Cara Tentukan Usia Kucing dari Ciri Fisiknya, Ini Daftar yang Harus Diperiksa!

Selasa, 11 Mei 2021 13:12 Reporter : Jeffreydien Winanda
Cara Tentukan Usia Kucing dari Ciri Fisiknya, Ini Daftar yang Harus Diperiksa! Cara Tentukan Usia Kucing dari Ciri Fisiknya, Ini Daftar yang Harus Diperiksa!. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Siapa yang sering membawa kucing yang terlantar atau tersesat? Terkadang kamu kesulitan untuk menentukan usia anabul saat ditanya oleh dokter hewan atau memilih makanan sesuai dengan umurnya. Untungnya, ada cara mudah untuk memperkirakan berapa umur hewan peliharaanmu dengan melakukan pemeriksaan pada beberapa ciri fisik ini.

Gigi

cara tentukan usia kucing dari ciri fisiknya ini daftar yang harus diperiksa
©2021 Shutterstock

Gigi kucing pertama kali muncul antara 2-4 minggu, menjadikannya sebagai salah satu cara untuk menentukan usianya. Gigi permanen akan mulai menggantikan gigi susu anabul mulai usia 3 bulan dan akan lengkap di usia 6 bulan. Pada hewan peliharaan yang lebih tua, jumlah noda atau karang gigi juga merupakan indikator usia.

Kondisi Bulu

cara tentukan usia kucing dari ciri fisiknya ini daftar yang harus diperiksa
©2021 Shutterstock

Pada anak kucing, lapisan bulunya tampak lebih jarang tapi terasa lebih halus dan lembut. Seiring bertambahnya usia anabul, bulunya ajan menebal dan menjadi kasar. Bisa juga mengalami perubahan warna, baik menjadi lebih gelap atau cerah. Begitu memasuki usia senior, perhatikan adanya bercak putih atau abu-abu seperti yang dialami manusia saat sudah lanjut usia.

Selain itu, seberapa baik kucing merawat dirinya sendiri dapat membantu menunjukkan usianya. Anabul adalah makhluk yang sangat bersih, tetapi biasanya hewan peliharaan yang lebih tua mungkin mulai kesulitan untuk melakukan perawatan pada bulunya sendiri. Mulai dari pertambahan berat badannya yang seiring pertambahan usia, masalah gigi, hingga gangguan otot dan sendi yang membuatnya kesakitan.

Mata

cara tentukan usia kucing dari ciri fisiknya ini daftar yang harus diperiksa
©2021 Shutterstock

Anakan dan kucing dewasa yang sehat biasanya memiliki mata yang sangat jernih dan cerah, tanpa ada bukti adanya robekan atau cairan. Tapi semakin tua, anabulmu akan mulai menampakkan perubahan pada matanya, baik warnanya yang jadi keruh, sering tampak kotoran mata, hingga kesulitan melihat benda-benda di sekitarnya. Kondisi ini biasanya tidak terjadi sampai kucing berusia minimal 10 tahun.

Ukuran dan Berat Kucing

cara tentukan usia kucing dari ciri fisiknya ini daftar yang harus diperiksa
©2021 Shutterstock

Hingga kucing berusia sekitar 4 hingga 6 bulan, seharusnya berat badannya akan terus bertambah setiap bulannya. Sayangnya, cara ini dianggap lebih rancu karena berat badan dan ukurannya sulit dipakai untuk menentukan umur karena beda ras memiliki ciri fisiknya tersendiri, misalnya jenis anakan Ragdoll yang lebih besar dan perkembangannya lambat ketimbang kucing Bengal.

muezza makanan kucing halal
©2020 Muezza

Bisa punya umur panjang, kesehatan kucing wajib dijaga salah satunya dengan menyediakan makanan yang sehat dan seimbang. Muezza yang dibuat hanya dari bahan-bahan alami dan bebas bahan tambahan sintetik ini bisa jadi pilihan tepat.

Selain memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan anabul untuk tetap sehat dan aktif, brand makanan kucing kering ini pun sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Jadi lebih leluasa mencari lokasi penyimpanan cat food atau membawanya bepergian, juga tak perlu khawatir memegang dan memberikan dry food ini secara langsung pada kucing kesayanganmu. Tersedia dalam 4 varian rasa lezat, dapatkan keempat pilihan rasa ini hanya di Shopee maupun Tokopedia. (eth/jef)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [jfw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini