Hai Kamu Generasi Z, Ini Ide Bisnis Sampingan dari Rumah dengan Modal Minim!

Sabtu, 17 Agustus 2019 20:03 Reporter : Syakur Usman
Hai Kamu Generasi Z, Ini Ide Bisnis Sampingan dari Rumah dengan Modal Minim! 5 Langkah sukses jadi content creator masa kini. ©shutterstock

Merdeka.com - Istilah generasi milenial sedang jadi bahan pembicaraan di mana-mana. Namun, para milenial bukanlah generasi “termuda” yang saat ini mendominasi populasi dunia. Soalnya, setelah itu, masih ada generasi Z, istilah yang digunakan untuk menyebut mereka yang lahir pada 1995 dan seterusnya.

Generasi Z saat ini mulai menarik banyak perhatian, karena banyak dari mereka mulai memasuki dunia kerja, terlepas dari mana negara asal mereka. Kalau kamu adalah salah satu bagian dari generasi Z, kamu mungkin sadar kalau kamu punya beberapa karakteristik tersendiri. Yang paling mencolok, semangat untuk punya bisnis sendiri yang lebih besar. Dan lebih jago memanfaatkan teknologi.

Tidak mengherankan, karena generasi Z memang lahir di era ketika hidup serba canggih adalah hal biasa. Sehingga bisnis bisa dijalankan dari mana saja, mulai dari yang skala kecil seperti membuat blog dan memonetasinya, hingga yang bermodalkan cukup sepertitrading forex yang juga bisa dilakukan di mana saja.

Nah, untuk kamu anak generasi Z yang ingin memenuhi 'panggilan' memulai bisnis sendiri, bisa mulai dari bisnis sampingan. Selain menambah pengalaman, bisnis sampingan juga bisa kamu lakukan sambil meneruskan pendidikan atau sambil meneruskan pekerjaan yang mungkin sekarang sudah kamu miliki. Apalagi bisnis sampingan bisa kamu lakukan dari rumah dan tanpa harus mengeluarkan modal besar.

Kalau begitu, apa saja ya peluang bisnis sampingan dari rumah dengan modal minim yang bisa kamu lakukan? Yuk, simak daftar berikut ini:

1. Jadi Content Creator
Berbicara soal content creator, mungkin YouTuber langsung terlintas di pikiranmu. Padahal membuat konten bukan hanya digunakan dalam membuat video. Untuk kamu yang suka menulis atau jago desain grafis, jadi pembuat konten juga merupakanpeluang usaha menarik untuk dilirik.

Karena kamu punya keahlian menulis, mendesain, atau mengedit video, kamu bisa ciptakan unggahan dengan konten menarik yang bisa menggelitik minat orang-orang dengan memanfaatkan media sosial. Banyak yang membuktikan kalau mereka bisa meraup uang dengan membuat konten menarik. Selain YouTuber, para influencer di Instagram atau Twitter adalah salah satunya.

©shutterstock

2. Menjadi Reseller atau Dropshipper
Ide bisnis yang satu ini memang tidak asing lagi. Tapi, kamu yang ingin mencicipi tantangan berjualan bisa mengawali karirmu dengan menjadi reseller atau dropshipper karena modal yang dibutuhkan lebih sedikit. Apalagi kalau kamu memilih jadi dropshipper, yang bisa dibilang hanya butuh modal smartphone dan koneksi internet saja sebagai modal awal untuk berjualan. Apalagi sekarang era keuangan digital memudahkan transaksi yang bisa dilakukan di mana saja, lewat mobile banking dan internet banking. Bikin semakin mudah dalam pengelolaan bisnis, kan!

Dengan keahlianmu menggunakan teknologi dan kemampuan berkomunikasimu yang baik, kamu bisa buat toko online-mu menarik lebih banyak pembeli! Soalnya, perpaduan segala keahlianmu dan karaktermu sebagai generasi Z bisa memberikan pengalaman belanja yang lebih menyenangkan dan memuaskan para pembeli, sehingga mereka akan lebih tertarik berbelanja di toko online-mu dibanding toko-toko lain, meskipun produk yang dijual sama.

3. Jadi Digital Marketer
Untuk ide bisnis yang satu ini, intinya mirip-mirip dengan ide nomor satu. Kalau jadi content creator adalah membuat konten yang menarik minatmu dan mengemasnya agar sama-sama menariknya untuk audiens, menjadi digital marketer berarti membuat konten yang menarik perhatian audiens agar nanti mau membeli produk yang dipasarkan. Dan seperti yang kelihatan dari judul pekerjaannya, digital marketer akan memanfaatkan berbagai media digital untuk kegiatan pemasarannya. Mulai dari media sosial sampai website atau blog.

Apalagi tren pasar dan masyarakat di dunia yang sekarang sudah didominasi oleh para milenial membuat konten pemasaran harus mengikuti perubahan. Sekarang, masyarakat tidak lagi ingin “dijual” oleh berbagai iklan yang ditawarkan, karena mereka ingin merasakan nilai lebih dari sekadar barang yang diterima. Nah, dengan kreativitas dan kemampuan berkomunikasimu sebagai generasi Z, kamu akan lebih bisa menyesuaikan selera dan tren pemasaran masa kini.

Itu tadi beberapa ide bisnis sampingan yang bisa kamu jalankan sekarang juga sebagai bagian dari generasi Z. Selamat mncoba! [sya]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini