunia. BBC bahkan memasukkan sushi ke dalam daftar 100 makanan terlezat di dunia.

Sushi memiliki beragam jenis. Terdiri dari jenis lauk, bentuk, dan penyajian yang bermacam-macam. Berikut ini akan kita bahas beberapa jenis yang umum ditemukan di restoran atau kedai makanan Jepang di Indonesia.

1 dari 9 halaman

Norimaki

Jenis sushi yang akan kita bahas pertama adalah normimaki. Ini adalah jenis sushi yang dibungkus dengan kertas nori (rumput laut). Termasuk jenis yang paling banyak dijumpai di Indonesia.

Sushi ini terdiri dari nasi dengan aneka lauk mentah atau matang. Misalnya daging salmon, ikan tuna, telur, belut, gurita dan mentimun.

2 dari 9 halaman

Oshizushi

Jenis sushi yang satu ini cukup unik, karena berbentuk kotak atau bulat dengan nasi yang sangat padat. Kadang juga disebut pressed sushi.

3 dari 9 halaman

Inarizushi

Ini adalah sushi yang lapisan luarnya terbuat dari kulit tahu goreng (inari). Isinya tetap nasi putih, tetapi dengan butiran yang lebih halus dan lunak. Biasanya disantap dengan dicelupkan ke dalam saus kecap terlebih dahulu.

4 dari 9 halaman

Futomaki

Sebenarnya futomaki tidak berbeda jauh dengan norimaki. Hanya saja ukurannya lebih besar dengan jumlah lauk yang lebih banyak. Kita bisa memasukkan tiga hingga tujuh jenis lauk di dalam gulungan sushi ini.

5 dari 9 halaman

Temakizushi

Temakizuhi biasanya berbentuk corong. Biasanya lauk, nasi, dan lembaran rumput laut disajikan utuh di piring. Kemudian pelanggan meracik sendiri sushi dengan bahan-bahan yang diinginkan.

6 dari 9 halaman

Gunkan

Sushi yang satu ini bentuknya mirip kapal hitam. Nasi hanya memenuhi sebagian kulit nori, kemudian bagian atasnya diisi berbagai jenis lauk.

7 dari 9 halaman

Uramaki

Kalau norimaki menggunakan rumput laut di bagian luar, nori pada uramaki justru terletak di gulungan terdalam. Biasanya bagian luar sushi digulingkan di atas tobiko, wijen, atau remah tempura.

8 dari 9 halaman

Chirashizushi

Mungkin jenis yang satu ini lebih tepat disebut sushi rice bowl. Potongan ikan, telur ikan mentah, dan sayuran ditaburkan secara acak di atas nasi sushi yang sudah diletakkan di dalam mangkuk.

9 dari 9 halaman

Nigirizushi

Sushi yang satu ini penampilannya cukup sederhana. Berupa nasi yang sudah dikepal, kemudian ditutup dengan irisan ikan mentah. Kadang juga ditutup dengan lauk matang, misalnya unagi (belut Jepang) bakar atau telur dadar tebal.

Itulah jenis-jenis sushi yang populer di Indonesia. Mana yang sudah pernah Anda coba?

Reporter: Mimi Rohmitriasih
Sumber: Fimela.com [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini