Intip Suasana Kebun Teh Kayu Aro Kerinci, Perkebunan Teh Tertinggi Kedua di Dunia

Kamis, 5 November 2020 11:06 Reporter : Tantri Setyorini
Intip Suasana Kebun Teh Kayu Aro Kerinci, Perkebunan Teh Tertinggi Kedua di Dunia Kebun Teh Kayu Aro. ©Instagram.com/jelajahkerinci

Merdeka.com - Teh termasuk komoditas ekspor penting buat Indonesia. Tak heran kalau jumlah perkebunan teh di nusantara sangat banyak. Selain sebagai penghasil teh, perkebunan seperti ini juga populer sebagai objek wisata.

Cukup banyak perkebunan teh dengan pemandangan indah yang jadi destinasi liburan favorit para pelancong. Salah satunya adalah perkebunan teh Kayu Aro di kawasan Gunung Kerinci, Jambi.

Perkebunan Teh Tertinggi Kedua di Dunia

Dilansir Liputan6.com, perkebunan teh Kayu Aro berada di ketinggian 1.600 meter dari permukaan laut, menjadikannya perkebunan teh tertinggi kedua di dunia. Urutan pertama ditempati Darjeeling Tea Plantation di West Bengal, India.

Selain tertinggi kedua, perkebunan yang beroperasi sejak zaman kolonial Belanda ini juga menjadi salah satu perkebunan teh yang tertua di Indonesia. Perkebunan Kayu Aro dimulai oleh sebuah perusahaan Hindia Belanda pada 1925. Setelah Indonesia merdeka, perkebunan diambil alih oleh Pemerintah Indonesia pada 1959.

Sampai saat ini, di sekitarnya masih banyak bangunan peninggalan Belanda seperti rumah sakit, rumah karyawan hingga, pabrik pengolahan teh.

Baca Selanjutnya: Bisa Melihat Proses Pengolahan Teh...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Travel
  3. Perkebunan
  4. Jambi
  5. Gunung Kerinci
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini