Berendam ala Onsen di Pemandian Air Panas Alami Kawah Rengganis

Rabu, 27 Februari 2019 13:00 Reporter : Tantri Setyorini
Berendam ala Onsen di Pemandian Air Panas Alami Kawah Rengganis Kawah Rengganis. ©Instagram/rbihsan

Merdeka.com - Kalau berkunjung ke Ciwidey, Bandung, biasanya yang dicari adalah udara sejuk. Tetapi mengunjungi tempat yang ideal untuk menghangatkan diri juga tak masalah, kok. Main ke Kawah Rengganis misalnya.

Rengganis adalah kawah aktif yang ada di Kampung Cibuni, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Rengganis. Kadang ia juga dipanggil dengan nama Kawah Cibuni.

Kawah Rengganis ©Instagram/ananurdiana47


Kawah Rengganis terbentuk oleh proses geologi yang terjadi jutaan lalu. Tepatnya karena letusan Gunung Sunda Purba yang mengakibatkan terbentuknya kawah belerang penghasil panas bumi.

Tempat wisata ini menawarkan kawah belerang yang membaur dengan aliran air sungai. Selain indah, air hangat yang ada di sana juga berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit kulit, encok, atau nyeri sendi.

Kawah Rengganis ©Instagram/life.graph


Pengunjung bisa berendam ala onsen di Jepang atau sekadar foto-foto cantik di dekat aliran air hangat yang mengepulkan uap.

Kondisi alam di sini relatif lebih rindang dan sejuk daripada tetangganya, Kawah Putih. Pasalnya kawah berada di kawasan perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII.

Kawah Rengganis ©Instagram/rbihsan


Kawah Rengganis cukup mudah diakses dari pusat kota Bandung. Jaraknya sekitar 15 menit dari Situ Patenggang. Objek wisata ini dikelola oleh Glamping Lakeside Rancabali, jadi kamu bisa membeli tiket terusan untuk menjelajahi kedua objek wisata ini. Tetapi kalau kepingin mengunjungi Kawah Rengganis saja bisa membeli tiket di pintu gerbang objek wisata. [tsr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini