Ini beda antara blazer dengan jas

Senin, 5 Oktober 2015 19:15 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini beda antara blazer dengan jas blazer vs jas. ©stylegap.com/bhs.co.uk

Merdeka.com - Sering kali orang sulit membedakan antara blazer dengan jas. Memang secara sekilas kedua pakaian ini hampir tidak ada bedanya. Tetapi ternyata terdapat perbedaan yang cukup banyak antara keduanya. Berikut Merdeka.com berikan perbedaan antara jas dan blazer.

1. Bahan

Jas biasanya terbuat dari bahan yang lebih kaku dan lebih mahal, sedangkan bahan dari blazer cenderung lebih tipis dan lembut. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat jas adalah wol, sedangkan untuk blazer tidak ada bahan yang khusus. Warna yang digunakan untuk jas cenderung warna-warna yang netral dan gelap, sedangkan blazer tidak memiliki warna yang khusus.

2. Jahitan

Jas hanya dapat dibuat oleh tailor, sedangkan blazer bisa dibuat oleh tailor maupun konveksi. Jas dibuat dengan jahitan yang berlapis tiga dengan penggunaan furing pada seluruh bagian tubuh dan lengan bagian dalam. Mesin yang digunakan pun hanyalah mesin jahit tradisional, bukan mesin jahit industri. Berbeda dari jas, blazer dapat dibuat menggunakan mesin jahit industri dan jahitannya hanya satu lapis dan tidak menggunakan furing di bagian dalam.

3. Lengan

Lengan dari jas memiliki dua garis sambungan di sisi dalam dan luar. Selain itu, jas juga selalu menggunakan kancing manset di ujung lengan. Blazer tidak memiliki keharusan untuk dipasangi cincin manset di ujungnya, selain itu sambungan lengan hanya satu di bagian dalam seperti kemeja pada umumnya.

4. Kesopanan

Jas cenderung dibuat sepasang dengan celana dan digunakan untuk acara-acara yang lebih formal. Blazer tidak memiliki pasangan celana sendiri dan sering dipadukan dengan celana jeans. Selain itu blazer juga digunakan untuk acara yang tidak terlalu formal.

Itulah perbedaan antara blazer dan jas. Kini Anda tidak perlu bingung lagi membedakan dua pakaian itu dan dapat memilih menggunakan yang mana untuk acara tertentu. [RWP]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini