Mengenal Rukem Alias Anggur Jawa, Kuliner Nostalgia dari Tahun 90-an

Senin, 20 Mei 2019 17:00 Reporter : Tantri Setyorini
Mengenal Rukem Alias Anggur Jawa, Kuliner Nostalgia dari Tahun 90-an Anggur jawa atau rukem. ©2019 Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Mereka yang menjalani masa kecil di tahun 90-an mungkin masih ingat dengan buah tropis yang bernilai nostalgia ini. Dahulu dia lebih dikenal dengan nama rukan atau rukem. Namun kini mulai dipasarkan dengan nama anggur jawa atau anggur kuno.

"Ini kalau orang Pasuruan menyebutnya Anggur Kuno atau Anggur Jowo. Kalau orang sini Rukem," kata Cak Mad, penjual asal Pasuruan kepada Merdeka.com.

Buah ini memiliki nama ilmiah Flacourtia rukam. Dahulu banyak ditanam di Sumatera. Buahnya memiliki kulit yang agak keras dengan warna merah ungu. Sementara daging buahnya sendiri memiliki warna kuning.

Instagram/chichiyunok

Buah dengan rasa asam-asam manis ini dimakan dengan cara yang unik. Harus dipijit-pijit terlebih dahulu agar rasa manis buah bisa keluar. Kadang anak-anak zaman dahulu bahkan melempar rukem ke dinding sebelum memakannya.

Saat ini rukem mulai sulit dicari. Kadang baru bisa ditemui saat festival saja. Walaupun begitu, sesekali di beberapa daerah masih ditemukan beberapa pedagang yang menjajakan buah ini. Misalnya di Kota Malang dan Pasuruan.

2019 Merdeka.com

"Kalau di Pasuruan masih banyak, ini semua dari Pasuruan," kata Cak Mad lagi.

Rukem atau anggur jowo bisa dimakan begitu saja atau diolah menjadi asinan dan rujak. Rasanya tentu saja khas. Belum pernah mencicipinya? Silakan dicoba kalau kebetulan bertemu salah satu pedagang rukem atau anggur jawa di tepi jalan. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini