Pohon ini saksi pencerahan sang Buddha yang 'terlempar' ke Sri Lanka

Jumat, 26 Februari 2016 10:32 Reporter : Tantri Setyorini
Pohon ini saksi pencerahan sang Buddha yang 'terlempar' ke Sri Lanka Jaya Sri Maha Bodhi. © Japangossiplanka.com

Merdeka.com - Jaya Sri Maha Bodhi adalah pohon ara keramat yang berada di Taman Mahamewna, Anuradhapura, Sri Lanka. Pohon tersebut dipercaya sebagai cabang pohon Sri Maha Bodhi yang ada di Bodh Gaya. Seperti diketahui bersama, Siddharta Gautama sang Buddha mendapatkan pencerahan ketika duduk di bawah pohon tersebut.

Dilansir SundayTimes, pohon tersebut ditanam pada tahun 249 SM dan menjadi pohon tertua yang ditanam manusia dengan tanggal penanaman yang bisa ditelusuri.

Konon Jaya Sri Maha Bodhi adalah cabang pohon Bodhi yang menghadap ke selatan. Bagian pohon keramat tersebut dibawa ke Sri Lanka oleh Sangamitta Thera, putri Asoka, raja yang menyebarkan agama Buddha di Sri Lanka dan India. Pada tahun 288 SM, pohon itu ditanam di lokasinya yang sekarang oleh Raja Devanampiya Tissa.

jaya sri maha bodhi

Jaya Sri Maha Bodhi © srilankanenergy

Jaya Sri Maha Bodhi dilingkupi pepohonan ara yang tumbuh di sekitarnya. Berkat hal ini, pohon tersebut jadi terlindung dari hantaman badai dan sambaran petir.

jaya sri maha bodhi

Jaya Sri Maha Bodhi © Japangossiplanka.com

Lokasi tempat pohon ini berada dianggap sebagai salah satu situs sejarah paling penting di Sri Lanka. Setiap tahun, tempat ini menjadi tujuan ziarah populer bagi umat Buddha dari seluruh dunia. Pada tahun 2014, pemerintah Sri Lanka melarang segala jenis pembangunan dalam radius 500 meter dari situs Jaya Sri Maha Bodhi. Tujuannya adalah untuk melestarikan pohon bersejarah tersebut.

jaya sri maha bodhi

Jaya Sri Maha Bodhi © www.onlanka.com

Sementara pohon Bodhi yang asli di Bodh Gaya tak luput dari hantaman zaman. Secara teknis, pohon tersebut memang sudah tak ada lagi. Namun di Kuil Mahabodhi ditanam pohon ara yang merupakan keturunan langsung dari pohon Sri Maha Bodhi asli. Situs ini juga jadi tempat ziarah penting bagi umat Buddha. [tsr]

Baca juga:
Arz ar-Rabb, hutan purba dalam Alkitab tempat Caesar cari pusaka
Binondo, Pecinan tertua yang ada di dunia
Pohon maut ini sempat jadi saksi bisu kebrutalan rezim Khmer Merah
Kubur batu zaman megalitikum di Bojonegoro akan jadi objek wisata
Menelusuri gurun di Mesir yang simpan banyak fosil hewan purba

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini