Mau Pudarkan Stretchmark? Konsumsi 16 Makanan Sehat Ini

Kamis, 29 Agustus 2019 00:03 Reporter : Tantri Setyorini
Mau Pudarkan Stretchmark? Konsumsi 16 Makanan Sehat Ini Ilustrasi ubi jalar. Shutterstock/TAGSTOCK1

Merdeka.com - Makanan bisa membantu menyamarkan tampilan stretchmark? Makanan dengan kandungan nutrisi yang sesuai ternyata memang bisa membantu kulit dalam memperbaiki diri, termasuk dalam mengatasi kerusakan jaringan karena stretchmark (retakan karena jaringan kulit tertarik).

Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang bisa membantu kulitmu memulihkan diri dari stretchmark, dilansir dari Eatthis!Health.

1 dari 16 halaman

Kacang-Kacangan

Ilustrasi kacang-kacangan shutterstock.com/luri

"Kulit terdiri dari 75 persen kolagen yang bertanggung jawab menjadikan kulit halus dan elastis. Untuk memproduksi kolagen dalam tubuh, Anda perlu protein yang cukup dalam diet Anda," menurut Lisa Hayim, ahli diet terdaftar dan pendiri The WellNecessities. "[Protein] ini dapat ditemukan dalam makanan rendah lemak dan kolesterol seperti biji-bijian dan kacang-kacangan."

2 dari 16 halaman

Teh

ilustrasi teh hijau www.completemindandbody.co.uk

"Air teh melembapkan, sehingga mengembangkan sel-sel untuk membantu kulit terlihat lebih berisi, lebih kenyal dan tidak kering," menurut The Nutrition Twins.

Selain itu, teh mengandung antioksidan kuat yang membantu menjaga sel-sel tetap sehat dan melawan kerusakan, termasuk sel-sel yang rusak dari stretchmark," tutur Kelly Choi, wartawan makanan dan penulis buku The 7-Day datar-Belly Tea Cleanse.

3 dari 16 halaman

Makanan yang Mengandung Zinc

Ilustrasi daging ayam. Shutterstock/Jacek Chabraszewski

"Zinc sangat penting untuk produksi kolagen, yang merupakan jaringan ikat yang menyatukan kulit. Zinc juga diperlukan untuk menyembuhkan luka pada kulit," kata ahli gizi selebriti Lisa DeFazio, MS, RDN. "Makanan yang kaya akan Zinc antara lain daging, ikan, kacang Brasil, dan kacang Turki."

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga termasuk bahan makanan yang kaya akan Zinc. Jadi tempe dan tahu pun bisa membantu memenuhi kebutuhan Zinc.

4 dari 16 halaman

Air

ilustrasi air putih www.newhealthadvisor.com

"Untuk menjaga kulit Anda lebih elastis, pastikan tubuh senantiasa terhidrasi dengan baik," tutur Julieanna Hever, MS, RD, CPT, pakar diet nabati dan penulis The Vegiterranean Diet and The Complete Idiot’s Guide to Plant-Based Nutrition.

Hever menyarankan konsumsi air setidaknya setengah dari berat badan kita setiap harinya. Tidak harus air putih, makanan yang kaya akan air seperti buah-buahan dan sayuran juga bisa menyumbangkan air yang cukup untuk tubuh kita.

5 dari 16 halaman

Minyak Ikan

ilustrasi minyak ikan abcnews.go.com

"Vitamin D berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, dan, karena itu, mungkin memainkan peran penting dalam menghentikan atrofi epidermis yang terjadi dari peregangan berlebihan," komentar Hayim. "Minyak ikan adalah salah satu sumber vitamin D tertinggi, diikuti oleh ikan pedang, tuna, dan kuning telur."

6 dari 16 halaman

Sayuran

Sayur-sayuran segar. shutterstock

Makanlah setidaknya sembilan porsi buah dan sayuran setiap hari, karena bahan makanan ini mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Misalnya vitamin A (ditemukan dalam buah dan sayur berwarna oranye gelap, merah, dan makanan hijau), vitamin C (dalam jeruk, buah-buahan berry, dan melon), dan vitamin E (dalam alpukat dan sayuran berdaun hijau).

7 dari 16 halaman

Jeruk

Buah jeruk 2012 inquisitr.com

"Jeruk kaya akan air dan membantu untuk mengisi ruang di antara sel-sel, meminimalkan munculnya stretch mark," tutur ahli gizi Lyssie Lakatos, RDN, CDN, CFT dan Tammy Lakatos Shames, RDN, CDN, CFT, penulis The Nutrition Twins' Veggie Cure.

Selain itu, vitamin C dalam jeruk membantu kulit lebih kenyal dan antioksidan di dalamnya membantu menyembuhkan tubuh dari kerusakan."

8 dari 16 halaman

Lemak Sehat

Ilustrasi alpukat Shutterstock.com/mama_mia

Menggabungkan lemak sehat dalam diet Anda juga akan memberikan elastisitas dan menghasilkan kulit yang sehat. Alpukat merupakan sumber lemak sehat dengan vitamin E berlimpah yang akan membantu mencegah stretch mark.

9 dari 16 halaman

Salmon Liar

Ilustrasi salmon. Shutterstock/Olga Nayashkova

Omega-3 adalah asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Asam lemak ini juga memainkan peran penting dalam kesehatan kulit. Omega-3 berperan penting bagi pertumbuhan dan perbaikan kulit, menjaga kulit tetap lembap, dan mengurangi peradangan.

10 dari 16 halaman

Blueberry dan Goji Berry

Ilustrasi blueberry Shutterstock/Photographee.eu

The American Academy of Dermatology mencatat bahwa vitamin dan nutrisi dalam dua jenis berry ini memiliki sifat antioksidan. Antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang ikut bertanggung jawab atas stretch mark.

11 dari 16 halaman

Ubi Jalar

Ilustrasi ubi jalar 2014 Merdeka.com/shutterstock/Brent Hofacker

Ubi jalar merupakan salah satu sumber vitamin A terbaik. Vitamin ini dapat membantu dalam perkembangan sel-sel kulit baru dan dapat membantu mengurangi stretch mark. Beberapa sumber vitamin A yang lain adalah melon, sayuran berwarna hijau gelap, dan mangga.

12 dari 16 halaman

Mentimun

Ilustrasi mentimun Shutterstock/Marko Poplasen

Kandungan air yang tinggi dalam ketimun akan membantu kulit untuk tetap terhidrasi, memperbaiki elastisitas kulit, dan membantu pembentukan kolagen. Selain itu, kandungan air ketimun juga dapat membantu meluruhkan racun dari kulit.

13 dari 16 halaman

Tomat

Ilustrasi tomat Shutterstock

Tomat kaya akan vitamin C yang membantu pembentukan kolagen. Tomat juga kaya akan likopen yang bertindak sebagai tabir surya alami. Jangan lupa untuk dimasak terlebih dahulu. Sebab likopen dalam tomat akan berlipat ganda setelah bersentuhan dengan panas.

14 dari 16 halaman

Brokoli dan paprika

Ilustrasi brokoli 2015 Merdeka.com/pixabay/PDPics

Kolagen merupakan kunci dalam mengatasi stretchmark. Sedangkan vitamin C diperlukan untuk pembentukan kolagen. Karena itulah, sayuran sumber vitamin C yang tinggi seperti brokoli dan paprika penting untuk dikonsumsi.

15 dari 16 halaman

Sarden

ilustrasi ikan sarden. www.bbc.co.uk

Sama seperti salmon, sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu meminimalkan peradangan akibat stretchmark. Minyak pada sarden juga dapat membantu untuk melembapkan dan menghaluskan kulit.

16 dari 16 halaman

Telur

telur. shutterstock

Kenapa telur penting untuk mengatasi stretchmark? Karena telur merupakan sumber protein, komponen pembentuk kolagen.

Itulah berbagai bahan makanan yang penting untuk membantu mengatasi stretchmark. [tsr]

Baca juga:
Kantung Mata Bengkak dan Gelap? Vitamin K Solusinya

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini