Bisakah Salep Antijamur Mengatasi Ketombe?

Sabtu, 23 Maret 2019 06:00 Reporter : Tantri Setyorini
Bisakah Salep Antijamur Mengatasi Ketombe? Ilustrasi salep antijamur. ©Shutterstock

Merdeka.com - Ketombe merupakan gangguan kesehatan pada kulit kepala yang kerap mengganggu penampilan. Keberadaan ketombe juga mengakibatkan rasa tidak nyaman di kulit kepala.

Penyebab utama sebagian besar masalah ketombe adalah dermatitis seboroik. Dilansir StyleCraze, gangguan kesehatan kulit ini disebabkan oleh reaksi inflamasi terhadap ragi yang secara alami ditemukan di permukaan kulit.

Banyak cara untuk mengatasi ketombe. Salah satunya adalah mencuci rambut dengan sampo yang mengandung bahan aktif asam salisilat, zinc pyrithione, atau selenium sulfida. Salep antijamur pun ternyata juga bisa membantu mengatasi ketombe.

Menurut Gary W. Cole, MD, FAAD dalam sebuah artikel di WebMD, krim atau salep antijamur seringkali efektif mengurangi jumlah mikroorganisme yang hidup di kulit kepala.

Krim dengan kandungan clotrimazole 1% dan atau miconazole 2% yang bisa dibeli tanpa resep di apotek juga bisa membantu meringankan ketombe yang disebabkan oleh dermatitis seboroik.

Sebaiknya krim atau salep kulit seperti ini digunakan satu atau dua kali saja dalam sehari. Penggunaan berlebihan justru bisa berdampak negatif bagi kulit kepala. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini