Cara meluruskan rambut ikal tanpa alat catok

Jumat, 22 April 2016 03:00 Reporter : Dwi Ariyani
Cara meluruskan rambut ikal tanpa alat catok Cara meluruskan rambut ikal tanpa alat catok. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Buat kebanyakan perempuan yang memiliki rambut ikal atau bergelombang, pernah meluruskan rambut dengan menggunakan flat iron. Selain murah, cara meluruskan rambut ikal ini cukup mudah dan cepat memberikan hasil yang diinginkan. Tapi melakukannya setiap hari tentu dapat mempengaruhi kesehatan rambut, karena paparan suhu tinggi membuat rambut kering dan ujung rambut bercabang. Ada kok cara meluruskan rambut dengan cepat tanpa penggunaan flat iron, seperti berikut ini.

1. Penggunaan Shampo Khusus

Awali dengan rambut yang kering dan bersih, sehingga memudahkan penataan rambut. Cuci rambut dengan shampo pelurus dan bilas dengan air dingin. Gunakan shampo yang mengandung keratin dan argan oil, untuk memberikan hasil terbaik, karena dapat menghaluskan rambut dan memperkuat kutikula, sehingga gaya rambut lebih tahan lama.

2. Gunakan Kondisioner

Manfaatkan kondisioner yang memiliki kandungan hampir sama dengan shampo pelurus. Pilih produk berbasis minyak, sebagai cara perawatan rambut yang akan membantu mengunci kelembapan rambut. Aplikasikan dari akar hingga ujung rambut, dan biarkan selama 5 menit. Bilas hingga bersih.

3. Pengeringan Rambut yang Tepat

Untuk mengeringkan rambut, gunakan handuk microfiber yang dapat menyerap air dengan sempurna. Remas-remas lembut rambut untuk membuang kelebihan air. Jangan menggosok-gosokkan rambut yang akan membuatnya kusut dan rentan mengalami kerusakan, seperti rambut rontok parah.

4. Anti-Frizz Serum

Setelah mengeringkan rambut, dalam keadaan yang lembap aplikasikan anti-frizz serum, mulai dari pertengahan rambut hingga ujung rambut. Cukup gunakan sedikit saja agar tidak terdapat banyak residu penyebab ketombe. Selain itu, hindari menggunakannya di akar rambut agar kulit kepala tidak berminyak.

5. Cara Menyisir Rambut

Sisir rambut dari akar ke ujung rambut untuk mencegah kusut dan membantu meratakan serum. Lakukan beberapa kali hingga tidak ada bagian rambut yang kasar. Jangan lupa pilih sisir bergigi jarang agar terhindar dari kerusakan rambut, seperti rambut rontok parah.

6. Gunakan Rol Rambut

Setelah persiapan rambut selesai, ini waktunya melakukan cara meluruskan rambut dengan alami. Gunakan rol rambut berukuran besar dengan menyisakan 2 inci di ujung rambut. Gulung sedikit rapat ke kulit kepala. Pilih roll rambut berukuran 2-3 inci untuk mendapatkan gaya rambut lurus yang diinginkan. Untuk mempercepat proses pengeringan, angkat akar rambut dengan ujung jari sebelum menggulungnya.

7. Tambahkan Jepit Rambut



Untuk mengamankan gulungan rambut, tambahkan beberapa jepit rambut jika dibutuhkan. Apabila memiliki rambut keriting yang cukup tebal, gunakan jepit rambut agar rol rambut tidak mudah terlepas.

8. Roll it!

Bagi rambut menjadi beberapa bagian, lalu teruskan untuk menggulungnya menggunakan rol rambut hingga selesai. Biarkan rambut kering secara alami. Untuk perempuan berambut tebal, proses ini akan memakan waktu yang lebih lama, jadi pertimbangkan untuk melakukan cara meluruskan rambut ikal ini di malam hari, untuk menghemat waktu.

9. Lepaskan Rol Rambut

Saat dirasa rambut telah kering, lepaskan rol rambut dengan perlahan. Gunakan sikat rambut untuk menyisir rambut dengan lembut untuk menghindari kusut dan membuatnya terlihat berkilau alami.

10. Pertahankan Gaya Rambut

Agar gaya rambut lurus ini dapat bertahan cukup lama, gunakan hair spray. Tahan kaleng sekitar 10 inci dari kepala, lalu semprotkan pada akar hingga ujung rambut. Pilih yang mengandung bahan-bahan organik dan sedikit kandungan kimiawi, untuk menjaga rambut dari kerusakan, seperti ketombe yang membandel dan rambut berminyak.

Nah, cukup mudah kan cara meluruskan rambut dengan cepat, tanpa menggunakan flat iron. Rambut jadi terlihat lebih lurus dan halus, seperti yang diimpikan. [aik]

Topik berita Terkait:
  1. Cara Meluruskan Rambut
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini