Membangun Karir sebagai MC Profesional, Simak Tips dari Ahlinya

Jumat, 26 Juni 2020 08:00 Reporter : Syakur Usman
Membangun Karir sebagai MC Profesional,  Simak Tips dari Ahlinya menjadi MC profesional. ©2020 Merdeka.com/nurulhuda

Merdeka.com - Banyak orang memandang profesi master of ceremony (MC) sebagai pekerjaan yang mudah, tapi honornya mahal. Meski terkesan mudah, peran MC sangatlah strategis bagi keberhasilan suatu acara. Bila MC buruk, satu acara yang bagus bisa berjalan buruk bahkan dianggap gagal.

Lantas, apa sebenarnya pekerjaan MC sih?

MC adalah orang yang akan memimpin serangkaian acara, baik formal maupun nonformal agar acara dapat berjalan lancar dan meninggalkan kesan positif. Kemampuan seorang MC membawakan acara sangat menentukan apakah acara berlangsung lancar, sukses, meriah atau justru sebaliknya.

Beragam acara membutuhkan jasa seorang MC. Mulai dari acara resmi seperti acara lembaga pemerintahan, wisuda, pernikahan, seminar, dan acara khusus lain. Acara tidak resmi pun membutuhkan MC, seperti ulang tahun, konser musik, gathering, dan lain-lain.

Tak heran ada kesan profesi MC menyenangkan. Selain dapat menyalurkan bakat dan minat, menjadi MC memberikan benefit lain, seperti kesempatan bertemu dengan pejabat, artis, politisi, tokoh masyarakat, dan sebagainya.

Bila Anda tertarik dan ingin terjun sebagai profesi MC profesional, Anda bisa mempelajari profesi ini dengan benar dan tepat.

Nurul Huda, MPd, seorang MC profesional, mengaku MC merupakan salah satu profesi populer saat ini. Sayangnya, banyak MC yang berkembang sendiri-sendiri tanpa mendapat bimbingan memadai. Tidak heran, sangat sedikit MC yang dapat digolongkan sebagai MC profesional. Seorang MC tak sekadar piawai dalam merangkai kata dengan kalimat indahnya dan mampu menghidupkan suasana acara.

Menurut Nurul yang sudah 17 tahun menjadi MC profesional, segala sesuatu membutuhkan proses. Pengalaman membuktikan bahwa segala sesuatu yang kita impikan memang memerlukan tindakan nyata dengan cara berlatih, berlatih, dan berlatih.

"Jadi Anda tidak perlu takut untuk memulai sesuatu dan menekuninya termasuk menjadi MC profesional. Pada setiap penampilan sebagai MC, apa pun acaranya harus dipersiapkan dengan baik. Kemampuan menyerap berbagai informasi, keterampilan bicara, kepiawaian mengolah kata, dan kalimat yang tepat, penampilan yang sesuai dengan jenis acara, termasuk kepekaan terhadap situasi jika terjadi perubahan yang mungkin terjadi, itulah gambaran yang harus dipahami sebagai MC profesional," ujar Nurul yang menulis buku bertajuk Tips dan Trik Menjadi MC Profesional yang Menarik dan Memesona.

Kata Nurul yang piawai memandu acara adat Sunda, Padang, Jakarta, Palembang, dan nasional, bukunya diharapkan menjadi panduan bagi Anda yang tengah meniti karir sebagai MC profesional. Karena buku ini merupakan pengetahuan dan panduan praktis tentang bagaimana cara menjadi MC profesional terkait sikap mental, keterampilan, citra diri, persiapan diri, sampai saat pelaksanaannya.

Baca Selanjutnya: Disertai Tips & Trik Menjadi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini