8 Bangunan paling menakjubkan yang berlapis emas asli

Kamis, 2 Agustus 2018 00:01 Reporter : Tantri Setyorini
8 Bangunan paling menakjubkan yang berlapis emas asli Compania de Jesus. ©Wikimedia Commons/Diego Delso

Merdeka.com - Dalam dongeng dan mitologi, tempat berdiamnya para dewa sering digambarkan sebagai istana emas yang berkilauan. Sementara tempat bersemayam orang-orang suci yang berhasil melakukan moksa adalah gunung emas yang tak bisa dijangkau manusia biasa.

Emas, logam mulia paling berharga yang dikenal manusia memang selalu diidentikkan dengan keagungan dan kemewahan. Karena itu tak mengherankan jika bangunan-bangunan yang dianggap memiliki nilai penting lantas dilapisi emas asli.

Kenapa tidak dibuat dari emas seluruhnya? Selain harganya yang kelewat mahal, emas juga termasuk logam yang paling berat. Sehingga kurang ideal jika digunakan untuk bangunan.

Membahas arsitektur unik, kali ini Merdeka.com akan membahas tentang bangunan-bangunan indah berlapis emas asli. Dari Indonesia ada tugu Monas yang berlapis emas dan memiliki nilai sejarah penting. Juga ada pagoda Shwedagon di Myanmar, Kinkaku-ji milik Jepang, La Compania de Jesus di Ekuador, dan Masjid Omar Ali Saifuddien di Brunei Darussalam beserta kubah emasnya.

1 dari 8 halaman

Gedung Parlemen Hungaria - Hungaria

Gedung Parlemen Hungaria. ©2018 Merdeka.com/Pixabay/12019

Gedung Parlemen Hungaria atau juga dikenal sebagai Parlemen Budapest adalah tempat bertemunya anggota Majelis Nasional Hongaria. Sampai sekarang, gedung ini adalah bangunan terluas di Hungaria dan gedung tertinggi di Budapest.

Gedung Parlemen Hungaria merupakan landmark dan tujuan wisata populer di Budapest. Letaknya di Lajos Kossuth Square, di tepi sungai Danube. Walaupun begitu gedung ini bisa disaksikan dari setiap sudut kota Budapest. Aula utama dari gerbang masuknya terbuat dari 40 kilogram emas padat.

Itulah bangunan-bangunan berlapis emas dengan desain paling menakjubkan di dunia. Sudah pernah melihat langsung salah satunya? Kalau Monas pasti sudah, dong.

Sumber: The Richest, Weirdomatic, Khaleej Times [tsr]

Baca juga:
Unik dan menarik, ini penampakan markas YouTube di California
Inilah hotel tertinggi dunia yang ada di Dubai
Menilik keindahan gereja beratap rumput di Hof, monumen nasional Islandia
Melihat dari dekat kemegahan Wat Samphran, kuil naga raksasa di Thailand
Membandingkan kembaran Paris di China, apakah seindah aslinya?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini