Perhatikan Kalori Kental Manis, Baca Dulu Sebelum Sharing

Selasa, 13 Juli 2021 14:04 Reporter : Wuri
Perhatikan Kalori Kental Manis, Baca Dulu Sebelum Sharing Perhatikan Kalori Kental Manis, Baca Dulu Sebelum Sharing. ©Shutterstock

Merdeka.com - Menikmati sajian kental manis pastinya sudah jadi hal yang nggak asing lagi bagi masyarakat. Sering jadi campuran es atau topping roti panggang favorit, nggak bisa dipungkiri kalau kental manis bikin kelezatan makanan apapun jadi bertambah.

Seiring perkembangan teknologi, berbagai informasi pun mudah didapatkan. Nggak terkecuali tentang kalori kental manis. Tapi, seberapa jauh kamu memahami tentang fakta yang sebenarnya tentang produk ini? Biar lebih memahami segala hal terkait tentang produk ini dengan lebih tepat, baca dulu artikel ini sebelum sharing.

Baca Juga:

Manfaat Kalori Kental Manis yang Bikin Camilan Lezat

Fakta Sebenarnya Susu Kental Manis, Jangan Salah Kaprah

Susu Kental Manis, Ketahui Sejarah dan Manfaatnya

Kebaikan Kental Manis dengan Sejarah Panjang

perhatikan kalori kental manis baca dulu sebelum sharing
©Shutterstock

Ternyata, ‘lahirnya’ kental manis berasal dari masalah susu segar yang gampang basi di awal abad ke-19, karena belum adanya metode penyimpanan yang tepat. Baru di tahun 1820, penemu berkebangsaan Prancis bernama Nicholas Appert sukses membuat susu kental yang disimpan dalam botol.

Penemuan ini disempurnakan oleh Gail Borden Jr dari AS, yang sukses mematenkan proses pembuatannya dengan proses penguapan susu bertekanan rendah. Diproduksi dalam skala besar di Eropa pada awal tahun 1850-an, awalnya produk ini dijadikan ransum untuk tentara yang berada di medan perang.

Kesuksesan Gail Border ini pun diikuti Charles Page yang mendirikan perusahaan Anglo-Swiss Condensed Milk di Cham, Switzerland di tahun 1866. Mengolah susu sapi segar lokal dengan proses pemanasan, gula pun ditambahkan sebagai pengawet alaminya untuk mempertahankan kualitas dan keamanannya saat dikonsumsi.

Baca juga:

Perhatikan Kalori Kental Manis, Baca Dulu Sebelum Sharing

Manfaat Susu Kental Manis Frisian Flag Gold, Apa Saja?

Olahan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold untuk Awali Aktivitas Harianmu

Produk kental manis sendiri pertama kali diimpor ke Indonesia di tahun 1922 lewat merek Friesche Vlag. Produk ini langsung digemari dan konsumsinya pun mengalami peningkatan berkat durasi simpan yang cukup lama dan praktis. Dipasarkan dengan nama ‘Soesoe Tjap Bendera’, Frisian Flag pun menjadi perusahaan susu tertua di Indonesia.

Dibuat dengan menghilangkan sebagian besar air dari campuran susu dan gula, susu kental manis memiliki kadar lemak dan protein tertentu, begitu juga dengan tingkat kepekatannya. Dapat digunakan sebagai pelengkap sajian, baik sebagai topping atau salah satu bahan makanan dan minuman untuk meningkatkan rasa lezatnya. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun telah menegaskan kalau produk susu kental manis mengandung susu dan termasuk kategori susu.

Pahami Lebih Dalam tentang Kalori Kental Manis

perhatikan kalori kental manis baca dulu sebelum sharing
©Shutterstock

Sudah dikenal oleh masyarakat dari generasi ke generasi, nyatanya kental manis jadi bagian yang tak terpisahkan dari beragam kuliner nikmat.Jika ditelusuri dari cara pembuatannya, kental manis sejak awal menggunakan susu sapi segar sebagai bahan baku.

Sementara itu, kalori kental manis yang terkandung di dalamnya juga bisa memenuhi kebutuhan gizi harian sesuai dengan nilai Angka Kecukupan Gizi (AKG). Misalnya saja kalori kental manis yang terkandung dalam Kental Manis Frisian Flag sebanyak 140kkal berdasarkan keterangan pada label kemasan.

Baca juga:

Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian

Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat

5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

Cermat Memilih Kental Manis

Kental manis sebagai pelengkap sajian, ada baiknya untuk lebih cermat dalam memilih kental manis yang akan dibeli. Selalu ingat KLIK yaitu Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa.

Pertama, cek kondisi kemasannya misalnya hindari membeli kemasan kaleng yang masih dalam kondisi baik. Setelah memastikan kondisi kemasannya, jangan lupa untuk membaca informasi labelnya, dan pastikan memiliki izin edar dari BPOM RI. Tak kalah penting, pilih brand berkualitas seperti Frisian Flag.

Alasan Memilih Kental Manis: Bisa Dikreasikan Berbagai Resep Favorit

Kombinasi proses pemanasan dan penggunaan gula sebagai pengawet alami, membuatnya dapat disimpan lebih lama dibandingkan susu segar. Bukan hanya dikemas dalam bentuk kaleng, saat ini pun kemasannya bisa dipilih sesuai kebutuhan seperti pouch maupun sachet yang mudah disimpan. Membelinya bisa di mana saja, mulai di toko kelontong, minimarket, hypermart, hingga secara online dengan harga yang terjangkau.

Di sisi lain, produk ini dikenal sebagai bahan serbaguna yang mampu meningkatkan cita rasa kreasi camilan favorit keluarga. Misalnya beberapa resep olahan Kental Manis Frisian Flag yang pastinya bisa memanjakan lidah keluarga saat menyantapnya. Apa saja?

1. Piscok Abang-Abang

perhatikan kalori kental manis baca dulu sebelum sharing
©Frisian Flag

Piscok alias pisang cokelat menjadi salah satu camilan yang populer dan banyak disukai keluarga. Apalagi sensasi cokelat yang meleleh seringnya bikin ketagihan. Sekarang nggak perlu beli di luar, manfaatkan saja kreasi dengan Kental Manis Frisian Flag yang mudah dibuat di rumah.

Bahan-bahan:

● 5 buah pisang

● 20 lembar kulit lumpia

● Keju parut, sesuai selera

● Frisian Flag Kental Manis Cokelat

Langkah Memasak:

1. Kupas pisang, potong

2. Isi kulit lumpia dengan potongan pisang

3. Tambahkan Frisian Flag Kental Manis Cokelat dan keju parut

4. Olesi pinggir dengan air

5. Lipat hingga tertutup

6. Goreng hingga kecoklatan

7. Tambahkan keju parut

2. Pink Coconut Jelly Punch

perhatikan kalori kental manis baca dulu sebelum sharing
©Frisian Flag

Kegiatan belajar di rumah bisa jadi momen yang melelahkan buat si kecil kesayangan. Demi menjaga semangatnya, siapkan saja olahan Kental Manis Frisian Flag yang dikreasikan jadi es menyegarkan di waktu istirahatnya.

Bahan:

● 500 ml air

● 45 gr gula

● 1/2 sdt jelly bubuk

● 1/2 sdt agar bubuk

● 150 ml Frisian Flag Kental Manis Cocopandan

● 1 mangkuk es batu

● 120 ml santan

● 50 ml sirup vanilla

● 500 ml air soda

Cara Membuat:

1. Tuang air, gula, jelly bubuk dan agar bubuk

2. Tambahkan Frisian Flag Kental Manis Cocopandan yang nikmat

3. Panaskan adonan jelly hingga mendidih

4. Dinginkan jelly hingga beku

5. Selanjutnya dalam wadah lain masukkan es batu, santan, sirup vanilla, air soda, dan Frisian Flag Kental Manis Cocopandan

6. Potong-potong jelly yang sudah beku

7. Campurkan potongan jelly ke dalam kuah susu

3. Pisang Owol Khas Solo

perhatikan kalori kental manis baca dulu sebelum sharing
©Frisian Flag

Berkumpul dengan keluarga di sore hari setelah melakukan berbagai aktivitas bisa jadi quality time yang menyenangkan. Biar lebih seru, siapkan kreasi Frisian Flag yang diolah menjadi Pisang Owol Saus Cokelat. Pastinya bisa bikin momen makin ceria.

Bahan:

● 6 buah pisang raja

● 2 sdm mentega

● 2 sdm cokelat meses

● 50 gr keju cheddar, parut

● 100 ml Frisian Flag Cokelat yang nikmat

Cara Membuat:

1. Panaskan mentega, goreng pisang yang sudah dipipihkan hingga agak mengering di bagian luarnya

2. Angkat dan sajikan di piring saji

3. Siram dengan Frisian Flag Cokelat

4. Taburi keju dan cokelat meses hingga rata

Ternyata banyak fakta menarik tentang kalori kental manis, termasuk berbagai ide kreasi yang bisa menjadi menu favorit keluarga. Mana yang ingin kamu coba di rumah nih? (*/eth)

Baca juga:

Fakta Menarik Kental Manis, Pelengkap Jajanan Nusantara

Kalori Kental Manis untuk Pelengkap Es yang Segar

Sejarah Susu Kental Manis, dari Penemuan hingga Asupan Bernutrisi

Fakta Unik Susu Kental Manis, Bikin Sarapan Pagi Makin Sedap

Mengenal Susu Kental Manis yang Sering Dikonsumsi Sehari-hari

Fun Fact Susu Kental Manis, Sekarang Jadi Menu Sarapan Favorit

Manfaat Ngemil Bagi Tubuh, Kental Manis Bikin Makin Nikmat

Kenali Kalori Kental Manis dan Manfaatkan Kandungan Baiknya

Ditambah Susu Kental Manis, Level Up 3 Sarapan Viral Ini

[wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Resep Camilan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini