Cara Mengatasi Kesemutan yang Tiba-Tiba Menyerang, Sudah Pernah Mencobanya?

Sabtu, 26 November 2022 21:03 Reporter : Gloria Ary
Cara Mengatasi Kesemutan yang Tiba-Tiba Menyerang, Sudah Pernah Mencobanya? Cara Mengatasi Kesemutan yang Tiba-Tiba Menyerang, Sudah Pernah Mencobanya?. ©Shutterstock

Merdeka.com - Kesemutan merupakan kondisi yang umum terjadi pada tubuh manusia, khususnya bagi mereka yang berusia dewasa. Biasanya, permasalahan seperti ini disertai dengan sensasi geli, kebas atau kaku, dan terasa seperti ditusuk-tusuk menggunakan jarum. Gejala ini bisa terjadi ketika peredaran darah tak lancar dan menyebabkan beberapa bagian tubuh kekurangan oksigen.

Kesemutan biasanya paling sering terjadi pada tangan dan juga kaki. Meski tak menghasilkan rasa sakit, namun kesemutan yang terjadi tetap membuat tubuh jadi tak nyaman bila digerakkan. Namun, kamu bisa banget lho mengatasi kondisi ini dengan mudah. Penasaran apa saja caranya? Simak berikut ini.

1. Lakukan Pijatan dengan Perlahan

3 cara mengatasi kesemutan yang tiba tiba menyerang sudah pernah mencobanya
©Shutterstock

Solusi pertama yang bisa diterapkan ketika tubuh mengalami kesemutan adalah melakukan pijatan ringan secara perlahan. Dengan memijat bagian tubuh yang kebas, peredaran darah yang semula tak lancar bisa kembali mengalir dengan normal. Selain itu, pijatan ini bisa membantu badan jadi semakin rileks dan segar.

Meski begitu, melakukan kegiatan ini tak bisa dilakukan secara sembarang dan harus bersama yang ahli, ya. Pasalnya, bila dilakukan secara asal-asalan, saraf atau urat yang ada bisa terpengaruh dan malah menyebabkan permasalahan lainnya yang lebih serius.

2. Kurangi Tekanan pada Tubuh

cara mengatasi kesemutan yang tiba tiba menyerang sudah pernah mencobanya
©Shutterstock

Ketika kamu sedang duduk dengan menyilangkan kaki atau tidur terlalu lama dengan menimpa salah satu bagian tubuh, maka lama-kelamaan sensasi kesemutan akan muncul secara bertahap. Ini bisa terjadi karena kamu memberikan tekanan pada bagian-bagian tubuh tersebut. Alhasil, peredaran darah pun jadi terhambat dan kamu merasakan kaku pada badan.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengambil posisi yang lebih nyaman dan tak menindih tubuh saat sedang tidur. Selain itu, hindari juga menyilangkan kaki, penggunaan pakaian yang terlalu ketat, duduk jongkok, serta aktivitas lain yang bisa menekan tubuh kamu. Dengan melakukan hal ini, maka aliran darah bisa kembali menjadi normal dan jadi tak kesemutan lagi.

3. Menggerakan Anggota Badan yang Kesemutan

cara mengatasi kesemutan yang tiba tiba menyerang sudah pernah mencobanya
©Shutterstock

Solusi terakhir yang bisa dilakukan jika kamu mengalami kesemutan adalah menggerakan anggota badan yang merasa terkena imbas. Dengan melakukan sedikit pergerakan atau peregangan, maka kamu bisa mengembalikan aliran darah yang sempat tersumbat ke keadaan semula. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah, seperti berjalan di dalam rumah atau mengepal dan melepaskan genggaman tangan.

Jika area pinggang atau punggung yang terkena efek kesemutan, cobalah untuk memutarkan secara perlahan bagian tersebut hingga beberapa kali. Dan apabila bagian leher dan kepala yang merasa kebas, maka kamu bisa melakukan gerakan ke kiri dan ke kanan sampai sensasi yang dirasakan berkurang.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika kesemutan menyerang bagian tubuh kamu. Namun, bila kondisi ini terjadi dalam waktu yang lama dan memiliki frekuensi yang sering, maka ada baiknya untuk berkonsultasi langsung ke dokter atau yang ahli. Semoga bermanfaat.

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Initiative Content
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini