Awas, ketombe juga bisa muncul di wajah!

Senin, 15 Juni 2015 14:05 Reporter : Tantri Setyorini
Awas, ketombe juga bisa muncul di wajah! Ilustrasi wajah wanita. ©2012 Shutterstock/stefanolunardi

Merdeka.com - ketombe tidak cuma bisa muncul di kulit kepala, lho. Ternyata ketombe juga bisa muncul di wajah, seperti di bagian alis, lipatan hidung, area T, atau dagu.

Menurut American Oesteopathic College of Dermatology seperti dilansir Livestrong, kondisi ini disebut seborrheic dermatitis dan cukup umum dijumpai. Tandanya berupa kulit mengelupas di area wajah yang cenderung berminyak, kadang disertai ruam kemerahan.

Penyebabseborrheic dermatitis

Apa yang menyebabkan seborrheic dermatitis alias ketombe di wajah? Para ahli masih memperdebatkan faktor-faktor yang memungkinkan sebagai penyebab ketombe wajah. Yang pasti, masalah kulit ini sering dijumpai pada bagian wajah yang paling berminyak.

Photo by DermNetNZ.org

Kemungkinan besar, yang menyebabkan seborrheic dermatitis adalah perkembangbiakan jamur malassezia yang ada di kulit.

Kulit berminyak yang dipadu dengan stres, suhu udara ekstrem (biasanya udara dingin), dan kurang menjaga kebersihan wajah diyakini bisa memperparah kondisi seborrheic dermatitis.

Pengobatanseborrheic dermatitis

seborrheic dermatitis bisa diatasi dengan rajin membersihkan wajah secara teratur. Namun yang perlu diingat, saat mengalami ketombe wajah, kulit cenderung lebih sensitif. Karena itu sebaiknya pilih perawatan wajah dengan formula yang lembut untuk kulit.

Photo by Shutterstock/Valua Vitaly

Hindari face wash yang mengandung terlalu banyak deterjen (ditandai dengan busa berlimpah) agar tak terjadi iritasi dan pengelupasan lebih jauh.

Pembersih wajah yang mengandung pyrithione zinc, ketoconazole/ ciclopirox ( 1 kali sehari selama 2-4 minggu), dan Hydrocortisone ( 2 kali sehari selama 1-2 minggu) juga bisa mengatasi ketombe secara efektif.

Selain itu, hindari penggunaan moisturizer (pelembap) secara berlebihan. Pasalnya, pengelupasan kulit di wajah Anda tidak disebabkan karena kulit kering. Penggunaan pelembap secara berlebihan justru membuat kulit semakin berminyak dan ketombe makin parah.

Photo by Shutterstock/Voyagerix

Itulah sekelumit informasi tentang seborrheic dermatitis alias ketombe di wajah yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat untuk Anda. [tsr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini