Uniknya Perayaan Kemerdekaan di Tengah Pandemi, Ada Lomba Video Berhadiah 1 M Lho!

Sabtu, 1 Agustus 2020 23:00 Reporter : Wuri
Uniknya Perayaan Kemerdekaan di Tengah Pandemi, Ada Lomba Video Berhadiah 1 M Lho! Uniknya Perayaan Kemerdekaan di Tengah Pandemi, Ada Lomba Video Berhadiah 1 M Lho!. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Selalu ada suasana penuh keceriaan saat bulan Agustus tiba. Yup, apalagi kalau bukan berbagai persiapan HUT Kemerdekaan RI yang selalu dilakukan dengan penuh semangat oleh masyarakat di berbagai penjuru tanah air. Beragam tradisi persiapan selalu dilakukan, mulai dari kebiasaan mempercantik lingkungan, lomba dan festival yang menambah semarak dirgahayu kemerdekaan Indonesia. Namun, tahun ini akan terasa berbeda karena masyarakat masih dihadapkan pada situasi pandemi.

Hingga saat ini Indonesia memang masih berperang melawan penyebaran Covid-19 yang membuat masyarakat harus beradaptasi dengan banyak kebiasaan baru. Protokol kesehatan harus disiplin diterapkan, physical distancing dan menghindari keramaian juga perlu dilakukan selama berada di tempat umum. Konsep perayaan HUT RI pun dilakukan dengan lebih sederhana dan akan banyak aktivitas virtual yang dilakukan tanpa mengurangi makna kemerdekaan itu sendiri.

Tradisi Baru Penghormatan Penaikan Bendera

uniknya perayaan kemerdekaan di tengah pandemi ada lomba video berhadiah 1 m lho

©2020 Shutterstock.com

Bertepatan dengan situasi pandemi yang membuat upacara penaikan bendera dilakukan dengan peserta dan Paskibraka yang terbatas, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio melakukan sosialisasi tradisi baru penghormatan penaikan bendera.

Lewat tradisi baru ini, seluruh masyarakat Indonesia diharapkan bisa berdiri tegap dengan sikat sempurna dan ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara serentak saat mendengar sirine, dentuman meriam, dan sirine panjang di Istana Negara pada 17 Agustus 2020. Upacara penaikan dan penurunan bendera ini nantinya akan disiarkan langsung dan serentak di seluruh stasiun televisi nasional, lokal, dan live streaming di media sosial.

Kompetisi Video Berhadiah Total Rp 1 Miliar

uniknya perayaan kemerdekaan di tengah pandemi ada lomba video berhadiah 1 m lho

©2020 Shutterstock.com

Kreativitas dan inovasi tetap jadi hal yang utama seiring dengan banyaknya kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI yang dilakukan secara virtual. Salah satu yang bisa diikuti adalah lomba video bertema Lingkungan Bersih Indah Sehat Kreatif untuk Indonesia Kuat yang digelar oleh Kemenparekraf.

Lomba ini digelar dengan tujuan meningkatkan partisipasi seluruh masyarakat sekaligus mengajak mereka untuk merayakan kemerdekaan RI dengan kreativitas dan inovasi. Video ini nantinya harus menggambarkan cara kreatif masyarakat dalam mempercantik lingkungan dan menunjukkan rasa cinta terhadap Indonesia dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Mekanisme selengkapnya bisa kamu simak berikut ini:

  • Lokasi lomba berada di wilayah Republik Indonesia atau di Luar Negeri
  • Peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili baik di Republik Indonesia atau di luar Negeri
  • Tema Perlombaan “Cinta Indonesia”
  • Durasi Video 3 Menit dalam format MPEG4
  • Karya Harus Menyertakan Logo HUT ke-75 Kemerdekaan RI yang dapat diunduh di situs www.setneg.go.id
  • Karya harus memiliki unsur "Cinta Indonesia" terdiri atas Bendera Merah Putih, Berdiri Tegap Sikap Sempurna saat Lagu Indonesia Raya Dikumandangkan Serentak Pukul 10.17 WIB
  • Proses harus tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan
  • Proses harus tetap Memperhatikan Ketentuan pada UU Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan
  • Video milik peserta dan orisinil, jika terjadi pelanggaran hak cipta menjadi tanggung jawab peserta
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat

Periode pendaftarannya dibuka mulai 1-24 Agustus 2020. Sementara itu, kamu bisa mulai upload video pada tanggal 17-24 Agustus di situs hutri75.kemenparekraf.go.id. Jangan lupa unggah juga video kamu di akun media sosial seperti Youtube, Facebook, dan Instagram dan sertakan hashtag #BangkitUntukIndonesiaMaju.

Ceritakan juga proses behind the scene atau ide pembuatan video saat melakukan upload data dan link video di website. Nantinya akan ada kesempatan memenangkan hadiah total Rp 1 miliar untuk karya paling kreatif, inovatif, dan original! Sekarang waktunya meriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini dengan mengikuti kompetisi videonya ya. Info lebih lengkap klik di sini. [aik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini