Ini alasan kenapa air beras bisa bikin kulit sebening kristal

Senin, 14 Juli 2014 13:15 Reporter : Tantri Setyorini
Ini alasan kenapa air beras bisa bikin kulit sebening kristal Ilustrasi air beras. ©2014 Merdeka.com/urbestskinever.com

Merdeka.com - Anda pasti sudah sering mendengar tentang produk kecantikan dengan bahan utama beras yang diklaim bisa menjadikan kulit wajah sebening kristal. Beras memang sudah lama menjadi rahasia kecantikan wanita Asia. Wanita-wanita oriental seperti Jepang dan China memanfaatkan air beras untuk membersihkan wajah mereka. Indonesia pun sudah tak asing lagi dengan produk kecantikan tradisional yang terbuat dari beras. Di Jawa misalnya, beras diolah menjadi bedak dan campuran lulur yang sudah terbukti bisa menjaga kulit awet muda dan berseri.

Sebenarnya apa yang membuat beras begitu berkhasiat untuk kecantikan? Tak hanya mengandung pitera (nutrisi yang muncul dalam proses fermentasi beras), menurut The Epoch Times beras mengandung vitamin B kompleks yang disebut inositol. Inositol ini akan membantu meningkatkan pertumbuhan sel, memperlambat proses penuaan dan merangsang peredaran darah. Seperti yang kita ketahui, jika peredaran darah lancar maka nutrisi dan oksigen akan terdistribusikan ke seluruh bagian sel. Dengan begitu kulit akan menjadi lebih kencang, bercahaya, dan pori-pori pun mengecil.

Untuk mendapatkan manfaat kecantikan dari beras, Anda bisa memanfaatkan air cucian beras (dari beras organik tanpa pewangi dan pemutih) atau air rebusan beras yang didapat saat memasak nasi. Tetapi beras yang memiliki kandungan nutrisi terbaik untuk memelihara kecantikan adalah beras yang sudah difermentasikan. Anda bisa memanfaatkan bedak beras yang dibuat dari beras mentah yang sudah direndam dalam air jernih selama berhari-hari hingga lumat. Atau Anda bisa membuat air beras fermentasi sendiri. Air beras yang difermentasi akan menjadi sedikit asam. Proses fermentasi juga akan menjadikan air beras kaya antioksidan, mineral, vitamin E, dan Pitera. Nutrisi ini dapat menyembuhkan luka, mengurangi keriput serta garis-garis halus, peradangan, dan memperbaiki tampilan kulit Anda.

Anda bisa membuat air beras fermentasi sendiri dengan cara merendam beras organik yang sudah dicuci bersih kemudian direndam selama semalam. Gunakan air rendamannya untuk toner. Bersihkan wajah dengan kapas yang sudah dibasahi dengan air beras. Sebelum itu lakukan tes alergi terlebih dahulu di bagian dalam pergelangan tangan atau belakang telinga. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melakukan perawatan ini sehari sekali untuk mendapatkan hasil maksimal. Selamat mencoba. [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Wanita Merdeka
  2. Tips Cantik
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini