Ingin Kulit Awet Muda? Santap 6 Jenis Sayur Murah Meriah Ini Secara Teratur

Jumat, 30 Agustus 2019 00:01 Reporter : Tantri Setyorini
Ingin Kulit Awet Muda? Santap 6 Jenis Sayur Murah Meriah Ini Secara Teratur Ilustrasi kangkung. ©Pixabay/cegoh

Merdeka.com - Siapa yang tidak ingin memiliki kulit awet muda? Sepertinya ini adalah dambaan hampir setiap wanita. Solusi yang dipilih kebanyakan orang untuk mencapainya mungkin skincare seperti serum, krim wajah, dan essence.

Selain disiplin dalam skincare, kulit yang awet muda juga bisa dicapai dengan memperhatikan asupan nutrisi setiap hari. Jika Anda ingin kulit awet muda lebih lama, konsumsilah sayur-sayuran berikut secara teratur. Semuanya penuh nutrisi yang penting untuk kulit. Harganya pun murah. Mudah didapatkan di pasar tradisional maupun modern.

1 dari 6 halaman

Kembang Kol

Ilustrasi tumis kembang kol. Merdeka.com/Tantri Setyorini

Vitamin C di dalam kembang kol dapat membantu produksi kolagen. Kolagen merupakan kunci dari kulit yang awet muda. Konsumsi sayuran ini secara teratur akan menunda munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan, flek hitam, kekusaman, dan garis-garis halus. Vitamin E yang terdapat di dalam kembang kol juga bisa membantu memperbaiki tekstur kulit dari dalam.

2 dari 6 halaman

Tomat

Ilustrasi tomat. Pixabay

Kunci dari kulit yang sehat dan awet muda adalah kolagen. Agar bisa memproduksi kolagen, tubuh memerlukan asupan vitamin C yang cukup.

Satu buah tomat matang berukuran sedang bisa memenuhi 30 persen kebutuhan vitamin C. Tak cukup sampai di situ, tomat juga mengandung likopen, antioksidan kuat yang diperlukan untuk perlindungan kulit.

3 dari 6 halaman

Daun Kelor

Ilustrasi daun kelor. Pixabay

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang dimiliki daun kelor bisa dimanfaatkan untuk menjaga kulit agar senantiasa awet muda.

Rajin makan sayur daun kelor juga bisa membantu membersihkan racun di dalam tubuh. Efek detoksifikasi yang dimiliki daun kelor ini akan mencegah munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

4 dari 6 halaman

Bayam

Ilustrasi bayam. Shutterstock

Bayam merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin A berfungsi untuk mencerahkan warna kulit dan vitamin C berperan penting dalam memperbaiki sel-sel kulit.

Rutin mengonsumsi bayam akan menjadikan kulit Anda tampak berseri dan awet muda. Sementara vitamin B yang dikandungnya akan membantu melindungi kulit dari efek penuaan dini yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

5 dari 6 halaman

Kol

Ilustrasi kubis. Pixabay

Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang terkandung di dalam kubis berperan sebagai agen anti-aging yang menunda munculnya kerutan, garis halus, dan warna kulit tidak merata. Kandungan potasium di dalam kubis juga akan mencerahkan dan memperbaiki tekstur kulit.

6 dari 6 halaman

Kangkung

Ilustrasi kangkung. Pixabay

Seperti kebanyakan sayur berdaun hijau, kangkung yang juga disebut water spinach adalah sumber air, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan zat besi. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin B penting untuk menjaga kulit dari pengaruh buruk sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan penuaan dini. Sementara vitamin C akan membantu proses pembentukan kolagen.

Itulah jenis-jenis sayuran yang bisa membantu menjaga kulit awet muda lebih lama jika dikonsumsi secara teratur. [tsr]

Baca juga:
Kantung Mata Bengkak dan Gelap? Vitamin K Solusinya

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini